Pengertian Dan Penggunaan Wanna Dalam Bahasa Inggris


Jika sobat menemukan artikel ini lewat pencarian google, mungkin sobat sedang mencari arti dari kata Wanna yang sering digunakan dalam percakapan sehari hari oleh masyarakat di Amerika. Contohnya saja dalam pernyataan singkat yang sering kita temui di dalam film hollywood seperti “I wanna be with you” atau juga “wanna try” , mungkin kita jadi penasaran ya, apa sebenarnya arti Wanna dalam pernyataan itu, dan saat dicari di kamus, eh ternyata tidak ketemu, kenapa begitu ya?

Perlu sobat ketahui bahwa sebenarnya Wanna adalah sebuah singkatan, biasanya bentuk bentuk singkatan seperti Wanna ini dikenal dengan istilah informal contractions dalam American English. Nah, sekarang sobat jadi tau kan kenapa pengertian Wanna tidak bisa sobat temukan dalam kamus, tentu saja karena kata tersebut merupakan singkatan yang tidak baku atau tidak resmi, penggunaannya pun hanya dalam situasi yang bersifat informal saja.

Masih banyak singkatan lain yang sering digunakan selain kata Wanna ini, misalnya saja kata Gonna, Gotta dan Ain’t. Bagi sobat yang sering nonton film Hollywood atau suka lagu Bahasa Inggris pasti sudah kenal deh dengan kosakata yang barusan kami sebutkan. Khusus dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari tentang pengertian dan juga contoh penggunaan Wanna dalam kalimat. – Bigbanktheories.com

Related: Inilah Perbedaan For Dan During Dalam Bahasa Inggris
Asal Dan Arti Kata Wanna

Pengertian Dan Penggunaan Wanna Dalam Bahasa Inggris

Asal Dan Arti Kata Wanna

Pada awalnya saya hanya tau kalau kata Wanna adalah singkatan dari “want to” yang artinya “ingin (melakukan sesuatu)”, tapi saat saya mencari sumber untuk membuat artikel ini, saya menemukan bahwa ternyata singkatan Wanna tidak hanya berasal dari “want to” saja, namun juga berasal dari “want a” yang artinya juga “ingin (sesuatu)”.

Wanna = Want to / Want a = Ingin

Sekarang kamu sudah tau kan apa arti Wanna? Ya, tepat sekali sobat, Wanna artinya ingin. So, what do you want? Hmm, I wanna be a billionaire, woow kayak judul lagu nih hehe, sobat pasti tau dong salah satu lagu Bruno Mars yang berjudul “Billionaire”, nah di dalam lirik lagu ini, Bruno Mars menggunakan kata Wanna beberapa kali lho, karena lagu ini bercerita tentang keinginan seseorang untuk menjadi Milyuner serta apa saja yang akan dia lakukan saat sudah menjadi Milyuner nantinya. Seru ya kalau kita bisa mengerti arti banyak kosakata dalam Bahasa Inggris, kita jadi bisa memahami banyak hal, termasuk makna yang terkandung dalam lirik lagu seperti ini. Sekarang saatnya kita melihat berbagai contoh penggunaan kata Wanna dalam kalimat.

Contoh Penggunaan Kata Wanna Dalam Kalimat

Di bawah ini kami menyediakan berbagai contoh penggunaan Wanna dalam kalimat. Contoh contoh di bawah ini akan kami kelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu: Wanna sebagai “want to”, Wanna sebagai “want a”, dan Wanna sebagai “want to” dalam kalimat tanya (interrogative).

Wanna = Want to

Perlu kita ketahui bahwa pola Wanna sebagai singkatan dari “want to” tidak bisa kita gunakan jika subject nya He , She atau It, karena bentuknya akan berubah menjadi “wants to” dan bukan “want to”.

I wanna go to my ballet rehearsal. – Aku ingin pergi ke latihan balet ku.

(I want to go to my ballet rehearsal.)

They wanna hire a plumber. – Mereka ingin menyewa seorang tukang ledeng.

(They want to hire a plumber.)

Hi, we wanna make a reservation for tonight. – Hai, kami ingin memesan tempat untuk malam ini.

(Hi, we want to make a reservation for tonight.)

Wanna = Want a

Untuk kata Wanna yang mewakili bentuk “want a”, kata yang muncul setelahnya adalah noun (kata benda), seperti misalnya “I wanna new bag” yang merupakan bentuk informal dari “I want a new bag”. Namun untuk saat ini kami belum dapat memastikan apakah kita bisa menggunakan pola ini pada noun yang diawali dengan bunyi vowel seperti “apple”, karena article yang muncul di depannya bukanlah “a” namun “an”, contohnya: “I want an apple” dirubah menjadi “I wanna apple”. Kami akan terus berusaha mencari penjelasan yang lebih lengkap tentang hal ini, dan jika kami sudah menemukannya kami akan segera menambahkan keterangan baru dalam artikel ini.

I wanna chocolate. – Saya ingin coklat.

(I want a chocolate.)

I wanna banana. – Saya ingin pisang.

(I want a banana)

I wanna doughnut. – Saya ingin donat.

(I want a doughnut.)

Wanna = Want to (dalam kalimat interrogative)

Saat kata Wanna digunakan dalam kalimat tanya, kalimat tersebut umumnya sering dipersingkat juga. Perhatikan beberapa contoh berikut ini:

Wanna go with me? – Mau pergi bersama saya?

(Do you want to go with me?)

I’m sure AC Milan will be the winner. You wanna bet? – Saya yakin AC Milan akan jadi juara. Kamu mau bertaruh?

(Do you want to place a bet on that?)

Oke deh sobat, itulah sekilas materi yang bisa kami sajikan, semoga cukup lengkap dan bisa membantumu dalam memahami pengertian dan penggunaan Wanna dalam Bahasa Inggris. Ingat, bentuk bentuk informal contractions seperti Wanna hanya digunakan dalam percakapan sehari hari dan dalam situasi yang tidak formal. Terimakasih untuk kunjungannya, semoga materi kali ini juga bermanfaat bagimu, sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Gonna, Gotta, Wanna – http://www.dailywritingtips.com/gonna-gotta-wanna/ – Diakses tanggal 29 Maret 2017
  2. Gonna, Gotta, Wanna and Dunno – http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/learnit/learnitv165.shtml – Diakses tanggal 29 Maret 2017
  3. How Native Speakers Connect Their Words: Gonna, Wanna, Gotta (Video) – http://reallifeglobal.com/gonna-gotta-wanna/ – Diakses tanggal 29 Maret 2017
  4. Wanna Sentence Examples – http://sentence.yourdictionary.com/wanna – Diakses tanggal 29 maret 2017
  5. Informal Contractions – https://www.englishclub.com/vocabulary/contractions-informal.htm – Diakses tanggal 29 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *