Pengertian Verb Dalam Bahasa Inggris Yang Mudah Dipahami


Kalau kita baru mulai belajar Bahasa Inggris, mungkin kita belum tau apa yang dimaksud dengan verb. Nah untuk sobat yang belum tau, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian verb dalam Bahasa Inggris. Sebagai gambaran untuk kamu, arti verb dalam Bahasa Indonesia adalah kata kerja, nah sudah terbayang kan apa yang kita akan bahas kira kira. Selain itu, kami juga akan mengenalkan kumpulan verb yang umum penggunaannya dalam Bahasa Inggris dan penting untuk kamu ketahui.

Oh ya, mungkin kamu berfikir, seberapa penting sih mengenal verb dalam Bahasa Inggris itu ? Nah kalau kamu sempat berfikiran begini, kamu perlu tau satu hal nih sobat, semua kalimat baik panjang ataupun pendek, harus memenuhi satu syarat wajib yaitu memiliki sebuah verb di dalamnya. Nah lho, jadi penting banget ya mengetahui berbagai macam verb dalam Bahasa Inggris, karena tanpa verb kamu tidak akan bisa memproduksi satu kalimat utuh. Ayo deh nggak usah nugggu lama lama lagi langsung aja kita masuk ke pembahasan materi seputar verb dalam Bahasa Inggris, selamat membaca. – Bigbanktheories.com

Kumpulan Verb

Pengertian Verb

Pengertian Verb Dalam Bahasa Inggris

Verb adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu aksi atau keadaan. Atau agar lebih mudah dipahami ingat saja yang sudah disebutkan di atas bahwa arti verb dalam Bahasa Indonesia adalah “kata kerja”. Berdasarkan pengertian verb di atas, kita lihat jika sebuah verb bisa digunakan dalam dua hal yaitu untuk menunjukkan aksi atau tindakan, dan yang kedua untuk menunjukkan keadaan. Dari sini lah verb terbagi menjadi dua kategori utama yaitu Action Verb dan Linking Verb. Dan karena action verb dan linking verb ini sudah cukup kuat untuk berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka keduanya disebut dengan Main Verbs. Perhatikan contoh berikut ini :

Related: Daftar Irregular Verb Lanjutan Serta Bentuk Perubahannya

I turned the car. (Action Verb)

Her cheek turned red. (Linking Verb) / Her cheek is red. (Linking Verb)

Dalam kalimat pertama, kata “turned” menjadi action verb karena itu adalah benar benar merupakan aksi atau tindakan yang dilakukan oleh subject, sang subject “I” dalam kalimat tersebut membelokkan (aksi) mobilnya. Hal yang berbeda terjadi dalam kalimat kedua, yang digambarkan adalah suatu keadaan dimana pipi (cheek) dari si subject berubah memerah, ini bukanlah sebuah tindakan yang dilakukan subject, namun penggambaran keadaan atau situasi. Inilah sebabnya dalam kalimat kedua, kata “turned” berfungsi sebagai linking verb. Selain itu ada cara lain untuk mengemas kalimat ini yaitu dengan menggunakan to be. Dalam kalimat “Her cheek is red” linking verb nya adalah “is”. Tapi memang dalam contoh ini terdapat perbedaan makna antara kalimat yang menggunakan to be dan yang tidak.

Selain action verb dan linking verb ada lagi nih kategori atau kelompok verb yang lain yaitu Helping Verb atau yang kita kenal juga dengan sebutan Auxiliary Verb. Mengapa kategori helping verb ini dijelaskan secara terpisah ? hal ini karena helping verb atau auxiliary verb tidak bisa berdiri sendiri seperti main verb. Helping verb akan selalu menyertai action verb atau linking verb. Berikut ini adalah contohnya :

I will go to Australia next month. (Helping Verb : will)

She is washing the dishes. (Helping Verb : is)

Wah membingungkan nih, kenapa dalam kalimat ini “is” menjadi helping verb ? Padahal tadi dalam kalimat “Her cheek is red” dianggap sebagai linking verb. Tenang saja sobat, ayo kita pelajari bersama lewat contoh kalimat di bawah ini.

She is a teacher. (Linking Verb)

She is teaching English in that class. (Helping Verb)

Nah, bisa kita lihat ya ada perbedaan antara kalimat tersebut. Dalam kalimat pertama “is” bisa beridiri sendiri dan berfungsi menjelaskan suatu kondisi yaitu bahwa subject adalah seorang guru. Sedangkan dalam kalimat kedua yang digambarkan adalah subject sedang melakukan sesuatu yaitu “teaching” atau mengajar. Dalam kalimat kedua ini “is” berperan sebagai helping verb dan tidak bisa berdiri sendiri, bayangkan jika kata teaching dihilangkan, apa yang akan terjadi yaa ? hehe tentu saja kalimatnya menjadi aneh.

Bagaimana sekarang ? sudah semakin jelas ya sobat. Nah kalau begitu kamu perlu tau nih, saat ada helping verb yang berdiri bersama action verb dan linking verb, keseluruhan gabungan ini kita sebut dengan Verb Phrase.

Oke, sekarang saya yakin sobat semua sudah mulai mengenali apa itu verb dalam Bahasa Inggris ya. Berikut ini masih ada beberapa hal seputar verb dalam Bahasa Inggris yang penting untuk kamu ketahui, silahkan di simak ya.

Transitive Verb

Transitive verb adalah kata kerja yang selalu membutuhkan object atau direct object. Jika suatu verb transitive tidak disertai dengan direct object maka itu akan mempengaruhi makna kalimatnya. Salah satu transitive verb yang paling terkenal adalah kata “Love”. Mari kita gunakan verb ini dalam kalimat.

I love you. / I love.

Bandingkan kalimat pertama yang memiliki object “you” dengan kalimat kedua yang tidak memiliki object. Kalimat kedua menjadi tidak lengkap bukan. Kenalilah kata kata yang termasuk kedalam Daftar Transitive Verb.

Untuk penjelasan lebih lengkap, baca juga Penjelasan Transitive Dan Intransitive Verb.

Intransitive Verb

Intransitive verb adalah kata kerja yang tidak membutuhkan object. Perhatikan contoh berikut ini.

The accident happened a week ago.

Nah, kita lihat ya sobat setelah verb “happened” tidak ada object, yang ada adalah keterangan waktu. Baca juga Daftar Intransitive Verb.

Regular Dan Irregular Verb

Regular verb artinya adalah verb yang memiliki pola tertentu dalam hal perubahannya. Sedangkan Irregular verb adalah verb yang bentuk perubahannya acak atau tidak berpola. Pelajari lebih lanjut materi Regular Dan Irregular Verb Dalam Bahasa Inggris disini.

Action Dan Stative Verb

Action verb adalah verb yang berfungsi menyatakan bahwa subject sedang melakukan aksi atau tindakan, umumnya disebut juga dengan dynamic verb. Sedangkan stative verb berfungsi menyatakan bahwa subjek tidak sedang melakukan aksi namun hanya menunjukkan suatu kondisi. Pelajari selengkapnya Perbedaan Action Dan Stative Verb disini.

Causative Verb

Causative verb adalah verb yang berfungsi untuk menyatakan bahwa subject tidak ikut andil secara langsung terhadap aksi atau tindakan yang terjadi. Pelajari lebih lanjut Pengertian Dan Contoh Lengkap Penggunaan Causative Verb disini.

Masih banyak lagi yang perlu kamu pelajari tentang verb dalam Bahasa Inggris, namun untuk kali ini kita cukupkan sampai disini dulu ya sobat. Mudah mudahan penjelasan kami dalam artikel Pengertian Verb Dalam Bahasa Inggris Yang Mudah Dipahami ini bisa benar benar dimengerti dengan mudah oleh sobat pembaca semua dan tentunya bisa bermanfaat bagi kita. Terimakasih banyak untuk kunjungan kamu hari ini dan terimakasih juga untuk dukungan yang selalu kamu berikan untuk kemajuan website bigbanktheories.com. Mudah mudahan website ini bisa terus membawa manfaat bagi banyak orang, Amin.

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *