Pengertian Metonymy Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Halo sobat, welcome back! Silahkan ambil buku catatanmu sekarang, karena kali ini kita akan membahas pengertian Metonymy dan contohnya dalam Bahasa Inggris. Bagi pengunjung setia bigbanktheories, mungkin sobat merasa heran ya, kenapa kok kali ini saya meminta sobat menyiapkan buku catatan, nggak seperti biasanya gitu hehe. Alasan nya karena penjelasan tentang Metonymy kali ini bukanlah sebuah materi yang mudah untuk dipahami hanya dengan mempelajarinya sekali lewat saja. Akan ada banyak contoh Metonymy dalam Bahasa Inggris yang perlu sobat catat nantinya dan cari penjelasan lebih detil tentang hal itu di internet.

Metonymy merupakan kata bentukan yang berasal dari sebuah kata dalam Bahasa Yunani yaitu “metonymia” yang berarti “change of name” atau dalam Bahasa Indonesia nya penggantian nama. Secara umum hingga saat ini kita mengenal Metonymy sebagai sebuah kata yang digunakan untuk merujuk pada salah satu jenis figurative language (majas) yang sering digunakan baik dalam karya tulis maupun percakapan langsung. Perlu saya tegaskan bahwa istilah Metonymy dalam kaitannya dengan rhetorical device inilah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. Saya merasa ini perlu di ungkapkan di awal karena ternyata kata “Metonymy” juga digunakan dalam bidang kesehatan, dan ia merujuk pada gejala (symptoms) salah satu penyakit kejiwaan yang kita kenal dengan schizophrenia. Jadi penasaran kan seperti apa pengertian Metonymy itu. Yuk langsung simak penjelasan singkatnya. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Metonymy

Pengertian Metonymy Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Metonymy

Metonymy adalah sebuah figurative language dimana suatu hal atau konsep diwakilkan atau digantikan dengan hal lain yang secara umum dianggap memiliki kaitan yang erat dengan konsep atau hal yang ingin diungkapkan tersebut. Penjelasan Metonymy yang baru saja saya berikan pasti terkesan ribet dan sepertinya harus dibaca ulang untuk bisa memahaminya ya sobat, hehe. Untuk memudahkan sobat memahami pengertian Metonymy ini, ayo kita coba perhatikan contoh Metonymy berikut ini dan membahasnya bersama.

Related: Penjelasan Singkat Dan Contoh Kalimat Indefinite Adjective

Contoh Metonymy: The pen is mightier than the sword.

Jika kita coba pahami makna pernyataan di atas, tentu kita bisa menangkap bahwa apa yang ingin diungkapkan oleh orang yang membuat pernyataan tersebut bukanlah sesuatu yang literal. Dalam artian, tentu tujuannya bukan mengungkapkan bahwa “pena” jauh lebih kuat dari “pedang”. Karena jika pernyataan tersebut kita maknai secara literal, maka kalimat tersebut menjadi tidak bermakna atau istlahnya nggak “make sense”, mengapa begitu? Ya, bagaimana mungkin sebuah pena lebih kuat dibandingkan pedang kan, sudah tentu pedang lah yang lebih kuat.

Intinya, kita pasti bisa menangkap bahwa ada makna tersembunyi di balik pernyataan tersebut. Jika kita pelajari lebih jauh, kata “The pen” dalam kalimat di atas ternyata mewakili konsep lain yaitu “kata-kata” atau dalam Bahasa Inggris nya “Words”, sedangkan kata “The sword” juga mewakili atau menggantikan konsep lain yaitu “kekuatan fisik / adu fisik / perang” atau dalam Bahasa Inggris nya “physical force”. Intinya, yang sebenarnya ingin disampaikan oleh si pembicara dengan pernyataan di atas kira-kira seperti ini sobat: “kata-kata itu jauh lebih kuat daripada adu fisik”.

Jika kita perhatikan, contoh Metonymy yang sedang kita bahas ini bisa dibilang merupakan kata bijak (wise word) ya sobat. Karena terkandung pesan yang dalam di sana. Jika kita pelajari lebih jauh, sepertinya pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa terkadang kata-kata saja sudah cukup untuk menyelesaikan sebuah konflik tanpa perlu adanya peperangan atau kekerasan. Di sinilah letak pembuktian bahwa kata-kata itu lebih kuat dari pada kekuatan fisik.

Berkaitan dengan pengertian Metonymy yang kita bahas di awal, konsep seperti pada contoh inilah yang kita sebut dengan Metonymy sobat, dimana hal yang sebenarnya ingin diungkapkan digantikan atau diwakilkan dengan hal lain, sehingga yang muncul adalah konsep pengantinya. Berikut rinciannya:

Kata-kata – digantikan dengan – The Pen

Kekuatan fisik – digantikan dengan – The Sword

Bagaimana sobat? Mudah ya ternyata memahaminya jika sudah ada contohnya. Sekarang mungkin sobat bertanya-tanya, kenapa harus diganti? Kenapa tidak langsung saja mengungkapkan apa yang ingin dikatakan? Untuk pertanyaan ini jawabannya bisa berbagai macam sobat, tergantung siapa yang menggunakan Metonymy tersebut. Namun biasanya Metonymy digunakan dalam sebuah pernyataan untuk memberikan efek tertentu terhadap ucapan tersebut, bisa jadi untuk menyederhanakan pernyataan, bisa juga untuk memberikan style atau gaya agar ucapan tersebut terkesan lebih indah dan memiliki kesan yang dalam serta berbagai alasan lainnya deh. Intinya, jika sobat bisa memahami cara penggunaan Metonymy, sobat akan bisa menggunakan Bahasa Inggris dengan lebih baik dan keren.

Oh ya, ada yang perlu saya ingatkan agar sobat tidak bingung dalam membedakan antara Metonymy dengan rhetorical device lain yang memiliki kemiripan dengannya. Saat ingin menggunakan sebuah Metonymy, kita sebagai pembicara harus yakin bahwa konsep atau hal yang kita pilih untuk menggantikan poin utama yang ingin dibicarakan itu memiliki keterkaitan yang erat. Seperti misalnya contoh tadi, konsep “The pen” itu kan sebuah alat yang digunakan untuk menulis, jadi ia dianggap identik dengan “words” atau kata-kata. Sedangkan konsep “The sword” memang secara umum kita akui bahwa ia identik dengan peperangan, kekerasan dan kekuatan fisik ya, itulah sebabnya ia bisa menggantikan poin utama yang sebenarnya ingin diungkapkan.

Contoh Metonymy Dalam Bahasa Inggris

Setelah kita memahami definisi Metonymy, kini saatnya kita mengamati beberapa contoh Metonymy dalam Bahasa Inggris. Contoh-contoh yang saya tampilkan di bawah ini merupakan common Metonymy atau dalam Bahasa Indonesia nya bisa kita katakan sebagai contoh Metonymy yang sering digunakan dan sudah dimengerti oleh masyarakat secara umum. Silahkan perhatikan hubungan antara konsep pengganti dengan poin utama yang ia gantikan dalam contoh Metonymy berikut ini.

Thank you very much for this delicious dish. I really appreciate your hospitality.

(Dish – mewakili keseluruhan hidangan)

The white house has announced its new cabinet.

(The white house – mewakili keseluruhan anggota kepresidenan Amerika.)

I really want my Dad to walk me down the aisle, but he is still in the hospital.

(The aisle – mewakili prosesi pernikahan di Gereja)

It is like the journey from here to Timbuktu.

(Timbuktu – mewakili pendapat bahwa sesuatu itu sangat jauh dan sulit dicapai atau suatu hal yang misterius)

He is acting as if he was innocent when the truth is everybody knows that he had a hand in it.

(Hand – mewakili keikutsertaan atau campur tangan terhadap sesuatu.)

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas penjelasan tentang pengertian Metonymy dan contohnya dalam Bahasa Inggris, saya harap penjelasan yang saya sajikan dalam tulisan kali ini bisa sobat pahami dengan mudah. Terimakasih atas waktunya, saya tunggu kunjunganmu selanjutnya. Kalau sobat ingin membaca postingan terbaru di website ini, sobat bisa memulainya dengan artikel berikut ini: Pengertian Metaphor Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Metonymy – https://www.dictionary.com/browse/metonymy – Diakses tanggal 31 Desember 2018
  2. Examples of Metonymy – https://examples.yourdictionary.com/examples-of-metonymy.html – Diakses tanggal 31 Desember 2018
  3. Metonymy: Definition and Examples – https://literaryterms.net/metonymy/ – Diakses tanggal 31 Desember 2018
  4. Metonymy – https://en.wikipedia.org/wiki/Metonymy – Diakses tanggal 31 Desember 2018
  5. Metonymy | figure of speech – https://www.britannica.com/art/metonymy – Diakses tanggal 31 Desember 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *