Pengertian Reciprocal Pronoun Each Other Dan One Another


Reciprocal pronoun artinya pronoun (kata ganti) yang bersifat reciprocal. Sedangkan reciprocal sendiri jika kita lihat pengertiannya didalam kamus adalah “given or done in return” atau bisa kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia sebagai “timbal balik”. Jadi bisa dikatakan bahwa reciprocal pronoun adalah kata ganti yang kita gunakan saat adanya tindakan timbal balik antar subject dalam sebuah kalimat.

Seperti apa ya kira kira contoh tindakan timbal balik yang dilakukan antar subject suatu kalimat? Dan apa saja yang termasuk dalam reciprocal pronoun? Jadi penasaran kan. Simak penjelasan berikut ini ya sobat. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Each Other Dan One Another

Pengertian Reciprocal Pronoun

Pengertian Reciprocal Pronoun

Reciprocal pronoun adalah pronoun yang kita gunakan ketika dua atau lebih subject saling melakukan hal yang sama terhadap satu sama lainnya (tindakan timbale balik). Misalnya saja seperti contoh berikut ini: (Didi is talking to Dodo) – (Dodo is talking to Didi) dengan begini kita bisa menyatakannya dengan kalimat berikut ini : Didi and Dodo are talking to each other. Nah “each other” inilah yang merupakan reciprocal pronoun. Selain “each other” masih ada satu lagi yaitu “one another” yang merupakan reciprocal pronoun. Ingat ya, hanya ada dua reciprocal pronoun dalam Bahasa Inggris yaitu “each other” dan “one another”.

Related: Absolute Adjective Dan Contoh Kalimatnya Dalam Bahasa Inggris

Beberapa pendapat dalam traditional grammar menganggap bahwa ada perbedaan antara each other dan one another, dimana “each other” haruslah digunakan untuk merujuk pada dua subject, sedangkan “one another” untuk lebih dari dua subject. Namun perbedaan ini semakin menghilang seiring munculnya modern English dan keduanya pun bisa digunakan secara bergantian. Meskipun begitu, yang paling sering digunakan ternyata adalah “each other”.

Contohnya : Adip and Faranisa love each other.

Kita juga bisa menggunakan bentuk possessive dari reciprocal pronoun ini, yaitu dengan bentuk (each other’s) dan (one another’s). Perhatikan dengan benar posisi apostrophe nya, posisi yang tepat adalah sebelum ‘s’ dan bukan setelahnya.

Contohnya : Ringgo and Agus often visited each other’s houses.

Fungsi Reciprocal Pronoun Dalam Kalimat

Saat kita menggunakan reciprocal pronoun dalam kalimat, mereka dapat berfungsi sebagai object of verb ataupun object of preposition. Ingatlah, kita tidak bisa menggunakan reciprocal pronoun ini sebagai subject kalimat.

Contohnya :

Object of Verb : We gave each other birthday gifts.

Object of Preposition : You should talk to each other.

Contoh Kalimat Reciprocal Pronoun

Robi, Nio and Fandi helped one another to finish their school assignment.

(Robi, Nio dan Fandi saling membantu satu sama lain untuk menyelesaikan tugas sekolah mereka.)

Tika and Tiwi always remember each other’s birthday.

(Tika dan Tiwi selalu mengingat hari ulang tahun satu sama lain.)

My cat and dog hate each other.

(Kucing dan anjing ku saling benci satu sama lain.)

Rama and Shinta is looking at each other.

(Rama dan Shinta sedang memandang satu sama lain.)

We can’t see each other in a dark room.

(Kita tidak bisa melihat satu sama lain dalam sebuah ruang gelap.)

Sekian penjelasan dari kami, semoga cukup jelas dan bisa dimengerti dengan mudah ya sobat. Terimakasih untuk kunjunganmu hari ini, kami harap dengan membaca artikel kali ini kamu jadi mengerti tentang reciprocal pronoun dan cara penggunaannya. Kami mohon maaf jika ada kesalahan dan juga kekurangan dalam penyampaian materi kali ini, sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. Reciprocal Pronouns – https://www.englishclub.com/grammar/pronouns-reciprocal.htm – Diakses tanggal 25 November 2016
  2. Reciprocal Pronoun – http://grammar.about.com/od/rs/g/reciprnterm.htm – Diakses tanggal 25 November 2016
  3. Pengertian Dan Contoh Kalimat Reciprocal Pronouns – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-reciprocal-pronouns – Diakses tanggal 25 November 2016
  4. Reciprocal Pronouns : Each Other and One Another – https://learnenglish.britishcouncil.org/en/english-grammar/pronouns/reciprocal-pronouns-each-other-and-one-another – Diakses tanggal 25 November 2016
  5. What Are Reciprocal Pronouns ? (With Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/reciprocal_pronouns.htm – Diakses tanggal 25 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *