Pengertian, Jenis Dan Contoh Phrase Dalam Bahasa Inggris


Phrase atau yang dalam Bahasa Indonesia kita sebut “Frasa” bukan merupakan hal baru lagi bagi pelajar, terutama yang sering berkunjung ke website bigbanktheories.com ini. Meskipun sudah banyak yang mengenal istilah ini, namun kami yakin masih banyak juga yang membutuhkan materi yang berisi penjelasan tentang seperti apa yang dimaksud dengan “Phrase” dalam Bahasa Inggris itu, mulai dari pengertian phrase, jenis jenis nya, hingga contoh phrase untuk masing masing jenis tersebut.

Karena menyadari hal ini, kami pun memutuskan untuk merangkum berbagai penjelasan materi Bahasa Inggris yang berhubungan dengan phrase dan menyajikannya dalam artikel ini. Maskipun hanya penjelasan singkat, namun kami harap apa yang kami tampilkan telah mewakili bagian bagian penting yang perlu sobat ketahui seputar phrase dalam Bahasa Inggris. Selamat mempelajari materi baru ini. – Bigbanktheories.com

Type Of Phrase In English

Phrase Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Phrase

Phrase adalah sebuah kelompok kata (kumpulan beberapa kata yang memiliki hubungan), yang mengekspresikan suatu konsep yang bermakna, terkadang mengandung makna khusus yang bersifat idiomatic, berfungsi sebagai suatu unit atau bagian dari clause atau sentence, serta tidak mengandung pasangan subject-verb sehingga tidak memenuhi syarat untuk disebut sebagai sebuah clause. Phrase bisa berbentuk sangat panjang dan bisa juga pendek, contohnya:

Related: Ternyata Ini Perbedaan Dan Cara Penggunaan Kata So Dan Too

A dog / A wet and stinky dog.

Kedua contoh di atas meski berbeda panjangnya namun sama sama termasuk kedalam phrase, bahkan jika kita sudah sangat mahir menggunakan kosakata dalam Bahasa Inggris, sebuah phrase bisa dibentuk dengan lebih panjang lagi.

Berbagai Jenis Phrase Dan Contohnya

Berdasarkan kosakata yang menjadi fokusnya atau yang mengepalainya, phrase dalam Bahasa Inggris bisa dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini penjelasan untuk masing masing jenis phrase tersebut beserta contohnya.

Noun Phrase

Sebuah noun phrase terdiri dari atau meliputi beberapa hal berikut ini: Noun (person, place, thing) , dan modifier (determiner, adjective, participle).

Contoh Noun Phrase: a handsome English teacher, a funny youtuber, a smart and rich blogger

Verb Phrase

Sebuah verb phrase merupakan kumpulan dari beberapa verb, sehingga bisa merupakan gabungan dari beberapa unsure berikut: Auxiliary verb, main verb.

Contoh Verb Phrase: had cleaned, should have been waiting, must wash

Adjective Phrase

Adjective phrase merupakan sebuah frasa yang terdiri dari hal hal seperti berikut ini: adjective, modifier, determiner, intensifier.

Contoh Adjective Phrase: very handsome, smooth and crunchy, curly and black

Adverbial Phrase

Sebuah adverbial phrase dibangun disekitar adverb dengan menambahkan kata sebelum atau setelahnya.

Contoh Adverbial Phrase: very slowly, as fast as possible

Prepositional Phrase

Prepositional phrase merupakan jenis phrase yang terdiri daro preposition dan object serta berfungsi sebagai adverb.

Contoh Prepositional Phrase: on time, at the parking area, between you and me

Infinitive Phrase

Infinitive phrase akan dimulai dengan sebuah infinitive (to + simple verb), terkadang dilengkapi juga dengan object atau modifier untuk melengkapi maknanya. Infinitive phrase ini bisa berfungsi sebagai noun, adjective ataupun adverb.

Contoh Infinitive Phrase: to walk through the door, to hear the news, to slurp the noodle

Gerund Phrase

Gerund phrase adalah jenis phrase yang terdiri dari gerund dan modifier, bisa juga diikuti dengan noun, pronoun atau noun phrase, serta berfungsi sebagai noun.

Contoh Gerund Phrase: getting the highest prize, giving discount, walking in the rain

Participle Phrase

Participle phrase atau participial phrase akan dimulai dengan sebuah present participle atau past participle. Jika participle nya dalam present, maka akan berakhiran –ing, dan jika participle nya dalam past maka akan berakhiran –ed, kemudian akan dilengkapi lagi dengan object dan modifier.

Contoh Participle Phrase: flexing his muscle, ripped from a notebook

Appositive Phrase

Appositive phrase bisa berupa noun phrase, gerund phrase, ataupun infinitive phrase yang digunakan untuk menerangkan noun atau pronoun lain.

Contoh Appositive Phrase: sailing across the ocean, the best-selling smartphone in the market

Absolute Phrase

Sebuah absolute phrase menggabungkan sebuah noun dan sebuah participle dengan disertai modifier atau object.

Contoh Absolute Phrase: his finger dancing over the guitar strings

Oke sobat, kami akhiri dulu sampai disini pembahasan materi tentang pengertian, jenis dan contoh phrase dalam Bahasa Inggris, semoga bisa dipahami dengan mudah. Jika kamu membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai masing masing jenis phrase yang telah kami sebutkan di atas, kamu bisa menemukannya juga di website ini dengan meng-klik link yang telah kami sediakan. Terimakasih untuk kunjungannya dan sampai jumpa lagi di artikel lainya.

Referensi:

  1. Pengertian, Macam dan Contoh Kalimat Phrase (Frasa Bahasa Inggris) – http://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-phrase – Diakses tanggal 7 Januari 2017
  2. The Phrase – http://www.chompchomp.com/terms/phrase.htm – Diakses tanggal 7 Januari 2017
  3. Phrases – https://en.oxforddictionaries.com/grammar/phrases – Diakses tanggal 7 Januari 2017
  4. Phrase Examples – http://examples.yourdictionary.com/phrase-examples.html – Diakses tanggal 7 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *