Pengertian Metanoia Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Hai sobat, jika kamu sedang mencari artikel yang membahas pengertian Metanoia dan contohnya dalam Bahasa Inggris, kamu berada di tempat yang tepat. Eiits, tapi tunggu dulu, supaya sobat tidak kecewa, perlu saya jelaskan dulu bahwa yang akan kita bahas dalam tulisan kali ini adalah pengertian serta contoh Metanoia dalam kaitannya dengan rhetorical device atau secara sederhananya berkaitan dengan trik atau gaya bahasa. Jadi, kalo kamu sedang mencari pengertian Metanoia yang lain, sebaiknya jangan lanjut baca artikel ini deh, karena saya juga baru tau nih sobat, ternyata istilah Metanoia ini tidak hanya berhubungan dengan istilah linguistic (ilmu bahasa) saja, tapi ia juga memiliki kaitan dengan Teologi atau ilmu keagamaan.

Metanoia awalnya adalah sebuah kata dalam Bahasa Yunani yang berarti “changing one’s mind” atau dalam Bahasa Indonesia nya “merubah pikiran seseorang”. Sekarang istilah ini digunakan untuk menamai salah satu rhetorical device dalam Bahasa Inggris. Seperti apa ya yang dimaksud dengan Metanoia itu? Dari pada penasaran, yuk langsung saja kita temukan penjelasan singkatnya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Metanoia

Pengertian Metanoia Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Metanoia

Metanoia adalah istilah dalam rhetorical device yang merujuk pada tindakan perbaikan yang bersifat mandiri atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan istilah “self-correctionterhadap ucapan atau tulisan kita sendiri. Ada beberapa istilah lain yang juga digunakan untuk merujuk pada hal ini yaitu: Epanorthosis, Correctio dan the figure of afterthought. Secara sederhana kita bisa mengatakan bahwa Metanoia adalah tindakan dimana seorang pembicara “dengan sengaja” dan “secara sadarmemodifikasi atau merubah pernyataan atau kalimat yang baru saja dia ucapkan. Hal ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menegaskan (to strengthen) atau untuk melembutkan (to soften) ucapan tersebut. Perhatikan contoh Metanoia berikut ini:

Related: Verbal Phrase Dalam Bahasa Inggris Dan Jenis Jenisnya

“You are the kindest person in this room, No, in this entire building.”

Pada kalimat di atas, bagian saat si pembicara mengatakan “No, in this entire building” inilah yang kita sebut dengan Metanoia sobat. Terlihat jelas ya bagi kita bahwa si pembicara melakukan revisi atau perbaikan terhadap pernyataannya yang lebih dulu ia ucapkan yaitu “You are the kindest person in this room”. Dengan menggunakan Metanoia dalam ucapannya, si pembicara memberikan tambahan penekanan (strengthen) terhadap “kualitas kebaikan” orang yang sedang dia bicarakan ini. Mungkin kalau dalam Bahasa Indonesia, kalimat di atas bisa kita ungkapkan dengan cara seperti ini sobat: “Kamu itu ya, orang paaaaliiing baik di ruangan ini, eh enggak, bahkan di seluruh gedung ini”.

Bagaimana sobat? Tidak sulit ya ternyata konsepnya.

Oh ya, ada sedikit tambahan yang perlu sobat ketahui. Meski dari pengertiannya Metanoia adalah tindakan perbaikan (correction), namun yang di maksud di sini adalah perbaikan terhadap pernyataan yang baru saja di ucapkan, sehingga antara perbaikan dan pernyataan awalnya memang terlihat sengaja dimunculkan secara bersamaan. Dengan begini bisa kita katakan juga bahwa Metanoia cenderung terjadi dalam percakapan langsung jika dibandingkan dengan bentuk tertulis.

Contoh Metanoia Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini saya tampilkan beberapa contoh Metanoia dalam Bahasa Inggris. Silahkan dibaca pelan-pelan agar sobat bisa menangkap bagian mana sebenarnya yang merupakan poin yang direvisi dalam masing-masing contoh tersebut.

“always try to help, or at least to do no harm” – Hippocratic Oath

“This new invention will change the live of thousands of people, or at least the live of our family.”

“Your  hairdo is unique, or strange.”

“The wildfire killed tens of animals, no, hundreds.”

Oke deh sobat, itulah beberapa contoh Metanoia dalam Bahasa Inggris, mudah-mudahan bermanfaat. Saya akhiri pembahasan materi kali ini, jangan lupa kunjungi lagi website ini besok untuk tetap terus mengikuti update artikel nya. Terimakasih banyak untuk waktu yang sudah kamu luangkan kali ini, selanjutnya silakan baca Pengertian Litotes Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Examples of Rhetorical Devices – https://examples.yourdictionary.com/examples-of-rhetorical-devices.html – Diakses tanggal 27 Desember 2018
  2. Metanoia: Definition and Examples – https://literaryterms.net/metanoia/ – Diakses tanggal 27 Desember 2018
  3. Definition and Examples of Metanoia – https://www.thoughtco.com/metanoia-rhetoric-term-1691311 – Diakses tanggal 27 Desember 2018
  4. Metanoia (rhetoric) – https://en.wikipedia.org/wiki/Metanoia_(rhetoric) – Diakses tanggal 27 Desember 2018
  5. Metanoia – https://course-notes.org/english/rheotical_devices/metanoia – Diakses tanggal 27 Desember 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *