Pengertian Intensive Pronoun Serta Contoh Penggunaannya


Sobat sudah tau belum apa yang dimaksud dengan intensive pronoun? Bagi beberapa orang mungkin ini pertama kalinya mendengar istilah intensive pronoun dalam materi Bahasa Inggris, jadi sangat wajar jika kamu belum mengetahui penjelasan lengkapnya. Bahkan bagi yang sudah pernah mengenal dan mempelajari materi ini pun, tidak sedikit yang masih bingung dalam membedakan antara intensive pronoun dengan reflexive pronoun, karena keduanya memang memiliki kesamaan.

Apapun alasanmu saat mencari penjelasan tentang materi ini, kami harap dengan artikel yang kami sediakan kali ini akan bisa membantumu dalam memahami pengertian serta cara menggunakan intensive pronoun dalam kalimat dengan tepat. Setelah membaca artikel ini, kami harap sobat juga bisa membedakan intensive pronoun dengan reflexive pronoun yang selama ini masih membingungkan bagi banyak orang. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Intensive Pronoun

Pengertian Intensive Pronoun Serta Contoh Penggunaannya

Intensive Pronoun

Intensive pronoun adalah jenis pronoun (kata ganti) yang kita gunakan untuk memberi penekanan kepada subject atau antecedent dari sebuah kalimat. Subject atau antecedent ini bisa berupa noun ataupun pronoun, dan intensive pronoun ini adalah kata ganti yang merujuk kepada noun atau pronoun tersebut. Umumnya, jenis pronoun ini muncul langsung setelah subject atau antecedent dari sebuah kalimat.

Related: Berbagai Preposition Combinations Dalam Bahasa Inggris

Intensive pronoun terkadang disebut juga dengan pronoun yang berakhiran self atau selves, hal ini karena pronoun yang tergolong kedalam intensive pronoun memiliki akhiran –self atau –selves. Berikut ini adalah kosakata yang termasuk kedalam intensive pronoun: myself, yourself, herself, himself, itself, yourselves, ourselves, dan themselves. Setelah melihat pronoun yang kami sebutkan di atas, mungkin sobat menyadari bahwa seluruh pronoun tersebut sama dengan pronoun yang tergolong kedalam reflexive pronoun, lalu apa bedanya? Ataukah memang keduanya sama saja? Simak penjelasan singkat berikut ini.

Intensive pronoun yang berfungsi memberi penekanan dalam sebuah kalimat bukanlah merupakan bagian yang penting dalam kalimat tersebut, jadi seandainya pun dihilangkan, tidak akan mempengaruhi makna kalimat. Hal ini berbeda dengan reflexive pronoun, karena di dalam sebuah kalimat, reflexive pronoun memiliki peranan yang penting (umumnya digunakan sebagai direct object), sehingga kita tidak bisa menghilangkannya dari suatu kalimat. Pelajari lebih jauh tentang perbedaan antara intensive dan reflexive pronoun dalam artikel yang telah kami sediakan.

Contoh Penggunaan Intensive Pronoun Dalam Kalimat

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat intensive pronoun, perhatikanlah letak dari intensive pronoun tersebut, kemudian coba hilangkan pronoun itu dari contoh kalimat di bawah ini, lalu pertanyakanlah, apakah makna kalimat tersebut masih utuh? Jika iya, maka contoh yang kami bagikan di bawah ini memang benar menggunakan intensive pronoun.

Mr. Lupito served dinner for the president himself.

Did you yourself lift the box?

I myself like to stay awake until midnight.

Thalia herself is fixing the fan.

The cat itself consumed the poison.

The racers themselves risk their life.

Oke deh sobat, itulah tadi beberapa contoh penggunaan intensive pronoun dalam kalimat. Bagaimana sobat, apa kamu sudah menguji kebenaran contoh kalimat yang kami tampilkan? Jika sudah, tentu kamu sekarang mengerti ya bagaimana sebenarnya cara penggunaan intensive pronoun yang tepat, setelah ini jika kamu mempelajari materi tentang reflexive pronoun, kamu pun akan bisa membedakan cara penggunaan kedua jenis pronoun ini dengan mudah, meski keduanya terdiri dari pronoun yang sama.

Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, kami mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penjelasan materi yang kami berikan. Semoga informasi dalam artikel kali ini bermanfaat bagimu serta bisa menambah wawasanmu seputar pelajaran Bahasa Inggris. Terus semangat belajar dan sampai jumpa dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. What is an Intensive Pronoun? – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/intensive-pronouns/ – Diakses tanggal 15 Februari 2017
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Intensive Pronoun – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-intensive-pronouns – Diakses tanggal 15 Februari 2017
  3. What is an Intensive Pronoun? – https://www.grammarly.com/blog/intensive-pronouns/ – Diakses tanggal 15 Februari 2017

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *