Pengertian Review Text Serta Generic Structure Dan Contohnya


Di era digital seperti saat ini, saya rasa anak muda di umuran kita sudah tidak asing dengan istilah “review” ya. Dalam berbagai kesempatan kita sering sekali mendengar serta menggunakan kata ini. Misalnya saja nih, review makanan di instagram, review masker kecantikan, review film baru di youtube, review mobil keluaran terbaru di berbagai website dan bahkan bagi kamu yang bener-bener aktif di dunia internet, kamu mungkin mengenal kegiatan memberi review serta foto lokasi yang nantinya akan di hubungkan dengan berbagai macam aplikasi seperti google map dengan mendaftarkan diri menjadi google local guide atau google map contributor.

Dengan asumsi seperti yang saya jelaskan di atas, saya rasa sobat semua sudah memiliki definisi sendiri tentang apa itu yang dimaksud dengan review text ya. Bagi saya tidak masalah bagaimanapun caranya sobat mengartikan review text dengan bahasamu sendiri, yang terpenting adalah kamu tau dan dapat mengenali sebuah review text saat kamu menemukan atau membaca nya. Melalui tulisan kali ini saya hanya mencoba mengutarakan sedikit informasi yang saya ketahui tentang review text beserta generic structure dan juga contohnya. Mudah-mudahan apa yang saya sajikan di bawah ini bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sobat pembaca semua. – Bigbanktheories.com

Pengertian Review Text Beserta Generic Structure Dan Language Feature nya

Pengertian Review Text Serta Generic Structure Dan Contohnya

Pengertian Review Text

Kata “review” jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya adalah “ulasan”. Dengan begini bisa kita katakan bahwa pengertian review text adalah sebuah teks yang berisi ulasan. Namun seperti yang sudah saya katakan di atas, saya yakin sobat semua sudah sangat mengenal jenis teks ini dan sudah memiliki definisi masing-masing akan hal itu. Oleh karena itu, dalam penjelasan kali ini yang ingin saya bahas bersama sobat semua bukanlah pengertian dari review text, namun lebih ke arah penjelasan seperti apa sih review text itu, apa saja yang bisa di bahas dalam sebuah review text, dan juga ulasan seperti apa saja yang muncul dalam sebuah review text.

Related: Contoh Descriptive Text Terbaru Tentang Zinedine Zidane

Sekarang, saya ingin sobat mencoba mengingat-ingat sebuah review makanan atau review apapun yang terakhir sobat baca. Bagaimana? Sudah ingat? Berdasarkan contoh review yang pernah kamu baca, apa saja sih yang ada di dalam nya? Misalnya saja kita ambil contoh review tentang makanan, beberapa poin yang mungkin muncul adalah: bagaimana rasa nya? Apakah manis ataukah pedas? Bagaimana pendapat kita akan rasa makanan tersebut? Lalu bisa juga kita membahas tentang tampilan kemasannya, apakah menurut kita kemasannya rapih ? nyaman digenggam? Atau mungkin terlalu kecil dan sebagai nya. Jika kita cermati, isi sebuah review text adalah pendapat/opini/penilaian kita akan suatu hal. Hal-hal yang bisa kita komentari melalui sebuah review text tentunya sangat beragam, mulai dari makanan, mainan anak, kosmetik, mobil dan motor, layanan jasa, tempat bermain atau tempat makan, buku, karya seni dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sobat tau istilah “unboxing” kan ya? Ya, benar sekali, itu kegiatan membuka segel sebuah produk baru serta menunjukkan apa saja kelengkapan suatu produk di dalam “box” atau dus nya. Jaman now, kegiatan unboxing seperti ini sering banget dan mudah banget kita temukan di youtube dan berbagai media lainnya. Nah, berkaitan dengan penjelasan tentang pengertian review text di atas, sekarang saya ada pertanyaan nih, menurut sobat kegiatan “unboxing” seperti yang sering kita tonton di youtube itu termasuk review nggak sih?

Kalau menurut saya jawabannya “bisa jadi”, namun kebanyakan sih bukan. Mengapa begitu? Karena umumnya kegiatan “unboxing” tujuannya adalah menunjukkan apa saja konten/kelengkapan suatu produk di dalam bungkus nya. Namun bila kegiatan “unboxing” itu dilengkapi dengan komentar mengenai produk tersebut (dalam artian kita memberi penilaian) maka itu bisa saja masuk ke dalam review. Karena kunci nya dalam review itu adalah “ulasan”, “tinjauan” atau “penilaian” dari kita sebagai reviewer.

Bagaimana sobat, sudah semakin jelas ya apa itu yang dimaksud dengan review text. Nah, sekarang, ayo kita lanjutkan pembahasan materi kali ini dengan mempelajari fungsi sosial serta generic structure dari review text.

Fungsi Sosial Review Text

Fungsi dari sebuah review text adalah untuk memberi penilaian terhadap suatu produk atau karya agar pembaca dapat memiliki gambaran seperti apa suatu produk, jasa atau karya tersebut. Jika kita melihat manfaat atau fungsi nya bagi pembaca, maka bisa kita katakan sebuah review text akan memberikan informasi bagi pembaca yang tertarik akan suatu produk, jasa atau karya.

Generic Structure Review Text

Seperti jenis teks lainnya dalam Bahasa Inggris, review text pun memiliki susunan atau struktur di dalamnya. Berikut ini adalah generic structure dari sebuah review text:

Introduction

Pada bagian ini reviewer akan mengenalkan produk apa yang sedang ia bahas dalam review nya. Beberapa hal yang mungkin akan disebut dalam bagian introduction ini diantaranya: nama produk, jenis produk, merek atau asal perusahan dari produk tersebut, serta informasi-informasi general (umum) lainnya dari produk tersebut.

Evaluation

Pada bagian ini reviewer akan menjelaskan suatu produk secara lebih rinci jika dibandingkan dengan bagian introduction di atas. Hal ini bisa saja menyangkut ukuran, detail design, kemasan, bagian unik/khas dari produk tersebut, serta berbagai informasi lainnya yang bersifat rinci.

Interpretation

Di bagian interpretation ini seorang reviewer akan memberikan penilaian / pendapat nya mengenai produk yang sedang ia review. Pada bagian inilah, sang penulis review bisa mengutarakan kesan nya terhadap produk tersebut, misalnya saja dari segi rasa produk tersebut lebih manis jika dibandingkan dengan produk sejenis, atau bisa juga dari segi desain produk tersebut terlihat futuristik, atau bisa juga dari segi kemasan yang dirasa oleh reviewer “handy” atau nyaman di genggam. Intinya kalo menurut saya, bagian ini bisa membuat pembaca seolah-olah merasakan produk tersebut dengan membayangkan deskripsi nya.

Summary

Seperti biasa, bagian yang disebut “summary” akan berisi kesimpulan si penulis tentang apa yang dia bahas dari awal. Dalam review text pun sama saja, di bagian akhir ini, reviewer akan menerangkan kesimpulannya mengenai produk tersebut. Beberapa contoh kesimpulan yang mungkin di buat misalnya: barang tersebut terlalu mahal jika melihat spesifikasi nya, atau misalnya dengan kualitas yang cukup produk tersebut layak untuk di beli, serta kesimpulan lainnya.

Language Feature Review Text

Unsur kebahasaan atau language feature dari review text yang nampak mendominasi adalah:

Simple Present Tense

Kalimat yang mendominasi dalam sebuah review text sering nya berbentuk simple present tense yang tergolong dalam kaliamat nominal (cenderung bersifat mendeskripsikan sesuatu).

Adjective

Penggunaan berbagai adjective (kata sifat) dalam menjelaskan suatu produk. Misalnya saja seperti : good, tasty, delicious, elegant, futuristic, glamorous dan sebagai nya.

Contoh Review Text (Nature Republic)

Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel

Introduction

Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel is a product of a famous skin care brand from South Korea. The texture of the gel is thick and the colour is clear green. This product can be applied on your skin for various purposes such as: moisturizing sleeping pack, base for your Make Up, aftershave remedy, hair gel/hair treatment, eye mask, sunburn treatment, nail essence, and also as lotion for your whole body. This product contains extract from aloe vera leaf, alcohol and spearmint extract. It can easily be found in many online shops and also marketplace on the internet with the price around 100 to 150 thousands rupiah.

Evaluation

The initial package of the product is round bowl made of thick plastic with tight cap on top of it. The colour of the package is green. There are two large round stickers containing the name of the product and also the elements or ingredients of the product on the cap and on the bottom of the package. The initial package contains 300 ml of the aloe vera gel. Currently, this product is also available in the form of tube which contains 250 ml of the gel.

Interpretation

The original package of the product is too large to be brought in a trip, but we can solve it by having the tube version instead of the bowl version. The description of the product on the sticker is in Korean, so it may not be friendly for users from other countries such as Indonesia. The texture of the gel allow us to use just a few of it every time we want to apply it to our skin, so it is very economical. The combination of alcohol and also spearmint extract has made the fragrance of aloe vera from the gel to be strong, it may be relaxing and fresh for some users but may also be uncomfortable for others.

Summary

This product is very good for our skin, it can help us to nourish our skin so we can have beautiful, glowing and healthy skin. The price may seems expensive, but as we only need to take small amount of it when we use it, it is going to be worth it. Users with sensitive skin may want to be careful in using the product because it contains alcohol.

Terjemahan Contoh Review Text (Nature Republic)

Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel

Introduction

Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel adalah sebuah produk dari sebuah merek perawatan kulit terkenal dari korea selatan. Tekstur gel nya padat dan warna nya hijau bening. Produk ini bisa digunakan di kulit anda untuk berbagai tujuan seperti: moisturizing sleeping pack, dasar untuk Make Up anda, perawatan setelah bercukur, gel rambut/perawatan rambut, masker mata, perawatan luka bakar matahari, pelembab kuku, dan juga sebagai losion untuk keseluruhan tubuh anda. Produk ini mengandung ekstrak daun lidah buaya, alcohol dan ekstrak daun mint. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di banyak took online dan juga marketplace di internet dengan harga sekitar 100 hingga 150 ribu rupiah.

Evaluation

Kemasan awal dari produk ini adalah mangkuk bulat yang terbuat dari plastic tebal dengan tutup yang rapat di bagian atas nya. Warna kemasan nya hijau. Terdapat dua stickers bulat lebar yang berisi nama produk dan juga elemen atau bahan dasar dari produk itu pada bagian tutup dan bagian bawah kemasan. Kemasan awal ini berisi 300 ml gel lidah buaya. Saat ini, produk ini juga tersedia dalam bentuk tube yang berisi 250 gel lidah buaya.

Interpretation

Kemasan asli dari produk ini terlalu besar untuk di bawa bepergian, namun kita bisa mengatasinya dengan memilih versi yang berbentuk tube dan bukan versi yang berbentuk mangkuk. Deskripsi produk pada sticker disajikan dalam bahasa korea, hal ini mungkin tidak ramah bagi pengguna dari negara lain seperti Indonesia. Tekstur gel memungkinkan kita untuk menggunakan sedikit saja setiap kali kita ingin memakainya pada kulit kita, jadi hal ini sangat irit. Kombinasi alkohol dan daun mint telah membuat aroma lidah buaya dari gel ini menjadi kuat, hal ini mungkin menenangkan dan segar bagi sebagian pengguna namun mungkin pula tidak nyaman bagi pengguna lainnya.

Summary

Produk ini sangat baik bagi kulit kita, produk ini bisa membantu kita untuk member nutrisi bagi kulit kita sehingga kita bisa memiliki kulit yang cantik, bersinar dan sehat. Harga nya mungkin terlihat mahal, namun karena kita hanya membutuhkan jumlah yang sedikit ketika kita menggunakannya, produk ini akan bernilai pantas. Pengguna dengan kulit sensitive mungkin perlu berhati-hati dalam menggunakan produk ini karena ia mengandung alkohol.

Seperti itulah penjelasan singkat tentang review text yang bisa saya sajikan, saya harap informasi yang ada dalam tulisan kali ini bermanfaat bagi pembaca semua dan bisa memberikan pengetahuan baru. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktumu untuk membaca tulisan saya kali ini hingga akhir, sampai ketemu lagi dan jangan lupa baca juga Pengertian Anecdote Beserta Generic Structure Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Review: Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel – https://journal.sociolla.com/beauty/review-nature-republic-soothing-gel/ – Diakses tanggal 27 Juni 2018
  2. Review Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel – http://www.haloterong.com/2018/02/review-nature-republic-aloe-vera-92.html – Diakses tanggal 27 Juni 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *