Pengertian Epithet Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Hai sobat, dalam artikel kali ini kita akan mempelajari pengertian Epithet beserta contohnya dalam Bahasa Inggris. Materi kali ini akan sangat bermanfaat untuk kamu baca, terutama jika sobat benar-benar serius ingin mengasah skill Bahasa Inggris yang sobat miliki. Penjelasan serta contoh penggunaan Epithet yang saya sajikan di bawah ini akan bisa membantu sobat untuk maju selangkah lebih dekat pada penguasaan pemahaman akan rhetorical device dalam Bahasa Inggris yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi pengguna Bahasa Inggris yang terkesan natural.

Epithet merupakan kata yang berasal dari Bahasa Yunani yaitu “epitheton” yang berarti “tambahan atau atribut”. Jika kita terjemahkan dengan menggunakan Google Translate, maka arti Epithet dalam Bahasa Indonesia adalah “Julukan”. Berawal dari pengertiannya ini, sepertinya sudah ada sedikit gambaran ya sobat di pikiran kita tentang apa yang dimaksud dengan Epithet itu. Untuk meyakinkan kebenaran dugaan yang sekarang ada di pikiranmu, yuk langsung saja baca penjelasan singkat tentang Epithet berikut ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Epithet

Pengertian Epithet Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Epithet

Epithet adalah rhetorical device yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu tempat, suatu hal atau seseorang dengan cara memberi julukan atau menamai hal yang dideskripsikan tersebut. Secara sederhana, kita bisa mengatakan bahwa Epithet adalah “julukan”. Sekedar tambahan info bagi sobat pembaca semua, beberapa sumber ada pula yang mendefinisikan Epithet sebagai “descriptive nickname”, “descriptive title” serta “byname”, yang pada intinya sama saja, yaitu julukan.

Related: Contoh Dan Perbaikan Squinting Modifiers Dalam Kalimat

Setelah mengetahui definisi Epithet di atas, sobat mungkin menjadi semakin ingin tau ya contoh Epithet itu seperti apa. Salah satu contoh yang mungkin semua orang sudah pernah mendengarnya adalah “Alexander the Great”. Pada contoh tersebut, yang merupakan contoh Epithet adalah “the Great”. Inilah yang dimaksud dengan julukan yang mendeskripsikan sesuatu sobat, dimana ungkapan “the Great” memberikan deskripsi terhadap sang tokoh. Dengan adanya julukan atau Epithet tersebut, orang yang mendengarnya akan tau betapa “Great = agung / luar biasa / hebat” nya sang tokoh “Alexander” ini.

Sekarang saya yakin sobat semua pasti sudah mengerti deh apa yang dimaksud dengan Epithet itu dan mungkin saat ini sobat bahkan sudah mulai memikirkan contoh-contoh Epithet lain yang mungkin selama ini sudah pernah kamu dengar atau lihat. Oh ya, sekedar mengingatkan, antara Epithet dan nickname, menurut saya perlu kita bedakan ya sobat. Karena, jika misalnya namamu adalah “Cassandra” namun orang-orang terdekatmu memanggilmu “Cassy”, bagi saya itu bukan merupakan contoh Epithet, namun merupakan contoh nickname. Mengapa begitu? Kembali lagi ke definisi dari Epithet itu sendiri sobat, yaitu rhetorical device yang digunakan untuk “mendeskripsikan”. Contoh panggilan nama “Cassy” tadi, tidak mendeskripsikan apa-apa terhadap siapa-siapa, itu hanya sekedar nama pendek, itulah sebabnya bagi saya contoh itu tidak bisa kita golongkan kedalam Epithet. Cukup jelas ya sobat.

Contoh Epithet Dalam Bahasa Inggris

Contoh Epithet di bawah ini merupakan beberapa contoh yang menurut saya sudah akrab di telinga sobat pembaca semua. Saya sengaja memilih beberapa contoh berikut ini dengan harapan agar sobat bisa lebih mudah dalam memahami bagaimana sebenarnya contoh penggunaan Epithet dalam keseharian kita selama ini.

Grey-eyed Athena – Goddess Athena

Swift-footed Achilles – Achilles

Abraham Lincoln The Great Emancipator – Abraham Lincoln

Constantine the Great – Constantine I

The father of the English language – Geoffrey Chaucer

Michael Jackson The King of Pop – Michael Jackson

Paul the Octopus – Paul Pogba

The Doctor 46 – Valentino Rossi

The Great Houdini – Harry Houdini

Dwayne Johnson “The Rock” – Dwayne Johnson

The Magnificent Burj Khalifa – Burj Khalifa

Chocolate Capital of the World – Brussels

The horn of Africa – Djibouti, Eritrea, Ethiopia and Somalia

Itulah tadi beberapa contoh Epithet yang bisa saya tampilkan, jika sobat membutuhkan lebih banyak contoh lagi silahkan langsung saja coba cari di google ya. Terimakasih sudah membaca tulisan ini hingga selesai, semoga informasi yang ada di dalamnya bermanfaat bagimu. Saya akhiri sampai di sini pembahasan materi kali ini, sampai ketemu lagi dan jangan lupa baca juga Pengertian Epanalepsis Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Epithet – Examples and Definition of Epithet – https://literarydevices.net/epithet/ – Diakses tanggal 18 Desember 2018
  2. Epithet – https://www.vocabulary.com/dictionary/epithet – Diakses tanggal 18 Desember 2018
  3. Epithet – https://en.wikipedia.org/wiki/Epithet – Diakses tanggal 18 Desember 2018
  4. Epithet Examples – http://www.softschools.com/examples/grammar/epithet_examples/139/ – Diakses tanggal 18 Desember 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *