Pengertian Serta Perbedaan Loose Dan Lose


Perbedaan Loose dan Lose masih menjadi hal yang sulit dibedakan hingga saat ini, dan ternyata bukan hanya orang di Inodnesia saja lho yang merasakan kesulitan ini, karena native speaker pun kadang keliru saat seharusnya menggunakan Lose tapi malah memakai Loose. Yah, mau bagaimana lagi, kedua kata ini memang sangat mirip sih.

Meski pengucapannya sangat mirip tapi perlu kita ingat bahwa kata Loose dan Lose berbeda pengertian serta penggunaannya dalam kalimat. Supaya kita bisa menggunakan kedua kata tersebut secara tepat dan tidak tertukar, pelajarilah materi kali ini dengan serius. Oh ya, jangan lupa, setelah sobat memahami penjelasan singkat dalam artikel ini, cobalah untuk berlatih menggunakan kata Loose dan Lose dalam kegiatanmu sehari hari, supaya kamu akan terbiasa untuk otomatis membedakan keduanya. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Loose Dan Lose

Pengertian Serta Perbedaan Loose Dan Lose

Perbedaan Loose dan Lose

Perbedaan antara Loose dan Lose terletak pada arti dari kedua kata tersebut, serta fungsinya dalam sebuah kalimat. Perhatikan penjelasan singkat berikut ini yang akan membantumu dalam memahami arti dari masing masing kata ini.

Related: Penjelasan Tentang Kata Learned Dan Learnt

Kata Loose pada umumnya digunakan dalam kalimat sebagai sebuah adjective (kata sifat) yang artinya: lepas / longgar / goyah / kendur / tidak kencang. Dengan begini berarti kata yang akan muncul setelahnya adalah noun. Berhubungan dengan kata Loose, mungkin sobat pernah mendengar atau membaca kata “Loosen” ya, atau ada juga istilah baru di bidang fashion yang cukup terkenal seperti “Loose sweater” atau “Loose jeans”, kami akan sedikit membahas tentang hal ini.

Kata Loosen artinya melonggarkan atau mengendurkan, kata ini merupakan sebuah verb (kata kerja), ini menunjukkan bahwa sebenarnya kata Loose juga bisa berfungsi sebagai kata kerja dalam kalimat, namun untuk saat ini kita fokus pada penggunaannya sebagai adjective saja seperti pada contoh “Loose sweater” yang artinya sweater yang longgar, dan “Loose jeans” yang artinya (celana) jean yang longgar.

Kata Lose pada umumnya digunakan dalam kalimat sebagai sebuah verb (kata kerja) yang artinya: kehilangan / kalah. Bentuk verb 2 dan verb 3 dari kata Lose ini adalah lost & lost. Sedangkan untuk bentuk present participle nya kata Lose berubah menjadi Losing dengan satu “o” dan bukan Loosing dengan dua “o”, ini penting untuk diperhatikan sobat, karena penulisan Losing dan Loosing ini sangat sering dilakukan dengan salah.

Sekarang sobat sudah tau pengertian serta perbedaan dari kata Loose dan Lose, ternyata tidak terlalu sulit ya membedakan kedua kata tersebut setelah dijelaskan seperti ini. Sekarang sabagai penutup, saatnya sobat memperhatikan beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata Loose dan Lose yang telah kami siapkan berikut ini.

Contoh Kalimat Loose dan Lose

My friend love to wear loose sweater and loose jeans.

(Temanku suka memakai sweater longgar dan jean longgar.)

I decided to come to the dentist to pull out my loose tooth.

(Saya memutuskan untuk datang ke dokter gigi untuk mencabut gigi saya yang longgar.)

I think your favorite team will lose tonight.

(Saya pikir tim kesukaanmu akan kalah mala mini.)

I don’t want to lose you.

(Aku tidak ingin kehilangan kamu.)

Itulah tadi sobat beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata Loose dan Lose, semoga contoh yang kami berikan bisa semakin memantapkan pemahamanmu tentang perbedaan dalam penggunaan kedua kata ini. Contoh kalimat ini sekaligus mengakhiri pembahasan artikel kita, semoga kamu bisa mengambil manfaat dari artikel ini. Oh ya, ada sedikit tambahan lagi yang berhubungan dengan kata lose, biasanya kamu akan sering melihat kata ini digunakan pada akhir sebuah video game jika kamu gagal untuk memenangkan misi, maka akan muncul tulisan “You Lose” yang artinya “kamu kalah”, sedangkan untuk menyatakan Bahasa Inggris nya “saya kalah”, kamu bisa menggunakan “I lost”. Terimakasih atas perhatian dan kunjungannya, sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Perbedaan antara Loose dan Lose – http://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-loose-lose – Diakses tanggal 2 Februari 2017
  2. Perbedaan antara Lose dan Loose – https://belajarpenerjemahan.wordpress.com/2012/09/23/perbedaan-lose-dan-loose/ – Diakses tanggal 2 Februari 2017

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *