Pengertian Understatement Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Understatement artinya “meremehkan” atau “pernyataan yang bersifat merendahkan”. Kata ini tergolong kedalam noun (kata benda) dan ia juga digunakan untuk menamai salah satu dari sekian banyak rhetorical device dalam Bahasa Inggris. Dalam kaitannya dengan rhetorical device, Understatement memiliki hubungan erat dengan majas Litotes. Melalui artikel kali ini, kita akan mempelajari bersama pengertian Understatement beserta contohnya.

Jika kita perhatikan, terlihat jelas bahwa kata Understatement sepertinya terdiri dari dua kata yaitu “Under” yang berarti “di bawah” serta “Statement” yang berarti “pernyataan”. Jika kita kaitkan dengan hasil terjemahan yang kita temukan di Google translate, ternyata pengertian Understatement yang kita temukan sangat dekat kaitannya dengan dugaan kita. Sekarang, sobat pasti penasaran banget deh seperti apa sih yang disebut dengan Understatement itu? Dan bagaimana pula cara menggunakannya dalam percakapan sehari-hari? Kalau begitu, ayo langsung saja kita pelajari bersama. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Understatement

Pengertian Understatement Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Understatement

Understatement adalah jenis pernyataan yang membuat sesuatu menjadi terlihat tidak seserius, sepenting, sebaik atau seburuk kenyataannya. Salah satu contoh Understatement misalnya saja saat kamu berpenghasilan 500 juta rupiah dalam satu bulan, lalu ada temanmu yang bertanya tentang berapa gajimu sebenarnya. Jika kamu kemudian menjawabnya dengan mengatakan “Ya, lumayanlah cukup buat makan sebulan” ini artinya kamu sedang menggunakan sebuah pernyataan yang tergolong kedalam Understatement. Mengapa begitu? Jawabannya tentu saja karena uang dengan jumlah sebanyak itu tentu sudah membuatmu bisa membeli begitu banyak hal namun kamu membuatnya terdengar seolah-olah gajimu tidak sebanyak itu.

Related: Mengenal Double Superlative Dalam Grammar Bahasa Inggris

Saya yakin sobat sudah bisa langsung menangkap ya konsep Understatement itu seperti apa. Meski contoh Understatement yang saya berikan di atas berbentuk kalimat dalam Bahasa Indonesia, namun pada dasarnya konsep nya tetap sama. Dari contoh di atas, kita juga mungkin mulai berasumsi ya sobat, bahwa Understatement bisa digunakan untuk bersikap humble atau dalam Bahasa Indonesia nya rendah hati. Dan ternyata, tidak hanya untuk tujuan itu saja lho sobat, Understatement ternyata juga bisa digunakan untuk membuat seseorang merasa lebih baik, atau agar tidak menyakiti hati orang lain. Misalnya saja pada contoh berikut:

A: How do I look?

B: Hmm.. not bad. But maybe you can try another dress.

Dari contoh Understatement di atas, nampak jelas ya sobat bagi kita bahwa tokoh B sebenarnya berpikir kalau “dress” atau gaun yang sedang dipakai oleh tokoh A terlihat kurang pas atau kurang cocok atau bahkan jelek sebenarnya, namun demi memperhalus pernyataannya, maka tokoh B pun menggunakan bentuk Understatement dengan menyatakan “not bad” dan diikuti oleh saran yang halus setelahnya. Jika kita perhatikan juga, pola Understatement yang sedang digunakan ini adalah pola yang berbentuk majas Litotes, dimana sebuah pernyataan merupakan lawan (opposite) dari apa yang sebenarnya ingin dinyatakan. Ini merupakan salah satu contoh yang membuktikan bahwa Litotes dan Understatement memanglah saling terkait.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian Understatement yang bisa saya berikan. Apakah sobat bisa memahami penjelasan di atas dengan mudah? Jika iya, berarti ini saatnya kita melanjutkan pembahasan materi kali ini dengan mengamati beberapa contoh Understatement dalam Bahasa Inggris yang telah saya siapkan di bawah ini. Oh ya, sedikit informasi tambahan ya sobat, berdasarkan sifat dari pernyataan yang terkandung di dalamnya, maka bisa kita bilang bahwa kebalikan atau lawan dari Understatement ini adalah hyperbole atau overstatement dimana di dalamnya berisi pernyataan yang bersifat melebih-lebihkan atau bahasa gaulnya “Lebay” hehe.

Contoh Understatement Dalam Bahasa Inggris

Untuk membuat dan memahami sebuah contoh Understatement kita perlu tau konteks dimana contoh tersebut digunakan. Oleh karena itu, untuk masing-masing contoh Understatement di bawah ini, saya sudah menyediakan ilustrasi yang akan membuat sobat memahami konteks penggunaan dari contoh tersebut. Silahkan amati dengan baik.

“I hardly draw audience attention.”

Ilustrasi: Kamu baru saja menyampaikan sebuah pidato di depan begitu banyak orang. Pidato mu sangat bagus dan semua orang yang hadir memperhatikanmu pada saat kamu menyampaikan pidato. Momen itu pun diakhiri dengan tepuk tangan meriah dari semua orang yang hadir. Salah satu temanmu memberimu selamat dan mengatakan “Your speech was Amazing.” Kamu pun membalasnya dengan jawaban yang mengandung Understatement seperti di atas yang artinya: “Aku hanya menarik perhatian sedikit orang” padahal yang terjadi adalah kebalikannya.

“We are comfortable.”

Ilustrasi: Contoh yang satu ini saya ambil dari percakapan antara Nick Young dan Rachel Chu dalam film Crazy Rich Asians. Dalam film tersebut ada adegan dimana Nick Young dan Rachel Chu sedang berada di dalam pesawat elit yang super mahal, pada saat itu Rachel Chu bertanya pada Nick Young “Your family must be super rich”, kemudian Nick Young pun menjawab dengan pernyataan berbentuk Understatement seperti di atas yang jika diterjemahkan artinya “Yaaah kami kecukupan lah hidupnya”, padahal Nick Young dikisahkan sebagai anak dari keluarga paling kaya se-Singapura.

“It’s okay. It’s just a small wound.”

Ilustrasi: Kamu sedang bersepeda bersama teman perempuan yang kamu sukai. Karena tidak berhati-hati, teman mu menabrakmu dan kamu pun jatuh dan membenturkan kepalamu ke sebuah batu yang tajam. Darah mengalir cukup banyak dari kepalamu. Dengan perasaan bersalah, temanmu bilang “I’m so sorry”, lalu dengan gaya sok keren kamu pun memberi pernyataan yang mengandung Understatement seperti di atas, yang kalo diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya “Ga apa-apa, Cuma luka kecil kok”.

Oke deh, saya rasa sudah cukup ya pembahasan dan contoh yang bisa saya bagikan kali ini. Saya harap apa yang saya jelaskan dalam tulisan kali ini bisa dipahami dengan mudah oleh sobat semua dan menjadi ilmu yang bermanfaat. Terimakasih banyak sudah menjadi pembaca setia di bigbanktheories, saya harap sobat bisa belajar banyak hal dari tulisan yang saya terbitkan di website ini. Sampai ketemu lagi dan jangan lupa baca juga Pengertian Simile Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Examples of Understatement – https://examples.yourdictionary.com/examples-of-understatement.html – Diakses tanggal 8 Januari 2019
  2. Understatement – https://www.merriam-webster.com/dictionary/understatement – Diakses tanggal 8 Januari 2019
  3. Understatement – https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/understatement – Diakses tanggal 8 Januari 2019
  4. Understatement – Examples and Definition of Understatement – https://literarydevices.net/understatement/ – Diakses tanggal 8 Januari 2019
  5. Understatement – https://en.wikipedia.org/wiki/Understatement – Diakses tanggal 8 Januari 2019
  6. Understatement – https://www.vocabulary.com/dictionary/understatement – Diakses tanggal 8 Januari 2019
  7. Understatement: Definition and Examples – https://literaryterms.net/understatement/ – Diakses tanggal 8 Januari 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *