Pengertian Hyperbole Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Hai sobat, melalui artikel kali ini kita akan mempelajari pengertian salah satu figurative language (majas) dalam Bahasa Inggris yang dikenal dengan nama Hyperbole beserta contoh penggunaannya dalam kalimat. Untuk rhetorical device yang satu ini saya yakin banget sobat sudah mengenalnya dengan baik ya, karena kita pun memiliki istilah yang sama dalam Bahasa Indonesia untuk hal ini, dan kita sangat sering menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kita mengenalnya dengan sebutan “majas Hiperbola”. Bagaimana sobat, sudah pernah belajar tentang majas ini kan sebelumnya?

Hyperbole dibentuk dari sebuah kata dalam Bahasa Yunani yaitu “huperbole” yang jika diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris artinya “excess = kelebihan”. Jika sobat mencari synonyms dari kata Hyperbole, maka yang akan sobat temukan adalah kata “overstatement” yang artinya “pernyataan berlebihan”. Dengan begitu, kata ini kata ini pun memiliki Antonyms yaitu “understatement” yang berarti “meremehkan” atau bisa juga kita bilang “mengecilkan / merendahkan”. Perlu sobat ketahui juga bahwa dalam Bahasa Inggris figure of speech yang satu ini juga dikenal dengan sebutan “auxesis”. Penasaran dengan penjelasan lengkap dan contohnya? Yuk langsung aja kita simak di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Hyperbole

Pengertian Hyperbole Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Hyperbole

Hyperbole adalah majas dimana suatu hal diungkapkan dengan cara yang berlebihan (exaggeration) dengan tujuan memberi penekanan terhadap informasi dalam kalimat tersebut. Kita juga bisa mengatakan bahwa Hyperbole (majas Hiperbola) merupakan gaya dalam menulis atau berbicara yang membuat sesuatu atau seseorang menjadi terdengar atau tampak lebih baik, lebih besar, atau lebih mengaggumkan dari kenyataannya. Salah satu contoh Hyperbole misalnya:

Related: Exclamation Mark Adalah Tanda Seru Dalam Bahasa Inggris

“Where have you been? I’ve been waiting for years in front of your door.”

Jika kita lihat dari kalimat tersebut, sebenarnya yang ingin diungkapkan oleh sang pembicara adalah bahwa “ia telah menunggu begitu lama”, meski memang kita pun tau bahwa tidak mungkin dia menunggu bertahun-tahun di depan pintu seseorang, namun dia membesar-besarkan fakta “lamanya dia menunggu” dengan membuat pernyataan bahwa “dia telah menunggu bertahun-tahun”. Inilah yang kita sebut dengan Hyperbole sobat, dimana suatu pernyataan terkesan “berlebihan” atau bahasa gaulnya “lebay” hehe.

Saya yakin sekali bahwa kita pun sangat sering ya menggunakan figurative language yang satu ini di keseharian kita. Jika kita perhatikan, ternyata penggunaan Hyperbole tidak hanya muncul dalam percakapan langsung di keseharian kita lho namun juga dalam bentuk karya tulis. Tapi ingat, karena sifatnya yang melebih-lebihkan sesuatu, maka majas Hyperbole tidak bisa kita gunakan dalam karya tulis yang bersifat ilmiah seperti skripsi atau penelitian ya.

Contoh Hyperbole Dalam Bahasa Inggris

Setelah membaca penjelasan tentang pengertian Hyperbole di atas, kurang lengkap rasanya jika tanpa contoh-contohnya dalam Bahasa Inggris. Untuk itu saya sudah menyiapkan beberapa contoh Hyperbole dalam Bahasa Inggris yang bisa sobat amati di bawah ini:

“I think my head is gonna explode.”

(Kurasa kepalaku akan meledak.)

“I can’t go out with you right now, I’ve got mountains of laundry waiting at home.”

(Saya tidak bisa pergi bersamamu sekarang, ada tumpukan cucian menggunung menanti saya di rumah.)

“If I get bad score this time, my mom is gonna kill me.”

(Kalau saya dapat nilai jelek kali ini, ibu saya akan membunuh saya.)

“At this rate, the download is gonna be complete next year.”

(Dengan kecepatan seperti ini, proses mengunduh ini akan selesai tahun depan.)

Yap, selesai sudah penjelasan singkat tentang Hyperbole dan contohnya dalam Bahasa Inggris kali ini, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih banyak untuk waktu yang kamu luangkan kali ini, saya harap sobat semua menyukai isi artikel ini. Jika sobat merasa informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan nya di akun-akun sosmed kamu ya. Sampai jumpa lagi dan jangan lupa, Check this one out: Pengertian Epizeuxis Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Examples of Hyperbole – https://examples.yourdictionary.com/examples-of-hyperboles.html – Diakses tanggal 20 Desember 2018
  2. Hyperbole – https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/hyperbole – Diakses tanggal 20 Desember 2018
  3. Hyperbole – Examples and Definition of Hyperbole – https://literarydevices.net/hyperbole/ – Diakses tanggal 20 Desember 2018
  4. Hyperbole – https://en.wikipedia.org/wiki/Hyperbole – Diakses tanggal 20 Desember 2018
  5. Hyperbole – https://www.dictionary.com/browse/hyperbole – Diakses tanggal 20 Desember 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *