Pengertian, Rumus Dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense


Bentuk-bentuk waktu dalam kalimat bahasa inggris (tenses) merupakan hal yang penting untuk dikuasai semua orang yang sedang mempelajari bahasa inggris. Kebanyakan orang menganggap tenses adalah hal yang sulit dan membingungkan termasuk tenses future perfect ini, oleh karenanya Bigbanktheories.com sudah menjelaskan secara detail masing-masing bentuk tenses.

Dalam artikel kali ini yang akan dijelaskan adalah future perfect tense, lengkap dengan rumus dan contoh kalimatnya. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Pengertian Future Perfect Tense

Ini Penjelasan Lengkap Future Perfect Tense

Future perfect tense merupakan bentuk waktu yang menunjukkan bahwa kegiatan atau tindakan tertentu te;ah dimulai di masa lampau dan segera selesai pada waktu yang akan datang.

Related: Penjelasan Dan Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

Contohnya: Diana will have done her study by the end of this year. (Diana akan telah menyelesaikan studinya menjelang akhir minggu ini).

Kalimat diatas jelas menginformasikan bahwa subjek Diana telah menempuh pendidikannya cukup lama (di masa lampau) dan baru akan selesai pada masa yang akan datang, yaitu by the end of this year. Oleh karena itu, future perfect tense biasanya memiliki frasa-frasa penunjuk waktu tertentu untuk menyatakan kapan tindakan atau kegiatan tersebut akan selesai. Beberapa contoh dari frasa penunjuk waktu tersebut misalnya by then (menjelang nanti), by the end of this month (menjelang akhir bulan ini), dan by the 21st (menjelang tanggal 21).

Pola Kalimat Atau Rumus Future Perfect Tense

Berikut ini adalah pola kalimat yang akan kita gunakan jika ingin membuat sebuah kalimat future perfect tense :

Kalimat Positif

Subject + Will/Shall + Have + Verb3

Kalimat Negatif

Subject + Will/Shall+ Not + Have + Verb3

Kalimat Introgatif/Tanya

Will/Shall + Subject + Have + Verb3

Beberapa Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Vika will have finished her works by then so she will be able to join her family visiting her grandparents. (Vika telah akan menyelesaikan pekerjannya menjelang nanti, maka dia dapat bergabung dengan keluarganya mengunjungi kakek dan neneknya)

I shall not have saved enough money to buy my father a pair of gloves by then. (Saya belum akan telah menyimpan cukup uang untuk membelikan ayah saya sepasang sarung tangan menjelang nanti)

Will Mr. Herman have paid his electricity bill and his rent by the end of this month? (Apakah Mr. Herman akan telah membayar tunggakan pembayaran listrik dan uang sewa menjelang akhir bulan ini?)

By the end of this week, My brother and I shall have gone to many beautiful place around Semarang. (Menjelang akhir minggu ini, saudara laki-laki saya dan saya akan telah mengunjungi berbagai tempat yang indah di sekitar Semarang)

My mother and my sisters will have lived in Bangka Belitung before November this year. (Ibuku dan saudara-saudara perempuanku akan telah tinggal di Bangka Belitung sebelum bulan November tahun ini)

Miss. Fiona shall have climbed some mountains near the area by the 21st. (Miss Fiona akan telah mendaki beberapa gunung disekitar area itu menjelang tanggal 21)

Demikian Pengertian, Rumus Dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense, pembaca dapat lebih mengembangkan contoh-contoh lainnya dengan rumus yang telah dituliskan diatas. Semoga penjelasan inidapat dimengerti dan bermanfaat bagi semua yang sedang mempelajari bentuk-bentuk waktu dalam bahasa inggris.

2 THOUGHTS ON “Pengertian, Rumus Dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense”

  1. wah baru tau mas saya tentang rumus ini makasi banyak mas,,ini termasuk ejaan dalam toefl inggris atau indo mas


    1. Wah, udah mampir disini aja nih mas haha, makasih udah berkunjung ya. Untuk pertanyaannya, itu untuk Bahasa Inggris mas hehe


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *