Pengertian Simile Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Simile adalah jenis majas (figurative language) yang muncul baik dalam Bahasa Inggris dan juga Bahasa Indonesia. Bedanya, dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah, pengertian Simile dan contohnya tidak dipelajari di kelas. Oleh karena itu, bagi sobat yang ingin tau tentang cara penggunaan rhetorical device yang satu ini, kamu perlu mencari referensi di luar, baik dari buku maupun dari sumber online yang tersebar di berbagai website di internet.

Sebenarnya jika ingin tau penjelasan tentang Simile yang mendetil, mungkin sebaiknya sobat membaca artikel dari website luar negri yang berbahasa Inggris ya, karena anggapannya yang membahas pastilah native yang memang sangat menguasai penggunaan Simile dalam percakapan sehari-hari. Namun bagi yang masih merasa kesulitan dalam memahami teks yang full English, mudah-mudahan artikel sederhana yang saya buat kali ini bisa mambantu. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Simile

Pengertian Simile Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Simile

Simile adalah figurative language yang membandingkan dua hal yang berbeda secara langsung dengan tujuan untuk memberi deskripsi atau penjelasan terhadap salah satu dari dua hal tersebut. Pengertian Simile ini mungkin terkesan mirip dengan Metaphor ya sobat, dan hal ini menurut saya sangat wajar, karena memang keduanya merupakan pernyataan yang bersifat kiasan atau perumpamaan yang sama-sama membandingkan dua hal yang berbeda. Tapi, perlu kita ketahui juga bahwa terdapat perbedaan antara Simile dan Metaphor ini sobat. Bedanya adalah, dalam Simile perbandingan tersebut secara gamblang atau secara tegas tertulis menggunakan kata hubung seperti: like, so, as, than, resemble dan sebagainya yang mengindikasikan secara langsung bahwa ada hal yang sedang dibandingkan, sedangkan dalam Metaphor tidak. Atau cara mudah nya kita hanya perlu mengingat bahwa Simile menyatakan “A seperti B” sedangkan Metaphor menyatakan “A adalah B”. Cukup mudah kan?

Related: Beda Penggunaan Other, Others, Dan Another Beserta Contohnya

Jika kita terjemahkan dengan menggunakan Google Translate, ternyata hasil yang kita dapatkan untuk arti dari Simile adalah kiasan. Dari sini tentu kita bisa menyimpulkan bahwa saat sebuah majas Simile digunakan, maka makna dari pernyataan yang menggunakan Simile itu bukanlah makna yang sebenarnya. Misalnya saja seperti dalam contoh Simile berikut ini:

The kid is like cheetah.

Contoh di atas jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia berbunyi “Anak itu seperti cheetah”. Namun karena Simile merupakan pernyataan yang bersifat kiasan, tentu kita tau bahwa si anak tidak benar-benar terlihat seperti cheetah, tapi ia di ibaratkan seperti itu karena mungkin larinya sangat cepat layaknya seekor cheetah.

Contoh Simile Dalam Bahasa Inggris Dan Terjemahannya

Setelah sobat membaca definisi Simile di atas, saya yakin sobat sudah memahami ya seperti apa konsepnya. Hal yang perlu kita ingat jika ingin membuat atau menemukan contoh Simile dalam sebuah teks adalah adanya “perbandingan” yang digunakan untukmendeskripsikan” sesuatu. Pada contoh yang kita bahas di atas, perbandingan nya terjadi antara “The kid” dan “Cheetah”, dan perbandingan ini digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan seperti apa “The kid” ini.

Sekarang, ayo kita lihat beberapa contoh Simile lainnya dalam Bahasa Inggris yang sudah saya siapkan di bawah ini:

I believe your future is as bright as the sun light.

(Saya yakin masa depanmu secerah sinar matahari.)

Her  response to me is as cool as the iceberg.

(Respon nya terhadap saya sedingin gunung es.)

My cousin swims like a dolphin

(Sepupu saya berenang seperti seekor lumba-lumba)

His hand move resemble a snake.

(Gerakan tangannya menyerupai seekor ular.)

Professor Tyrone’s brain works like computer.

(Otak Profesor Tyrone bekerja seperti komputer.)

Oke deh sobat, itulah tadi penjelasan singkat tentang pengertian Simile dan contohnya dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat. Terimakasih banyak untuk waktu yang kamu luangkan kali ini, saya harap sobat mendapat pengetahuan baru dengan membaca artikel yang saya terbitkan di website ini. Sampai jumpa lagi, dan pastikan kamu sudah membaca Pengertian Onomatopoeia Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Examples of Rhetorical Device – https://examples.yourdictionary.com/examples-of-rhetorical-devices.html – Diakses tanggal 4 Januari 2019
  2. Examples of Similes – https://examples.yourdictionary.com/examples-of-similes.html – Diakses tanggal 4 Januari 2019
  3. Simile – https://en.wikipedia.org/wiki/Simile – Diakses tanggal 4 Januari 2019
  4. What is A Simile? – https://www.grammarly.com/blog/simile/ – Diakses tanggal 4 Januari 2019
  5. Simile – Example and Definition of Simile – https://literarydevices.net/simile/ – Diakses tanggal 4 Januari 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *