Pengertian Epanalepsis Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Selamat pagi sobat, dalam tulisan kali ini saya akan membahas pengertian Epanalepsis dan contohnya dalam Bahasa Inggris. Bagi sobat yang sebelumnya sudah pernah membaca penjelasan tentang Epanalepsis, mungkin kamu akan setuju dengan saya saat saya bilang bahwa membuat contoh Epanalepsis itu tidak semudah membuat contoh figurative language (majas) yang lain.

Epanalepsis berasal dari kata dalam Bahasa Yunani yaitu “epanalipsis” yang berarti pengulangan (repetition). Dari beberapa sumber yang saya temukan di internet, sepertinya salah satu contoh Epanalepsis yang terkenal adalah ucapan “The king is dead; long live the king”. Jika kita perhatikan dari ucapan tersebut, ternyata memang ada bagian yang diulang ya sobat, yaitu “The king”. Wah, jadi penasaran ya, seperti apa sih sebenarnya Epanalepsis ini, apa benar ia berkaitan dengan pengulangan elemen dalam sebuah kalimat? Untuk menemukan jawabannya, baca deh penjelasan singkat yang sudah saya siapkan di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Epanalepsis

Pengertian Epanalepsis Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Epanalepsis

Epanalepsis adalah istilah yang digunakan dalam rhetorical device untuk merujuk pada tindakan pengulangan kata (word) atau frasa (phrase), yang muncul di bagian awal sebuah klausa (clause) atau kalimat (sentence), di akhir klausa atau kalimat tersebut. Mendengar definisi ini, mungkin sobat jadi teringat dengan pengertian Antimetabole ya, yang sama-sama merupakan tindakan pengulangan elemen dalam suatu kalimat. Namun perlu kita perhatikan ya sobat agar tidak rancu, dalam Epanalepsis, bagian yang diulang akan dituliskan sama persis tanpa ada pembolak-balikan dari segi susunan kata nya. Misalnya saja contoh Epanalepsis dalam ucapan presiden Amerika, John F. Kennedy, berikut ini:

Related: Daftar Preposition Bahasa Inggris Terlengkap Beserta Artinya

Mankind must put an end to war – or war will put an end to mankind.”

Jika kita perhatikan dari contoh di atas, Epanalepsis dalam kalimat tersebut berbentuk kata (word), yaitu “Mankind” yang muncul tepat di awal dan di akhir kalimat tersebut. Inilah yang dimaksud dengan Epanalepsis sobat, dimana elemen yang muncul di bagian awal klausa atau kalimat diulang atau muncul lagi di bagian akhir.

Penggunaan Epanalepsis dalam kalimat bisa membantu seorang pembicara untuk menarik perhatian pendengar atau pembaca terhadap kalimat atau ucapannya. Dengan begini, sang pembicara dapat memberikan penekanan terhadap kata kunci atau konsep tertentu.

Seperti yang telah saya sampaikan di bagian pembuka bahwa bagi saya membuat contoh Epanalepsis dalam Bahasa Inggris tidaklah mudah. Saya mulai menyadari hal ini setelah membaca beberapa penjelasan tentang Epanalepsis di internet. Saat itu saya menemukan bahwa contoh yang diberikan dari berbagai sumber yang tersedia secara online itu ternyata sebagian besar sama. Saat menemukan kondisi seperti ini, mungkin ada yang berfikir bahwa sumber online tersebut mencari cara cepat untuk menyelesaikan artikel nya saja, dengan begitu mereka pun meng-copy berbagai contoh yang tersedia. Namun ternyata tidak seperti itu sobat.

Untuk memunculkan atau membuat sebuah Epanalepsis dalam kalimat ternyata tidak bisa kita lakukan secara tiba-tiba. Tidak hanya dengan membuat sebuah kalimat lalu kita bisa semerta-merta mengulang elemen yang muncul di awal kalimat tersebut begitu saja. Epanalepsis membutuhkan konteks yang dikaitkan dengan bagian yang difokuskan dalam pengulangan tersebut, atau sederhananya perlu ada cerita panjang yang muncul terlebih dulu sebelum sebuah contoh Epanalepsis bisa kita munculkan dalam kalimat kita. Mari kita perhatikan contoh kutipan ucapan presiden John F. Kennedy tadi, menurutmu, apa konteks dibalik nya yang melatar belakangi ucapan tersebut muncul? Tentu saja adanya peperangan lah yang memicu sang presiden menyampaikan pidato panjang yang mengandung ucapan tersebut. Tanpa adanya konteks tersebut, kita tentu tidak tau apa yang ingin kita tekankan dalam Epanalepsis yang kita buat. Pertanyaan sederhananya begini deh sobat, “mungkinkah pernyataan “Mankind must put an end to war – or war will put an end to mankind.” Muncul begitu saja secara tiba-tiba? Jawabannya tentu tidak mungkin ya, karena pasti ada pembahasan lainnya terlebih dahulu. Nah, inilah arti pentingnya konteks bagi sebuah Epanalepsis.

Sampai disini saya harap bisa dipahami dengan mudah ya pengertian Epanalepsis yang saya jelaskan di atas. Sekarang kita akan mengamati beberapa contoh Epanalepsis dalam Bahasa Inggris.

Contoh Epanalepsis Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa contoh Epanalepsis yang menurut saya sudah cukup familiar di telinga sobat pembaca semua, silahkan diamati dan semoga bermanfaat.

You are what you think you are.

(Kamu adalah seperti apa yang kamu pikirkan.)

A lie begets a lie.

(Sebuah kebohongan melahirkan kebohongan lainnya.)

Always low prices, always. – Walmart slogan

(Selalu dengan harga yang terendah, selalu.)

A minimum wage that is not a livable wage can never be a minimum wage. – Ralph Nader

(Upah minimum yang tak cukup untuk hidup tidak boleh jadi upah minimum.)

Oke deh sobat, itulah sekilas yang bisa saya sampaikan tentang pengertian Epanalepsis dan contohnya dalam Bahasa Inggris, saya harap penjelasan yang saya bagikan kali ini bisa dipahami dengan mudah ya. Sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya, terimakasih banyak sudah membaca tulisan ini hingga selesai. Ayo lanjutkan dengan membaca Pengertian Enumeratio Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Definition and Examples of Epanalepsis in Rhetoric – https://www.thoughtco.com/what-is-epanalepsis-1690655 – Diakses tanggal 16 Desember 2018
  2. Rhetorical Devices: Epanalepsis – https://mannerofspeaking.org/2012/03/19/rhetorical-devices-epanalepsis/ – Diakses tanggal 16 Desember 2018
  3. Epanalepsis – https://en.wikipedia.org/wiki/Epanalepsis – Diakses tanggal 16 Desember 2018
  4. Epanalepsis – http://rhetoric.byu.edu/Figures/E/epanalepsis.htm – Diakses tanggal 16 Desember 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *