Penggunaan Check This Out Dan Check It Out Dalam Bahasa Inggris


Sobat, kita tentu sering sekali ya mendengar penggunaan ungkapan Check This Out dan Check It Out dalam Bahasa Inggris. Kita mungkin penasaran ya, apa sebenarnya arti dari frasa Check This Out dan Check It Out yang sering kita dengar di film Hollywood ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin mencoba memberikan pembahasan singkat tentang penggunaan ungkapan atau expression di atas.

Ungkapan seperti Check it out ini menurut saya sebenarnya sudah sangat familiar bagi orang Indonesia. Bahkan sepertinya, tanpa di bantu untuk menerjemahkan dan memahami artinya, masyarakat di Indonesia sudah banyak yang bisa secara otomatis menggunakan nya dalam percakapan sehari-hari. Tidak percaya? Buktinya adalah adanya versi plesetan dari expression ini dalam Bahasa Indonesia yang kita semua mungkin sudah pernah menggunakan nya. Sudah tau versi plesetannya? Ya, betul sekali sobat, ungkapan “Cekidot” yang sering kali kita gunakan itu merupakan versi plesetan dari expression “Check it out” dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Check This Out and Check It Out

Penggunaan Check This Out Dan Check It Out Dalam Bahasa Inggris

Arti Check This Out Dan Check It Out

Ungkapan Check this out dan juga Check it out sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menarik perhatian orang saat kita ingin menunjukkan sesuatu. Jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, kira-kira artinya adalah “coba lihat deh” atau bisa juga “eh.. coba liat nih” atau yang lebih baku lagi “lihat ini”. Intinya kita menggunakan ungkapan ini kalau kita mau menunjukkan sesuatu.

Related: Plural Family Name Bahasa Inggris Dan Cara Membentuknya

Kalau menurut saya pribadi, sepertinya expression Check this out dan Check it out ini merupakan extension atau perpanjangan dari phrasal verbCheck out” yang bisa bermakna “melihat secara hati-hati / menginvestigasi / memperhatikan dengan seksama”. Karena jika kita lihat dari tujuan penggunaannya, kita sebagai pengguna ingin seseorang yang kita tuju memperhatikan sesuatu kan? Itulah sebabnya saya rasa ini adalah bentuk perpanjangan atau modifikasi dari phrasal verb tersebut.

Jika sobat sering menonton film Hollywood, mungkin kamu juga menyadari bahwa expression ini tidak berhenti sampai di sini saja variasi nya. Mungkin ada sebagian dari sobat yang sempat melihat adanya penggunaan ungkapan “Check him out” atau “Check her out” ya dalam beberapa film Hollywood yang ada unsur romance atau juga komedi. Tujuan penggunaan ungkapan tersebut sama saja dengan dua ungkapan yang jadi topik pembahasan kali ini, yaitu meminta orang lain memperhatikan sesuatu. Hanya saja dalam hal ini, “sesuatu” nya diganti “seseorang”. Sederhananya jika kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, kedua ungkapan ini bisa berarti “liatin cowo itu deh” atau “eh coba liat cewe itu”.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa sebenarnya kita memiliki versi plesetan dari ungkapan ini dalam Bahasa Indonesia yaitu “Cekidot”. Sobat semua tentu sudah nggak asing lagi ya dengan ucapan Cekidot ini. Bahkan tidak sedikit YouTuber atau presenter di TV yang menggunakan ungkapan ini. Tujuan mereka saat menggunakan plesetan ini tentu sama saja, yaitu mengajak penonton nya untuk melihat sesuatu.

Bagaimana sobat, mudah kan penjelasannya? Pastinya doong. Sekarang ayo kita lanjutkan sedikit lagi dengan memperhatikan beberapa contoh penggunaan expression Check this out dan Check it out ini dalam kalimat.

Contoh Penggunaan Check This Out dan Check It Out

Hey dude, check it out, your mom is on TV.

(Hei bro, coba lihat, ibu mu masuk TV.)

Hei Ashley, I’ve just finished recording my new song, do you want to check it out?

(Hei Ashley, saya baru saja menyelesaikan rekaman lagu baru saya, apa kau mau mendengarkan nya?)

Check this out bro, my phone can talk to me.

(Lihat ini bro, hape saya bisa bicara dengan saya.)

Check out the link in my bio to find out how you can enter. (Tom Holland – The Spiderman)

(Kunjungi tautan yang ada di bio saya untuk mengetahui bagaimana caranya untuk ikutan.)

Oke deh sobat, sekarang saya yakin kamu sudah tidak bingung lagi dengan pengertian dan penggunaan Check this out dan Check it out karena ternyata contoh penggunaan expression ini sudah bertebaran di sekitar kita. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan saya kali ini, mudah-mudahan bermanfaat dan sampai jumpa lagi. Jangan lupa baca juga penjelasan tentang Beda Childish dan Childlike Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat “check this out” dan “check it out” – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-check-this-it-out – Diakses tanggal 9 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *