Pengertian Onomatopoeia Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Hai sobat, pernahkah kamu mendengar istilah Onomatopoeia sebelumnya? Jika iya, bisakah kamu menjelaskan secara singkat pengertian Onomatopoeia beserta contohnya dalam Bahasa Inggris? Hmm, kalau kamu masih bingung, jangan khawatir, karena dalam artikel kali ini saya akan mencoba menerangkan apa yang dimaksud dengan Onomatopoeia itu serta bagaimana pula contoh penggunaannya dalam keseharian kita.

Onomatopoeia adalah kata yang ternyata dibentuk dari penggabungan dua buah kata dalam Bahasa Yunani yaitu “onoma” yang berarti “nama” serta “poiein” yang berarti “membuat”. Jika pengertian dari kedua kata tersebut kita gabungkan, maka Onomatopoeia mungkin berarti “membuat nama”. Pengalaman pertama saya waktu mendengar istilah ini adalah waktu saya masih kuliah, setelah mendengar penjelasan yang diberikan dosen saya, secara tidak sengaja saya menemukan contoh penggunaan Onomatopoeia ini dalam film Man In Black atau yang biasa disingkat MIB. Berawal dari pengalaman inilah saya akhirnya jadi tau bahwa ternyata begitu bermanfaatnya penggunaan Onomatopoeia ini dalam percakapan yang kita lakukan sehari-hari. Supaya sobat juga mengerti dan bisa menggunakan Onomatopoeia denga lancar, bacalah penjelasan singkat berikut ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Onomatopoeia

Pengertian Onomatopoeia Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Onomatopoeia

Onomatopoeia adalah salah satu jenis rhetorical device dimana sebuah kata yang dituliskan atau diucapkan merupakan tiruan (imitation) dari sebuah efek suara yang berasal dari hal-hal di sekitar kita seperti suara air menetes, suara angin bertiup, suara hewan, bahkan suara yang dihasilkan dari gesekan karet ban sebuah kendaraan dengan aspal saat kita mengerem mendadak di kecepatan tinggi atau juga suara pintu yang ditutup dengan cara dibanting. Singkatnya, Onomatopoeia adalah kata-kata yang mengekspresikan bunyi (words that express sounds). Artinya kita juga bisa mengatakan bahwa pada saat kita mencoba menuliskan suara-suara yang terjadi di sekitar kita, maka yang kita hasilkan itulah yang kita sebut dengan Onomatopoeia.

Related: Aturan Perubahan Bentuk Adjective Dalam Superlative Degree

Contoh penggunaan Onomatopoeia yang paling sering kita temui adalah di dalam buku-buku komik seperti pada gambar di bawah ini. Jika kita perhatikan kata yang tergolong kedalam Onomatopoeia umumnya tidaklah mengandung makna apa-apa. Kata tersebut murni hanya berupa tiruan bunyi yang bertujuan untuk membantu pendeskripsian suatu keadaan atau kondisi dan memberikan efek yang membuat pembaca atau pendengar bisa mengilustrasikan dalam benak mereka serta merasa seolah-olah mereka mampu mendengar efek suara tersebut. Oleh karena itu, pada umumnya tiruan suara dalam Onomatopoeia sudah ada standar nya, hal ini ditujukan agar pembaca dan pendengar secara umum bisa dengan cepat memahami suara apa yang sedang ditirukan tersebut, seperti misalnya kata “Kaboom!” yang mengilustrasikan suara “Ledakan” yang sangat kencang seperti ledakan bom dan sebagainya.

Example of Onomatopoeia in Comic Books

Example of Onomatopoeia in Superman Retro Comic Book

Onomatopoeia tidak hanya muncul dalam Bahasa Inggris saja, dan ternyata meski sebenarnya setiap bunyi itu terdengar sama bagi orang-orang dari berbagai tempat, namun ada perbedaan dalam hal penyimbolan atau penulisan dari bunyi-bunyi tersebut antara satu budaya dan budaya yang lainnya atau dalam hal ini sering di sebut dengan Cross-cultural differences. Sebagai contoh misalnya saja bunyi Klakson mobil, dalam Bahasa Indonesia kita biasanya menirukan suara Klakson mobil dengan mengatakan “Tin-Tin” atau kadang juga “Tit-Tit”. Ternyata dalam Bahasa Mandarin, bunyi ini disimbolkan dengan “ba-ba”, dalam Bahasa Perancistut-tut”, dalam Bahasa Portugisfom-fom”, dalam Bahasa Jepangpu-pu”, dalam Bahasa Vietnambim-bim”, dan dalam Bahasa Koreabbang-bbang”. Sangat beragam ya ternyata sobat cara menyimbolkan satu bunyi saja.

Contoh Onomatopoeia Dalam Bahasa Inggris

Contoh Onomatopoeia berikut ini saya rangkum dari beberapa sumber yang ada di internet. Salah satu sumber yang saya baca menyatakan bahwa berdasarkan cara menggunakannya, Onomatopoeia bisa dikelompokkan kedalam 5 grup yaitu: Suara Air, Vocal Sounds, Suara Benturan, Suara Udara/Angin, serta Suara Hewan. Jika sobat ingin mempelajari lebih banyak lagi contoh Onomatopoeia dalam Bahasa Inggris, silahkan sobat coba browsing di Google atau sobat bisa juga mengunjungi salah satu website yang saya jadikan referensi dalam menyelesaikan artikel ini, link website referensi tersebut bisa sobat temukan di bagian paling bawah artikel ini. Semoga bermanfaat.

Baa : Suara Domba

Bark : Suara Anjing

Hiss : Suara Ular

Meow : Suara Kucing

Moo : Suara Sapi

Oink : Suara Babi

Ribbit : Suara Katak

Purr : Suara Kucing Berdengung

Quack : Suara Bebek

Chirp : Suara Burung Berkicau

Whisper : Suara Angin Bisikan

Whoosh : Suara Angin Mendesing

Gasp : Suara Helaan Napas

Whiff : Suara Angin Bertiup

Bang : Suara Tembakan

Screech : Suara Berdecit

Slap : Suara Tamparan

Click : Suara Tombol Ditekan

Thud : Suara Menabrak

Clang : Suara Dentang

Giggle : Suara Cekikikan

Growl : Suara Menggeram

Murmur : Suara Berbisik

Chatter : Suara Mengobrol

Bloop : Suara Gelembung Udara Keluar Dari Air

Splash : Suara Air Terciprat

Squirt : Suara Air Muncrat

Drizzle : Suara Gerimis

Oke deh sobat, itulah sekilas contoh Onomatopoeia yang bisa saya sajikan, semoga bermanfaat dan bisa membantu sobat dalam memahami penjelasan materi kali ini. Terimakasih banyak atas waktunya, silahkan baca juga Pengertian Metonymy Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris. Sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Examples of Rhetorical Devices – https://examples.yourdictionary.com/examples-of-rhetorical-devices.html – Diakses tanggal 3 Januari 2019
  2. 5 Examples of Onomatopoeia – https://examples.yourdictionary.com/5-examples-of-onomatopoeia.html – Diakses tanggal 3 Januari 2019
  3. Onomatopoeia – https://en.wikipedia.org/wiki/Onomatopoeia – Diakses tanggal 3 Januari 2019
  4. It Sounds Like…Onomatopoeia! – https://learningenglish.voanews.com/a/everyday-grammar-onomatopoeia/3468479.html – Diakses tanggal 3 Januari 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *