Pengertian, Jenis Dan Contoh Letter Dalam Bahasa Inggris


Mengetahui pengertian letter dalam Bahasa Inggris serta memahami jenis dan contoh letter mungkin menjadi satu hal penting bagi pelajar terutama siswa dan siswi SMP. Hal ini karena materi Bahasa Inggris tentang pengertian letter dan jenisnya kini menjadi salah satu materi yang muncul dan menjadi soal dalam ujian nasional SMP.

Sebenarnya tidak sulit untuk tau pengertian dan jenis letter dalam Bahasa Inggris, karena sudah sangat banyak yang membahasnya di internet. Namun sayangnya, terkadang beberapa penjelasan tentang letter dalam Bahasa Inggris yang tersedia di internet tidak lengkap, karena terkadang ada beberapa pembahasan tentang materi letter ini yang tidak mengikut sertakan contoh – contoh letter yang benar – benar digunakan dalam keseharian, atau juga ada yang tidak mengikutkan pembagian jenis letter dalam pembahasannya.

Untuk itulah kami mencoba mengumpulkan penjelasan tentang letter dalam Bahasa Inggris yang bisa kami temukan baik di internet maupun di buku dan kemudian mengumpulkannya menjadi satu dalam artikel ini. Meskipun pembahasan kami tentang pengertian, jenis dan contoh letter dalam Bahasa Inggris ini masih jauh dari sempurna, namun harapan kami artikel ini tetap bisa membantu memberikan pemahaman akan materi Bahasa Inggris SMP tentang pengertian letter dan jenisnya. – Bigbanktheories.com

Related: Modifikasi Soal EBTANAS Bahasa Inggris SMP Seri 7
Jenis Dan Contoh Letter Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Dan Contoh Letter Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan Lengkap Tentang Letter Dan Jenisnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian letter text dalam Bahasa Inggris : letter atau surat jika dilihat dari pengertian umumnya adalah sebuah sarana komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari suatu pihak kepada pihak lain. Penggunaan letter atau surat mencakup banyak sekali kepentingan, misalnya saja letter tentang undangan pertemuan, complaint letter (surat pengaduan), contract letter (surat kontrak), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dulu, letter atau surat biasanya dikirim melalui kantor pos. Jika kita mengirim surat melalui kantor pos, kita akan membutuhkan amplop dan perangko yang berfungsi sebagai penggantian biaya jasa pengiriman. Tapi sekarang jasa pengiriman surat atau letter sudah sangat banyak tersedia, tapi mungkin tidak perlu sebut merek ya hehe.

Nah, ternyata berdasarkan kepentingan dan pengirimnya, letter dibagi menjadi tiga jenis. Berikut ini adalah jenis – jenis letter dalam Bahasa Inggris beserta masing – masing penjelasan dan contohnya.

Personal Letter (Surat Pribadi)

Personal letter atau surat pribadi adalah surat yang berisi masalah atau kepentingan pribadi seseorang. Umumnya personal letter akan menggunakan bahasa yang informal. Dalam membuat surat pribadi kita bisa memperhatikan bagian – bagian surat pribadi berikut ini :

Heading : Umumnya berisi tanggal surat dan alamat pengirim.

Greeting : Sapaan bagi si penerima surat, biasa dikenal juga dengan istilah “salutation”, misalnya “Dear Kiki”

Body : Isi surat yang menceritakan kepentingan pribadi orang tersebut.

Closing : Berisi salam penutup dari pengirim bagi penerima surat.

Signature and Name : Bagian tanda tangan dan nama pengirim juga bisa kita tambahkan kedalam sebuah surat pribadi atau Personal Letter.

Contoh Personal Letter Dalam Bahasa Inggris

Kenali Village

May 24, 2016

Dear Zenny,

I am sorry about our dinner last night. It was all my fault, I didn’t come on time because I was so busy at work. How about going out with me tonight to replace our dinner? I will not be late this time, I promise. I’d like to apologize again for our dinner last night.

Your Friend,

Danny

Nah seperti itulah contoh personal letter singkat dalam Bahasa Inggris. Sekarang kita akan membahas jenis letter yang lainnya.

Social Letter (Surat Sosial)

Social letter atau surat social adalah surat yang dibuat saat seseorang atau sebuah instansi ingin mempererat hubungan antara keduanya. Dengan kata lain, social letter bertujuan untuk mempererat hubungan antar individu atau instansi baik dalam kerjasama maupun silaturahmi atau hubungan masyarakat. Jenis surat ini dapat juga dipakai antar kerabat atau teman dekat, dan meskipun bersifat santai dan cenderung informal, namun dalam penulisannya masih memperhatikan penggunaan tanda baca yang tepat.

Contoh Social Letter Dalam Bahasa Inggris

Boemi Manti 2
Gedaton,
Lumbung.

24th May 2016.

Dear Gide,

I am very happy when i know that you win the Young Scientist Award for popularization of linguistic. Your articles on linguistic topics like Second Language acquisition, Psycholinguistic, Syntax, Semantic and English For Kids have become very popular, especially among the language teacher. Some of these articles have finaly found their way into text-books. You have inspired a lot of linguist to start their own research. For your insightfulness and valuable contribution, a science-journal has noted that you are the new Chomsky.

You have made all your college-mates proud. May you continue to succeed and make a mark in the international field?

Let the Almighty bless you with more success!

Yours sincerely,

Pradata Rakha

Business Letter (Surat Bisnis)

Business Letter atau surat bisnis adalah surat yang digunakan dalam kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan. Biasanya surat ini berfungsi sebagai media penghubung antara organisasiatau perusahaan dengan klien atau rekan kerja. Banyak sekali contoh yang termasuk kedalam business letter ini, misalnya saja : surat perintah kerja, surat perjanjian, surat pemberhentian hubungan kerja dan lainnya.

Contoh Business Letter Dalam Bahasa Inggris

Business Letter

Contoh Business Letter

Sekian dulu pembahasan tentang Pengertian, Jenis Dan Contoh Letter Dalam Bahasa Inggris, dengan rangkuman materi tentang letter dalam Bahasa Inggris ini kami berharap bisa membantu sobat semua untuk dapat mempelajari materi Bahasa Inggris SMP tentang Letter. Jika masih ada kekurangan dalam artikel ini, kami mohon maaf, sampai jumpa di artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *