Pengertian Object Of Preposition Dan Contoh Penggunaannya


Object of preposition merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah prepositional phrase. Karena seperti yang sudah pernah kita pelajari dalam artikel tentang preposition bahwa sebuah preposition akan selalu digunakan dalam bentuk prepositional phrase. Sedangkan prepositional phrase merupakan gabungan antara preposition dengan object of preposition nya.

Melihat begitu pentingnya peranan object of preposition ini, maka sangat baik bagi kita untuk mempelajarinya dengan lebih terperinci, karena mungkin saja selama ini sebenarnya kita juga belum begitu paham apa yang dimaksud dengan object of preposition itu dan seperti apa juga contoh atau bentuk nya. Selain itu juga, pasangan preposition dengan object of preposition juga sangat sering menjadi soal dalam tes TOEFL dan tes Bahasa Inggris lainnya. Melalui artikel kali ini, kita akan memiliki kesempatan untuk mempelajari object of preposition serta mengamati contoh penggunaannya dalam kalimat. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Object Of Preposition

Pengertian Object Of Preposition Dan Contoh Penggunaannya

Pengertian Object Of Preposition

Object of preposition adalah noun, noun clause. pronoun atau gerund yang melengkapi sebuah prepositional phrase. Seperti yang telah kita singgung di atas bahwa tanpa adanya object of preposition maka kita tidak bisa membentuk sebuah prepositional phrase dan dengan begitu kita pun tidak bisa menggunakan preposition di dalam kalimat yang kita buat.

Related: Inilah Daftar Intransitive Verb Serta Contoh Kalimatnya

Contoh Object Of Preposition

Karena object of preposition merupakan satu paket yang terkandung dalam sebuah prepositional phrase, maka untuk menunjukkan contoh object of preposition haruslah dalam bentuk prepositional phrase. Oleh karena itu, sobat harus memperhatikan dan ikut memisahkan antara preposition dengan object of preposition nya dari beberapa prepositional phrase yang akan kami tampilkan ini. Siap ya sobat? Ayo kita mulai.

At home

Preposition: at

Object of preposition: home (noun)

With you

Preposition: with

Object of preposition: you (pronoun)

Without blinking

Preposition: without

Object of preposition: blinking (gerund)

About what you said yesterday

Preposition: about

Object of preposition: what you said yesterday (noun clause)

Selain contoh di atas, sebuah object of preposition sering juga mendapat tambahan keterangan dengan penambahan modifier kedalamnya. Misalnya seperti pada contoh berikut ini:

At the school yard

Preposition: at

Modifier: the school

Object of preposition: yard (noun)

Oke deh, itulah tadi beberapa contoh object of preposition yang bisa kami tampilkan. Meskipun hanya sedikit namun mudah mudahan sudah mencakup keseluruhan dari materi kali ini. Sekarang, sebagai penutup mari kita lihat beberapa contoh kalimat yang mengandung object of preposition di dalamnya.

Contoh Kalimat Object Of Preposition

I left my cell phone at home.

(Saya meninggalkan handphone saya di rumah.)

Can I go with you daddy?

(Bolehkah aku ikut bersamamu Ayah?)

Can you watch the TV without blinking?

(Bisakah kamu menonton TV tanpa berkedip?)

We have to talk about what you said yesterday.

(Kita harus bicara tentang apa yang kamu katakana kemarin.)

Meet me at the school yard!

(Temui aku di lapangan sekolah!)

Baiklah sobat, sampai disini dulu pembahasan materi Bahasa Inggris tentang object of preposition dan contoh penggunaannya, semoga apa yang kami tampilkan sudah cukup lengkap dan bisa membantumu dalam belajar dan mengerjakan tugas dari sekolah. Terimakasih kunjungannya hari ini, jangan lupa untuk mengunjungi website kami lagi besok, sampai jumpa.

Referensi:

  1. The Object Of The Preposition – http://www.chompchomp.com/terms/objectofthepreposition.htm – Diakses tanggal 21 Januari 2017
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Object Of Preposition – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-object-of-preposition – Diakses tanggal 21 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *