Pengertian Mnemonic Device Dan Berbagai Contohnya


Mnemonic Device atau yang kita kenal dengan istilah Jembatan Keledai adalah suatu alat atau cara untuk membantu mempermudah kita dalam menghafal atau mengingat sesuatu. Contoh Mnemonic Device (dibaca “nemanik” /nəˈmänik/) yang sering kita temui biasanya berbentuk singkatan, misalnya saja seperti singkatan “MeJiKuHiBiNiU” yang merupakan cara mudah bagi kita untuk menghafal spektrum warna pelangi.

Selain dalam bentuk singkatan, sebuah Jembatan Keledai atau Mnemonic Device dapat muncul dalam berbagai bentuk. Ada yang berbentuk kalimat dan ada pula yang hadir dalam bentuk visual seperti gambar. Konsep yang harus diingat adalah bahwa Mnemonic Device bertujuan untuk “mempermudah” kita dalam mengingat sesuatu. Jadi, saat ia berbentuk kalimat atau bahkan cerita, kalimat tersebut haruslah mengandung makna yang lebih mudah untuk kita ingat dibandingkan dengan konsep asli yang diwakili kalimat tersebut, begitu pula dengan penggunaan gambar. – Bigbanktheories.com

Pengertian Mnemonic Device Dan Berbagai Contohnya

Mnemonic Device (Jembatan Keledai)

Mnemonic Device dan Jembatan Keledai adalah hal yang sama. Dua istilah tersebut adalah sebutan untuk tekhnik atau cara belajar yang diyakini dapat meningkatkan kualitas ingatan kita jika kita sering berlatih menggunakannya. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa konsep Mnemonic Device adalah mengubahhal yang sulit dihafal” menjadi sesuatu yang “lebih mudah dihafal”. Karena kaitannya dengan kegiatan “hafalan”, maka sebagian orang juga mengenalnya dengan istilah “memory device”.

Related: Arti Ungkapan Can’t Help Dalam Bahasa Inggris

Meski keduanya merupakan hal yang sama, namun Mnemonic Device dan Jembatan Keledai memiliki latar belakang yang berbeda. Istilah “Mnemonic Device” diyakini berasal dari Bahasa Yunani kuno yaitu “mnemonikos” yang berarti “memory” atau “ingatan”. Kata ini juga berhubungan erat dengan nama Dewi Ingatan dalam mitologi Yunani yaitu dewiMnemosyne”. Asal muasal nama ini mungkin dikarenakan seni olah ingatan ini sudah mulai dilakukan oleh filsuf Yunani seperti Plato dan Aristotle sejak dulu kala.

Berbeda dengan asal mula nama Mnemonic Device, istilah Jembatan Keledai dipercaya berasal dari tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia yaitu Tan Malaka. Pada masa perjuangan menuju kemerdekaan negara kita, banyak tokoh pahlawan yang harus bergerak secara sembunyi-sembunyi untuk menghindari pasukan penjajah. Akibatnya, para pejuang pun tidak mungkin membawa barang terlalu banyak, termasuk buku atau alat tulis. Sebagai solusi nya, Datuk Tan Malaka pun menggunakan metode menghafal dengan cara meringkas informasi menjadi sesuatu yang lebih mudah diingat. Ia pun akhirnya menamai metode ini sebagai “Jembatan Keledai” yang kita kenal hingga saat ini. Salah satu contoh Jembatan Keledai yang terkenal sejak saat itu misalnya istilahSUPER SEMAR” yang merupakan singkatan dari “Surat Perintah Sebelas Maret”.

Jenis Mnemonic Device (Jembatan Keledai)

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa Mnemonic Device bisa muncul dalam berbagai bentuk. Hal inilah yang kita kenal sebagai tipe atau jenis Mnemonic Device. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya:

1.Music Mnemonics

Kita bisa memanfaatkan music sebagai Mnemonic Device untuk membantu kita menghafal atau mengingat sesuatu. Contoh sederhana dari penggunaan music sebagai Mnemonic Device adalah lagu anak-anak yang digunakan untuk membantu menghafal Alfabet.

2.Name Mnemonics

Yang dimaksud dengan Name Mnemonics adalah proses dimana kita membentuk sebuah “kata baru (dapat berupa nama orang atau nama sesuatu)” dengan memanfaatkan huruf awal dari suatu konsep yang perlu kita hafalkan. Contoh dalam Bahasa Inggris misalnya “ROY G BIV” yang kepanjangannya “Red, Orange, Yellow, Green, Blue, Indigo, Violet).

3.Expression or Word Mnemonics

Hampir sama dengan “Name Mnemonics”, Expression or Word Mnemonics juga memanfaatkan bagian awal dari kata-kata dalam konsep yang ingin kita singkat dan membentuk sebuah frasa atau kalimat dari hal itu. Contoh dalam Bahasa Indonesia nya adalah “MeJiKuHiBiNiU” untuk singkatan warna pelangi. Contoh dalam Bahasa Inggris nya misalnya “FANBOYS” yang merupakan singkatan dari tujuh Coordinating Conjunction (For, And, Nor, But, Or, Yet, So).

4.Model Mnemonics

Model Mnemonics artinya pemanfaatanmodel” untuk membantu kita mengingat sesuatu. Model di sini dapat berupa diagram, grafik, gambar siklus, flowchart, piramida dan sebagainya.

5.Ode Mnemonics / Rhyme Mnemonics

Ode atau Rhyme Mnemonics artinya kita menghafalkan suatu informasi dengan cara mengemasnya menjadi bentuk “poem” atau puisi.

6.Note Organization Mnemonics

Note Organization Mnemonics artinya upaya kita dalam merapihkan catatan untuk membantu kita agar lebih mudah dalam menyerap dan mengingat informasi. Bentuk-bentuk catatan yang bisa digunakan misalnya: flashcard, list (membuat catatan berbentuk daftar) atau tabel.

Jembatan Keledai

7.Image Mnemonics

Image Mnemonics artinya memanfaatkan gambar untuk membantu kita mengingat suatu konsep. Semakin lucu atau berkesan gambar yang kita gunakan, akan semakin mudah bagi kita untuk mengingat konsep yang ingin kita hafalkan. Sebagai contoh, taukah kamu apa itu “Numismatis”? sebagian orang mungkin ada yang belum tau apa arti kata ini. Sekarang sebelum saya memberi tahu sobat arti kata tersebut, bayangkan ada orang yang berusaha berenang di dalam kolam yang penuh berisi koin. Sudah terbayang? Saya rasa sobat mungkin membayangkan “Paman Gober” dan gudang uang nya ya hehe. Nah, itulah yang disebut dengan “Numismatis” sobat, yaitu “pengumpul / pengoleksi uang koin”.

8.Connection Mnemonics

Connection Mnemonics artinya kita mencoba menghubungkan informasi baru yang ingin kita hafalkan dengan pengetahuan yang sudah ada pada diri kita. Contohnya adalah cara membedakan kata Desert dan Dessert, dimana kita akan mengambil huruf S ganda dalam kata “Dessert” dan mengingatnya sebagai konsepSomething Sweet”, karena “Dessert” memang umumnya berupa makanan yang manis.

9.Spelling Mnemonics

Spelling Mnemonics artinya memanfaatkan ejaan untuk membantu kita mengingat suatu konsep (biasanya digunakan untuk mengingat kata yang mengandung ejaan yang sulit untuk diingat). Contoh sederhana misalnya saat kita harus membedakan antara kata Principal dan Principle. Kita bisa menyederhanakannya dengan konsep “Principal is your Pal” dan “Principle is rule” yang mengandung persamaan ejaan di bagian akhir kata.

Berbagai Contoh Mnemonic Device (Jembatan Keledai)

Pada bagian ini, kita akan mempelajari beberapa contoh Mnemonics Device atau Jembatan Keledai. Contoh berikut ini saya pisah menjadi dua bagian yaitu contoh Mnemonics Device dalam Bahasa Inggris dan contoh Mnemonics Device dalam Bahasa Indonesia. Silahkan pelajari.

Contoh Mnemonic Device (Bahasa Inggris)

Berikut ini adalah beberapa contoh Mnemonic Device dalam Bahasa Inggris.

Mnemonic Device for Planets

Ada beberapa Mnemonic Device dalam Bahasa Inggris yang bisa kita gunakan untuk menghafalkan urutan nama Planet (Mercury, Venus, Earth, Mars, Jupiter, Saturn, Uranus, Neptune)

Mnemonic Device 1: My Very Educated Mother Just Served Us Noodles

Mnemonic Device 2: Mom Visits Every Monday, Just Stays Until Noon

Example of Spelling Mnemonics

Beberapa kosakata dalam Bahasa Inggris terkadang sulit untuk diingat ejaannya. Akibatnya kita sering sekali salah dalam menuliskan kata-kata tersebut. Berikut ini adalah contoh Mnemonic Device untuk kata-kata yang sulit ejaannya itu.

1.ARITHMETIC: A rat in the house may eat the ice cream

2.GEOGRAPHY: George’s elderly old grandfather rode a pig home yesterday

Mnemonic Device for The Order of Taxonomy

Dalam pelajaran Biologi, kita tentu pernah belajar tata pengklasifikasian makhluk hidup ya. Nah, dalam Bahasa Inggris, kita punya cara mudah menghafal urutan taksonomi nya lho.

The Order of Taxonomy: Kingdom, Phylum, Class, Order, Family, Genus, Species

Mnemonic Device: Kids Prefer Cheese Over Fried Green Spinach

Mnemonic Device for Math Operations

Kalau ada operasi pembagian dan pengurangan dalam satu soal, mana yang harus duluan dikerjakan ya? Hmm bingung ya? Ternyata untuk urutan operasi matematika juga ada Mnemonic Device nya lho.

Order of Math Operations: Parentheses, Exponents, Multiplication, Division, Addition, Subtraction

Mnemonic Device: PEMDAS / Please Excuse My Dear Aunt Sally

Contoh Jembatan Keledai (Bahasa Indonesia)

Nah, sekarang saatnya kita mempelajari beberapa contoh Jembatan Keledai dalam Bahasa Indonesia.

Jembatan Keledai Deret Volta

Sobat tentu kenal Deret Volta ya. Biasanya dalam pelajaran Kimia di tingkat SMA, kita akan diminta untuk menghafalkan nama-nama logam yang muncul dalam deret volta. Padahal jumlahnya cukup banyak lho, coba deh lihat daftar logam deret volta berikut ini: Li K Ba Sr Ca Na Mg Al Mn Zn Cr Fe Cd Co Ni Sn Pb H Sb Bi Cu Hg Ag Pt Au. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Nah, supaya kita lebih mudah dalam menghafalkan nya, yuk kita coba pakai Jembatan Keledai berikut ini:

Jembatan Keledai: Lihat Kalau Baginda Caesar Nanti Meninggal, Alam Mana Zaman Cari Feodalisme, Cadangan Co Nipon Senang Pembagian Harta, Sebab Bikin Cerupuk Hangus Agak Pahit, Auw

Jembatan Keledai Tabel Periodik

Unsur dalam tabel periodik Kimia bisa juga lho kita hafal dengan menggunakan Jembatan Keledai. Contohnya untuk Golongan 1A: H, Li, Na, K, Rb, Cs, dan Fr bisa kita singkat menjadi:

Jembatan Keledai: HaLiNa Kau ReBut Calon Suami Fransiska

Jembatan Keledai Biologi

Dalam pelajaran Biologi, tidak sedikit lho materi yang bisa kita permudah dengan menggunakan Jembatan Keledai. Salah satunya dalam mengingat nama-nama enzim yang ada di lambung (Lipase, Pepsin, Renin dan HCL).

Jembatan Keledai: LaPER HCL

Nah, seperti itulah sobat beberapa contoh Mnemonic Device atau Jembatan Keledai yang ternyata bisa kita manfaatkan untuk memudahkan kita dalam belajar. Jika kamu ingin mencari lebih banyak contoh lainnya lagi, saya yakin sobat bisa menemukannya dengan mudah di internet. Selain itu kita juga bisa lho menciptakan Jembatan Keledai versi kita sendiri, cobain deh, pasti akan lebih mudah kalau kamu yang bikin sendiri cara singkat untuk menghafal sesuatu. Selamat mencoba ya, Semangat!

Sampai ketemu lagi dan jangan lupa kunjungi juga materi terbaru tentang Determiners dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Mnemonic – https://en.wikipedia.org/wiki/Mnemonic – Diakses tanggal 10 Maret 2020
  2. Jembatan Keledai – https://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_keledai – Diakses tanggal 10 Maret 2020
  3. Jembatan Keledai, Metode Mengingat Kreatif Warisan Tan Malaka – https://www.educenter.id/jembatan-keledai-metode-mengingat-kreatif-warisan-tan-malaka/ – Diakses tanggal 10 Maret 2020
  4. 9 Types of Mnemonic for Better Memory – https://www.seattleu.edu/media/learning-assistance-programs/files/9-Types-of-Mnemonics-for-Better-Memorya4b4.pdf – Diakses tanggal 10 Maret 2020
  5. Examples of Mnemonics – https://examples.yourdictionary.com/examples-of-mnemonics.html – Diakses tanggal 10 Maret 2020
  6. 4 Ways to Remember the Order of the Planets in Our Solar System – https://www.wikihow.com/Remember-the-Order-of-the-Planets-in-Our-Solar-System – Diakses tanggal 10 Maret 2020
  7. Belajar Kimia Secara Menarik Untuk SMA/Ma Kelas XII (Hal. 46) – https://books.google.co.id/ – Diakses tanggal 10 Maret 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *