Pengertian Metaphor Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Membahas pengertian Metaphor dan contohnya dalam Bahasa Inggris bisa jadi merupakan hal yang sedikit membingungkan bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan adanya figurative language (majas) lain yang memiliki kemiripan fungsi dengan Metaphor. Sobat tentunya masih ingat ya, kita pernah menyinggung sedikit tentang hal ini saat kita mendiskusikan tentang Analogy dalam artikel sebelumnya. Dalam artikel tersebut saya sempat menyatakan bahwa sebuah Analogy memang akan terlihat mirip dengan Simile dan Metaphor. Dengan begitu, jika kita balik, maka Metaphor juga memiliki kemiripan dengan kedua rhetorical device yang baru saja saya sebutkan itu.

Metaphor di Indonesia dikenal dengan sebutan “majas metafora”, tidak jauh berbeda ya dengan namanya dalam Bahasa Inggris. Perlu sobat ketahui juga bahwa majas ini ternyata tidak hanya muncul dalam Bahasa Indonesia dan Inggris saja, namun juga dalam berbagai Bahasa lain yang ada di dunia. Tanpa menunda lebih lama lagi, yuk langsung kita simak penjelasan singkat tentang pengertian Metaphor dan contohnya berikut ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Metaphor

Pengertian Metaphor Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Metaphor

Metaphor adalah majas (figurative language) yang digunakan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu hal dengan cara merujuk pada hal lain yang dianggap memiliki karakteristik yang mirip dengan sesuatu atau seseorang yang ingin dideskripsikan tersebut. Perhatikan contoh Metaphor berikut ini:

Related: Resulting Copulas – Pengertian Serta Contoh Kalimatnya

“Her eyes are the stars in the night sky.”

Saat membaca kalimat ini, saya yakin kita semua tidak ada yang membayangkan seorang perempuan yang matanya bersinar seperti lampu senter ya hehe. Inilah yang disebut dengan Metaphor sobat, dimana kita menggambarkan sesuatu dengan menggunakan hal lain sebagai pembanding. Dalam contoh kali ini yang ingin dijelaskan adalah “mata” dan hal yang digunakan sebagai pembanding adalah “bintang”. Pemilihan hal lain yang dijadikan rujukan atau pembanding ini didasarkan kepada kemiripan kualitas atau karakteristik dari kedua hal tersebut. Dalam hal ini, mungkin yang di anggap mirip adalah bahwa “mata” nya itu berbinar dan indah layaknya “bintang” di malam hari.

Setelah mengetahui definisi Metaphor di atas dan juga setelah mengamati contoh nya, saat ini sobat pasti menyadari bahwa makna yang terkandung dalam Metaphor bukanlah makna yang sebenarnya, atau dengan kata lain hanya sekedar makna kiasan. Selain itu, perlu sobat ketahui juga bahwa di dalam Metaphor, kita tidak menggunakan kata “like” atau “as” dalam membandingkan dua hal, karena penggunaan kedua kata tersebut adalah cirri khas dari Simile. Dengan kata lain, saat menggunakan Metaphor kita seolah menyatakan bahwa “A adalah B” sedangkan dalam Simile, sederhananya kita menyatakan bahwa “A seperti B”. Nah, jadi jelas kan sekarang, apa bedanya antara Metaphor dan Simile.

Contoh Metaphor Dalam Bahasa Inggris Dan Terjemahannya

Setelah kita memahami pengertian Metaphor, kini saatnya bagi kita untuk mengamati beberapa contoh Metaphor dalam Bahasa Inggris agar pengetahuan kita semakin luas dan pemahaman kita pun menjadi semakin baik. Silakan amati beberapa contoh yang sudah saya sediakan di bawah ini yang saya lengkapi juga dengan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

The mind is an ocean, no one knows how deep it is.

(Pikiran adalah samudra, tidak ada yang tau seberapa kedalamannya.)

Don’t ever trust her. Her words are venomous snakes.

(Jangan pernah percaya dengannya. Kata-kata nya adalah ular berbisa.)

Her smile is rainbow in the rain.

(Senyumannya adalah pelangi dikala hujan.)

His brain is blank space ever since he got the accident.

(Otak nya adalah ruang kosong semenjak dia mengalami kecelakaan itu.)

Yap, selesai sudah pembahasan materi kita kali ini, saya harap informasi yang saya sajikan dalam tulisan ini bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Itulah tadi penjelasan singkat tentang pengertian dan contoh Metaphor dalam Bahasa Inggris, mudah-mudahan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih atas waktu yang sudah kamu luangkan, jangan lupa baca juga Pengertian Metanoia Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Examples of Rhetorical Devices – https://examples.yourdictionary.com/examples-of-rhetorical-devices.html – Diakses tanggal 28 Desember 2018
  2. Metaphor – https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/metaphor – Diakses tanggal 28 Desember 2018
  3. Metaphor – https://www.urbandictionary.com/define.php?term=metaphor – Diakses tanggal 28 Desember 2018
  4. What is a Metaphor? – https://www.grammarly.com/blog/metaphor/ – Diakses tanggal 28 Desember 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *