Pengertian Spoof Text Serta Generic Structure Dan Contohnya


Sobat, banyak yang bilang bahwa Spoof Text adalah jenis teks bacaan yang lucu atau mengandung unsur humor. Namun menurut saya pribadi hal ini tidak begitu tepat untuk menggambarkan ciri khas dari sebuah Spoof Text. Karena  jika kita meyakini bahwa Spoof Text adalah teks yang bersifat lucu atau seperti komedi, lalu apa bedanya dengan jenis teks anecdote yang juga merupakan teks yang bersifat lucu dan mengandung unsur “joke” atau lelucon di dalamnya? Tentu kita bingung menentukan letak perbedaannya jika dari awal kita sudah meyakini bahwa pengertian Spoof Text adalah cerita lucu.

Melalui tulisan kali ini, saya ingin mencoba mengutarakan pendapat saya mengenai pengertian Spoof Text yang menurut saya pribadi bisa membantu kita untuk mengenali serta membedakan jenis teks yang satu ini dengan jenis teks lainnya dalam Bahasa Inggris. Bagi sobat yang saat ini sedang tertarik untuk mempelajari pengertian serta generic structure dari Spoof Text, silahkan baca penjelasan singkat yang akan saya berikan di bawah ini. Saya harap melalui pemaparan sederhana yang saya sajikan, sobat akan mengerti bahwa meski memang ada unsur lucu dalam sebuah Spoof Text, namun ia berbeda dengan jenis teks lain yang juga sama-sama dikenali sebagai teks yang lucu. – Bigbanktheories.com

Pengertian Spoof Text Beserta Generic Structure Dan Language Feature nya

Pengertian Spoof Text Beserta Generic Structure Dan Contohnya

Pengertian Spoof Text

Untuk membantumu dalam memahami pengertian Spoof Text, saya akan menjelaskannya secara bertahap. Pertama, coba kamu ketik kata “Spoof” di kotak pencarian Google dan lihat apa yang muncul. Jika saya tidak salah, yang akan muncul di bagian awal adalah kolom Google Translate yang memberitahu kita arti kata Spoof dalam Bahasa Indonesia. Ternyata jika diterjemahkan dengan menggunakan Google Translate, kata “Spoof” bisa bermakna “Menipu”. Hmm mengapa begitu ya, tentunya sekarang kamu menjadi penasaran kan.

Related: Contoh Narrative Text Tentang Si Pitung Dan Terjemahannya

Mengutip definisi dari Collins Dictionary, “a spoof is something such as an article or television programme that seems to be about a serious matter but is actually a joke.” Yang jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya “spoof adalah suatu hal seperti artikel atau acara televisi yang nampak seperti permasalahan yang serius namun ternyata merupakan sebuah lelucon”. Nah, disinilah mungkin yang di maksud dengan “menipu” tadi sobat, jadi sebuah teks yang tergolong kedalam Spoof itu bisa dibilang mampu membuat orang mengatakan “oalah becanda tho, tadinya saya kira serius”.

Memang ada unsur lelucon nya dalam sebuah Spoof Text, tapi dari awal, kita sebagai pembaca tidak tau bahwa hal itu akan berujung pada suatu hal yang lucu, karena kita menganggapnya sebagai hal yang serius, disinilah letak tipuan nya, dan dalam generic structure Spoof Text, bagian tak terduga ini disebut dengan “twist”.

Kalo menurut saya pribadi, jenis lelucon dalam sebuah Spoof Text itu cenderung bersifat lelucon yang “mikir”, dalam artian kita perlu mencerna untuk beberapa saat dulu agar bisa memahami bahwa hal tersebut lucu, tidak seperti stand up comedy yang lebih cenderung ke arah anecdote dan kita bisa tertawa mulai dari awal, tengah bahkan hingga akhir cerita. Bagi beberapa orang, lelucon dalam sebuah Spoof Text akan terasa “krik..krik”, garing, tidak lucu atau bahkan sulit untuk di pahami.

Bagaimana sobat, sudah mulai terlihat kan ciri khas dari Spoof Text ini? Nah sekarang kita akan membahas pengertiannya secara baku. Spoof Text, ternyata merupakan bagian dari recount text, karena pada dasarnya sebuah teks yang menceritakan kejadian-kejadian atau “events” tergolong kedalam teks recount. Jadi bisa kta katakan bahwa Spoof Text adalah recount text dengan ending yang lucu atau tak terduga.

Fungsi Sosial Spoof Text

Sejauh ini saya belum menemukan sumber buku bacaan yang menerangkan apa fungsi sosial atau social function dari Spoof Text ini. Namun karena teks ini merupakan bagian dari recount text, maka fungsi nya mungkin memiliki kemiripan, yaitu untuk menceritakan kejadian di masa lampau atau dalam Bahasa Inggris nya “to tell about past events”. Selain itu karena ada unsur “Joke” atau lelucon di dalamnya, maka bisa kita katakan juga bahwa Spoof Text fungsi nya adalah menceritakan kisah yang bersifat menghibur. Hampir mirip dengan narrative text ya, dan itu wajar sih kalo menurut saya, karena narrative text juga merupakan bagian dari recount text.

Generic Structure Spoof Text

Struktur teks atau generic structure Spoof Text memiliki kemiripan dengan recount text. Perbedaannya terletak di bagian akhir saja. Berikut susunannya:

Orientation

Seperti yang selama ini kita ketahui, bagian orientation merupakan bagian pembuka atau awal dari sebuah teks bacaan, khususnya yang tergolong kedalam recount text. Pada bagian ini biasanya kita bisa menemukan pengenalan tokoh cerita, serta setting tempat dan waktu kejadian.

Events

Bagian yang menjelaskan kejadian-kejadian dalam cerita tersebut yang diurutkan secara kronologis.

Twist

Bagian akhir dari sebuah Spoof Text yang berisi kejadian tak terduga yang lucu dan terkadang tidak terbayangkan dari awal bahwa akan berakhir seperti itu.

Language Feature Spoof Text

Ciri atau unsur kebahasaan dari sebuah Spoof Text tentu memiliki banyak kesamaan dengan recount text. Secara singkat, hal-hal berikut inilah yang sering mendominasi sebuah Spoof Text:

Simple Past Tense

Past Consinuous Tense

Sequencer: Before, after, when, while, during, until dan sebagai nya.

Contoh Spoof Text 1

Misunderstanding

One day a teacher saw one of his students was sitting alone at the corner of the class. The student just sat still on his chair and didn’t do anything. The teacher who was observing him the whole time felt curious and decided to talk to him.

“hei kid, what are you doing?” asked the teacher to the student.

“Nothing, Sir” said the student.

“Why are you sitting alone?” the teacher asked curiously.

The student didn’t say anything and he smiled to the teacher.

“Do you have any problem Son? You can always talk to me if you do” said the teacher nicely.

“No, Sir. Nothing. I’m okay” replied the student.

“Hmm okay then. But if you have anything to say, you come to me alright.” said the teacher.

“Yes, Sir, I will” said the student with big smile on his face.

“By the way, who is going to pick you up after school?” asked the teacher before he left the student.

“I don’t know, Sir. I’m not sure” said the student.

“What? Why? What happened?” asked the teacher.

“My brother is in hospital now and so is my mother” said the student.

“Oh my God. I’m sorry to hear that. I hope they are alright.” Said the teacher.

“Yes, Sir. They are alright” said the student.

“Look, I know the condition is not easy for you. So if you want to go home or check your brother at the hospital, I will allow you to leave the class early” said the teacher.

“are you sure, Sir?” asked the student to the teacher.

“Yes, I’m sure. Go pack your stuff right now if you want to go.” Said the teacher.

“Thank you so much, Sir” said the student happily.

The student rushed back to get his bag and walked out of the school gate. He waved his hand toward his teacher and walked away.

The teacher walked toward his office and he ran into his colleague on his way. He told his friend of what he just did to the poor student and his colleague said “Oh my God. You misunderstand the kid. His brother is a pharmacist and his mother is a doctor”.

Terjemahan Contoh Spoof Text 1

Kesalah Pahaman

Suatu hari seorang guru melihat salah seorang murid nya sedang duduk sendirian di pojokan kelas. Siswa itu hanya duduk diam di atas kursi nya dan tidak melakukan apa-apa. Sang guru yang mengamatinya dari tadi merasa penasaran dan memutuskan untuk bicara dengannya.

“Hai nak, apa yang sedang kau lakukan?” tanya sang guru tersebut pada murid itu.

“Tidak ada, Pak” ujar siswa tersebut.

“Mengapa kau duduk sendirian?” tanya sang guru dengan penasarannya.

Si murid tidak mengatakan apapun dan dia tersenyum pada sang guru.

“Apa kau ada masalah nak? Kau bisa bercerita padaku jika memang begitu” ujar sang guru dengan ramahnya.

“Tidak, Pak. Tidak ada apa-apa. Saya baik-baik saja” jawab si murid.

“Hmm baiklah kalau begitu. Tapi jika kau ingin mengatakan sesuatu, temui aku ya.” Ujar sang guru.

“Iya, Pak, tentu saja” ungkap si siswa dengan senyuman lebar di wajah nya.

“Ngomong-ngomong, siapa yang akan menjemputmu setelah sekolah nanti?” tanya sang guru sebelum dia meninggalkan si siswa.

“Saya tidak tau, Pak. Saya tidak yakin” kata si siswa.

“Apa? Mengapa? Apa yang terjadi?” tanya sang guru.

“Kakak saya sedang berada di rumah sakit saat ini dan begitu pula ibu saya” ungkap siswa itu.

“Ya ampun. Saya turut sedih mendengarnya. Saya harap mereka baik-baik saja.” Ujar sang guru.

“Iya, Pak. Mereka baik-baik saja” ujar si murid.

“Begini, saya tau keadaan ini tidak mudah untuk kamu. Jadi jika kamu ingin pulang ke rumah atau melihat kakak mu di rumah sakit, saya akan mengijinkan kamu untuk meninggalkan kelas lebih awal” ungkap sang guru.

“apa anda yakin, Pak?” tanya si murid pada sang guru.

“Ya, tentu saja. Kemasi lah barang-barang mu sekarang jika kamu ingin pergi.” Ujar sang guru.

“Terimakasih banyak, Pak” ujar si murid bahagia.

Si murid bergegas kembali untuk mengambil tas nya dan berjalan keluar dari gerbang sekolah. Dia melambaikan tangannya ke arah guru nya dan berjalan pergi.

Sang guru berjalan ke arah kantor nya dan dia bertemu teman kerja nya di jalan. Dia menceritakan pada temannya tentang apa yang baru saja dia lakukan untuk anak yang malang itu dan rekan kerja nya berkata “Ya ampun. Kamu salah paham terhadap anak itu. Kakak nya adalah seorang apoteker dan ibu nya adalah seorang dokter”.

Contoh Spoof Text 2

Cashew Nut

An old lady lived by herself in a small house. One day, some teenagers from her neighborhood came to her house. The granny welcomed them and allow them to sit in the living room. “Wait here, I will make you some cup of tea” said the granny. She walked to the kitchen at the back of her house. The wall of the house is made of bamboo so both the granny and the teenagers can still hear each other voices.

“Granny, where did you get the cashew nuts in this jar?” asked one of the teenagers to the old lady. The teenagers opened the jar and started eating the cashew nuts.

“Owh, that one. My son knows that I like to eat chocolate so much. So he sends me a box of chocolate every months. But I can only chew the chocolate and not the cashew nut in it. So I collected it and put it in the jar on the table.” Said the old lady.

Terjemahan Contoh Spoof Text 2

Kacang Mete

Seorang wanita tua tinggal sendirian di sebuah rumah kecil. Suatu hari, beberapa remaja dari lingkungan nya datang ke rumah nya. Sang nenek menyambut mereka dan mempersilahkan mereka untuk duduk di ruang keluarga. “Tunggu di sini, aku akan membuatkan kalian beberapa gelas teh” ujar sang nenek. Dia pun berjalan ke arah dapur di bagian belakang rumahnya. Dinding nya terbuat dari bambu jadi baik sang nenek dan para remaja tersebut masih bisa saling mendengar suara satu sama lain.

“Nenek, dari mana kau dapatkan kacang mete di dalam toples ini?” tanya salah seorang remaja itu pada sang nenek. Para remaja itu membuka toples itu dan mulai memakan kacang mete itu.

“Owh yang itu. Anak saya sangat tau kalau saya sangat suka makan coklat. Jadi dia mengirimi saya satu kotak coklat setiap bulannya. Namun saya hanya bisa mengunyah coklat nya namun tidak kacang mete yang terkandung di dalamnya. Jadi saya kumpulkan saja dan saya letakkan di dalam toples di atas meja itu” ujar sang wanita tua itu.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat yang bisa saya berikan seputar pengertian Spoof Text beserta generic structure dan juga contohnya, saya harap penjelasan dalam artikel kali ini bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih banyak sudah membaca tulisan ini hingga akhir, semoga bermanfaat dan bisa membantumu dalam memahami materi Bahasa Inggris tentang jenis teks Spoof. Sampai ketemu lagi di materi menarik lainnya dan jangan lupa baca penjelasan tentang Explanation Text Beserta Generic Structure Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Kurniawati, Cicik & Marta Yuliani. 2010. Detik Detik Ujian Nasional Bahasa Inggris, Klaten: PT. Intan Pariwara
  2. Spoof definition and meaning – https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/spoof – Diakses tanggal 11 Juni 2018
  3. Strange but true stories, After dinner jokes – http://guy-sports.com/humor/stories/ – Diakses tanggal 11 Juni 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *