Pengertian Verbal Dalam Grammar Bahasa Inggris Dan Contohnya


Verbal adalah kata yang dibentuk dari sebuah verb (kata kerja) yang fungsinya dalam kalimat bukan sebagai kata kerja namun sebagai part of speech yang lain seperti noun, adjective atau adverb. Di dalam Bahasa Inggris terdapat tiga jenis verbal yaitu : Participles ( present participles dan past participles ), Gerunds, dan Infinitives. Kelompok kata yang mengandung verbal di dalamnya disebut dengan Verbal Phrase.

Dari pengertian verbal diatas kita tau bahwa verbal tidak berfungsi sebagai verb atau kata kerja dalam kalimat. Nah tentunya sekarang kita ingin tau nih bagaimana sih contoh verbal itu, bagaimana pula penggunaannya dalam kalimat, dan bagaimana bisa kata yang berasal dari verb tidak berfungsi sebagai verb dalam kalimat. Melalui artikel kali ini kami akan berusaha memberikan jawaban untuk pertanyaan pertanyaan tersebut. Soo, selamat membaca ya sobat. – Bigbanktheories.com

Pengertian Verbal

Verbal In English Grammar

Verbal Dalam Grammar Bahasa Inggris

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ada tiga jenis verbal yaitu : Participles, Gerunds, dan Infinitives. Nah di bawah ini kami akan memberikan penjelasan untuk masing masing jenis verbal tersebut. Disimak ya sobat hehe.

Related: Pengertian Zero Articles Dalam Grammar Bahasa Inggris

Participles ( Present Participles dan Past Participles )

Sebuah participles adalah verbal yang berfungsi sebagai adjective (kata sifat). Terdapat dua jenis participles yaitu : Present Participles (berakhiran –ing), dan Past Participles (berakhiran –ed, -d, -t, -en, -n). Berikut ini adalah contohnya :

Next step, pour some cooking oil on the frying pan.

Present Participle : cooking, frying.

Bisa kita lihat pada contoh kalimat diatas, sama halnya dengan adjective biasa kata cooking berfungsi menjelaskan noun “oil”, dan kata frying menjelaskan noun “pan”.

Gerunds

Gerunds adalah jenis verbal yang berfungsi sebagai noun (kata benda). Meskipun terlihat mirip dengan present participles (sama sama berakhiran –ing) namun gerund tidak berfungsi sebagai adjective dalam kalimat. Berikut ini adalah contohnya :

Jogging is my favorite activity in the morning.

Gerunds : Jogging

Jogging dalam kalimat diatas berfungsi sebagai kata benda (noun). Itulah sebabnya kata tersebut bisa menempati posisi subject dalam kalimat. Selain di posisi subject, sebuah gerund bisa juga menempati posisi object.

Infinitives

Infinitives adalah jenis verbal yang bisa berfungsi sebagai noun, adjective, dan juga adverb. Sebuah infinitives dibentuk dengan meletakkan kata “to” di depan verb dalam bentuk simple present seperti : to think, to read, to dance, dan sebagainya. Berikut ini contoh penggunaannya dalam kalimat :

This is the right time to discuss this problem with my parents.

Infinitives : to discuss

Kata “to discuss” disini memberikan penjelasan untuk kata “time” yang merupakan sebuah noun, oleh karena itu dalam contoh ini infinitives nya bersifat sebagai adjectives. Perhatikan contoh lain dari infinitive berikut ini :

My family paid to watch the circus.

Infinitives : to watch

Kata “to watch” disini memberikan penjelasan untuk kata “paid” yang merupakan sebuah verb, oleh karena itu dalam contoh ini infinitives nya bersifat sebagai adverb.

Sampai disini tentunya sobat sudah mengerti ya sekarang tentang Pengertian Verbal Dalam Grammar Bahasa Inggris. Nah jika sudah mengerti, sekarang cobalah membuat beberapa contoh kalimat dengan menggunakan salah satu jenis verbal yang telah kita pelajari di atas. Kami akhiri dulu artikel kali ini, tetap semangat belajar ya sobat semua, sampai ketemu lagi dalam materi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *