Penggunaan Dan Contoh Kalimat Mustn’t Dan Don’t Have To


Mustn’t dan don’t have to adalah bentuk negative dari must dan have to. Jika kita jabarkan, “mustn’t” berasal dari “must not”, sedangkan “don’t have to” berasal dari “do not have to”, inilah sebabnya sebagian orang juga menyebutnya dengan pola “not have to”.

Meski dalam bentuk positif nya must dan have to memiliki kemiripan dalam hal penggunaannya di dalam kalimat, namun saat sudah berubah kedalam bentuk negative, keduanya sangat berbeda, bahkan bisa dikatakan masing masing kata tersebut memiliki fungsi khusus yang terkandung dalam maknanya. Jika kamu ingin tau lebih jauh mengenai penggunaan mustn’t dan juga don’t have to yang tepat, baca penjelasan dalam artikel ini hingga selesai. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Mustn't Dan Don't Have To Dalam Kalimat

Penggunaan Dan Contoh Kalimat Mustn’t Dan Don’t Have To

Perbedaan Mustn’t dan Don’t Have To

Yang membedakan penggunaan mustn’t dan don’t have to / not have to adalah pada fungsinya yang bisa kita lihat dari makna kata tersebut. Berikut ini adalah penjelasan tentang cara yang tepat dalam menggunakan masing masing kata tersebut.

Related: Penjelasan Dan Contoh Kalimat Indefinite Pronoun Termudah

Mustn’t = Must not

Kita menggunakan mustn’t untuk menunjukkan larangan atau menyatakan bahwa sesuatu itu tidak diperbolehkan. Saat kita menggunakan mustn’t dalam kalimat, itu artinya kita memberitahu seseorang untuk tidak melakukan suatu hal. Larangan yang kita nyatakan ini bisa bersumber dari penilaian atau pendapat pribadi (subjective) dan bisa juga memang berupa peraturan (bersifat objective). Penekanan yang kita berikan saat menggunakan mustn’t dalam kalimat itu setingkat dengan penggunaan “don’t”, seperti misalnya kita menyatakan “don’t do that!”.

Contoh Kalimat Mustn’t

You mustn’t sleep late at night if you are going to go to school early.

(Kamu tidak boleh tidur terlalu malam jika kamu akan berangkat ke sekolah lebih awal.)

Every driver mustn’t drive their car exceeding the speed limit.

(Setiap pengemudi dilarang mengemudikan mobil mereka melampaui batas kecepatan.)

You mustn’t play with fire.

(Kamu tidak boleh bermain api.)

The students mustn’t come late.

(Para pelajar tidak boleh datang terlambat.)

We mustn’t break our promise.

(Kita tidak boleh membatalkan janji kita.)

Not have to / Don’t have to

Kita menggunakan don’t have to / not have to untuk mengungkapkan bahwa tidak ada kewajiban atau keharusan untuk melakukan sesuatu.

Contoh Kalimat Don’t Have To

You don’t have to do the seven minutes workout every morning.

(Kamu tidak perlu melakukan olah raga tujuh menit setiap pagi.)

We don’t have to go to school tomorrow.

(Kita tidak perlu pergi ke sekolah besok.)

She doesn’t have to work anymore.

(Dia tidak perlu bekerja lagi.)

You don’t have to treat me like a king.

(Kamu tidak perlu memperlakukan aku seperti seorang raja.)

He didn’t have to do that for me.

(Dia tidak perlu melakukan itu untukku.)

Sekian ulasan singkat tentang penggunaan dan contoh kalimat mustn’t dan don’t have to, semoga bisa dipahami dengan mudah. Setelah membaca artikel ini, kami yakin sobat pun mengerti tentang perbedaan antara mustn’t dan don’t have to, serta dapat membuat contoh kalimat yang lebih banyak lagi. Terimakasih untuk kunjungannya, sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Mustn’t dan Not Have To – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-mustnt-not-have – Diakses tanggal 27 Januari 2017
  2. don’t have to vs mustn’t – Common Mistakes and Confusing Words in English – http://www.learnenglish.de/mistakes/donthaveto.html – Diakses tanggal 27 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *