Pengertian Short Message Beserta Jenis Dan Contohnya


Short Message adalah salah satu materi pelajaran Bahasa Inggris yang diberikan pada pelajar di tingkat SMP atau sekolah menengah. Penjelasan lengkap tentang short message ini sebenarnya sudah pernah kami berikan sebelumnya, namun sepertinya belum terindeks dengan baik di google karena kami menyatukan pembahasan tersebut dengan materi tentang UN SMP. Akibatnya, masih banyak yang bertanya pada tim kami apa sebenarnya pengertian short message ini, dan apa pula fungsi atau tujuannya. Untuk menjawab rasa penasaran sobat semua, maka penjelasan materi tentang short message ini akan kami berikan lagi melalui artikel kali ini.

Awalnya kami mengira bahwa yang membutuhkan pembahasan materi tentang Short Message hanyalah pelajar di tingkat SMP saja. Padahal pada kenyataannya, masyarakat umum dari berbagai usia pun banyak yang mencari penjelasan dan contoh dari Short Message ini. Kami benar benar telat menyadari bahwa seiring dengan pekembangan jaman, penggunaan Short Message ini kian melekat dalam keseharian masyarakat kita sebagai salah satu cara berkomunikasi yang sangat digemari. Mungkin memang ini saatnya kita sama sama mempelajari dan melihat pengertian serta bentuk bentuk Short Message ini dari sudut pandang yang baru di jaman yang modern ini. So, untuk sobat pengunjung semua, inilah pembahasan terupdate tentang pengertian, jenis serta contoh Short Message dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Lengkap Tentang Short Message Dan Jenis nya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Short Message Beserta Jenis Dan Contohnya

Pengertian Short Message

Membahas tentang pengertian short message berarti kita perlu mengingat sedikit tentang fungsi atau arti penting dari sebuah bahasa. Sebuah bahasa ada dalam suatu komunitas atau kelompok memiliki peranan agar masing masing anggota dalam kelompok tersebut bisa saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Poin penting dalam kegiatan komunikasi adalah memastikan ide yang ada dalam pikiran kita tersampaikan dengan baik kepada target (pendengar atau pembaca). Bukti bahwa ide pikiran kita tersampaikan dengan baik adalah si pendengar atau pembaca itu mengerti maksud yang ingin kita sampaikan. Jadi bisa kita katakan bahwa selama pembicara dan pendengar bisa saling mengerti maksud yang diungkapkan, meskipun hanya dengan mengeluarkan satu kata saja, tapi fungsi bahasa sebagai alat komunikasi sudah terpenuhi.

Related: Contoh Soal Narrative Text Tentang Cinderella Dan Jawabannya

Kita ambil contoh misalnya, bagi yang tinggal di kota besar tentu pernah melihat mobil angkutan umum yang menggunakan kenek atau kernet sebagai asisten supir dalam menarik penumpang. Jika kita perhatikan, seorang kenek angkot tidak akan pernah berbicara panjang lebar saat menawarkan jasa nya pada calon penumpang, biasanya mereka hanya akan menyebutkan tujuan atau spot spot tempat pemberhentian angkot tersebut, contohnya:

“Pak, blok M pak?” “Bu, blok M bu?”

“Blok M, Mangga Dua, Senen”

namun apa yang terjadi? Si calon penumpang bisa memahami maksud ucapannya dengan sempurna. Jika mereka memang ingin pergi ke tujuan yang disebutkan, maka mereka akan naik, jika tidak ya mereka akan pergi. Tidak pernah kita menemukan seorang kenek yang memberi penjelasan seperti berikut ini:

“Bapak bapak, Ibu Ibu, angkot ini akan pergi menuju blok M, bagi bapak bapak yang ingin ke blok M, ayo naik, murah meriah”

Bayangkan kalau si kenek melakukan ini, orang orang tentu akan menganggapnya aneh hehe. Itulah keunikan dalam berbahasa, selalu ada tempat dan waktu yang tepat untuk semuanya.

Perhatikan contoh ucapan kenek di atas. Apakah ucapannya pendek? Ya, atau dalam Bahasa Inggris nya kita sebut “Short” ya. Namun, apakah karena ucapan itu pendek maka itu termasuk Short Message atau Pesan Pendek? Jawabannya Tidak, mengapa? Ini dia penjelasannya.

Berdasarkan pengertian baku nya, Short Message atau pesan pendek adalah salah satu cara berkomunikasi tak langsung yang disampaikan secara tertulis dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Dari pengertian ini kita bisa lihat bahwa ada dua poin yang sangat penting agar suatu kumpulan kata kata bisa disebut sebagai Short Message, yaitu “tak langsung” dan “tertulis”. Artinya, meskipun kita hanya mengeluarkan sepatah kata yang sangat pendek seperti yang dilakukan kenek angkot tadi, tapi jika itu kita lakukan secara langsung didepan pendengar dan secara lisan, maka itu bukan Short Message. Pokoknya sebuah Short Message itu wajib “tak langsung”, wajib “tertulis” dan wajib “short atau pendek”.

Baca Juga: 5 Contoh Short Message Untuk Guru Dan Kegiatan Sekolah

Jenis Short Message

Setelah kita mengetahui pengertiannya, sekarang giliran bagi kita untuk mengenal apa saja sih jenis Short Message dalam Bahasa Inggris itu. Menurut penjelasan baku nya contoh yang termasuk kedalam jenis Short Message adalah:

  • Memo
  • SMS
  • Greeting Card

Namun menurut saya pribadi, pemahaman akan jenis dari Short Message ini sudah saatnya mengalami perubahan. Mengapa? Karena jaman sekarang media yang bisa digunakan untuk menyampaikan “pesan singkat” sudah sangat berkembang. Surat elektronik atau e-mail pun selama bentuknya pendek seharusnya bisa kita sebut sebagai Short Message, kan sudah memenuhi syarat penting sebuah Short Message, yaitu “tak langsung, tertulis dan pendek”.

Yang jadi masalah sekarang mungkin adalah takaran “pendek” yang dimaksud dalam sebuah “Short Message” itu yang seperti apa. Apakah harus terdiri dari dua kata saja? Atau asal tidak lebih dari satu paragraf? Untuk ini, saya belum bisa menyatakan dengan pasti, karena saya pun belum menemukan penjelasan tentang standar ukuran sebuah Short Message. Yang jelas, jika kita analisa bersama, umumnya jumlah karakter yang diperbolehkan dalam sebuah SMS di handphone adalah sebanyak 160 karakter ya. Nah, bila kita pindahkan kedalam lembaran Ms.Word di laptop, 160 karakter itu panjangnya sekitar 1,5 paragraf. Jadi mungkin dikisaran segitulah panjang dari sebuah Short Message itu. Yang jelas kalau kamu membuat Short Message tapi terdiri dari banyak paragraf, maka itu bukan lagi Short Message tapi sudah menjadi Letter atau surat ya hehe.

Contoh Short Message Singkat dan Sederhana

Terkahir, akan saya berikan sebuah contoh Short Message yang sederhana, supaya sobat bisa terbayang seperti apa sih sebenarnya Short Message itu, dan mungkin kedepannya bisa membuat dan menggunakannya di kegiatan sehari hari.

Contoh Short Message dalam bentuk Memo

To: Peter

Good luck for your game today, Love you!

Mom

Contoh Short Message dalam bentuk SMS

From: +62812744854786

Please be ready! I’ll be there in 10 minutes.

Contoh Short Message dalam bentuk Greeting Card

To: Faranisa

Happy B day Dear, I wish you all the best in the world.

From: Hidayat

Baca Juga: 10 Contoh Short Message Dalam Bahasa Inggris Bertema Umum

Oke deh sobat itulah tadi sekilas pembahasan mengenai pengertian Short Message dalam Bahasa Inggris beserta jenis dan contohnya. Pembahasan kali ini mungkin terkesan lebih ribet ya, karena saya berusaha lebih detail. Untuk penjelasan yang lebih simpel dan contoh yang lebih lengkap bisa sobat temukan pada link ini. Terimakasih banyak atas waktu dan kunjungannya, semoga apa yang kami sajikan bermanfaat, jangan lupa baca artikel terbaru kami yang berjudul Discontinuous Noun Phrase Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *