Pengertian Dan Penggunaan Sorta Dalam Bahasa Inggris


Sorta merupakan kata yang sering kita dengar sebagai respon atau bentuk pernyataan yang menunjukkan bahwa seseorang tidak benar benar yakin dengan suatu hal. Perlu kita ketahui bahwa kata Sorta ini merupakan sebuah contoh dari informal contractions (singkatan tak resmi) dalam American English, yang artinya kita harus mengetahui terlebih dahulu asal singkatan ini untuk bisa mengerti maknanya.

Jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indoensia, maka makna kata Sorta ini sebenarnya tidak kaku dan bisa berubah tergantung dengan kalimat asalnya. Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari bersama tentang kata Sorta dan arti dari penggunaannya dalam kalimat. Untuk sobat yang ingin tau lebih jauh tentang penggunaan Sorta dalam Bahasa Inggris, silahkan baca artikel ini sampai selesai. – Bigbanktheories.com

Asal Dan Arti Kata Sorta

Pengertian Dan Penggunaan Sorta Dalam Bahasa Inggris

Asal dan Arti Kata Sorta

Kata Sorta berasal dari “Sort of” yang jika kita terjemahkan artinya “Agak” atau “Seperti” tergantung dengan kalimat dimana kata Sorta ini digunakan. Dalam percakapan sehari hari, “Sort of” atau Sorta ini bisa digunakan untuk mengklasifikasikan suatu hal. Saat digunakan dalam kondisi seperti ini, Sorta dapat dikatakan sama dengan Kinda atau “Kind of”. Selain itu, kata ini juga bisa digunakan untuk memberi kesan bahwa kita berada di tengah tengah, atau bisa dikatakan bahwa dengan mengucapkan Sorta sebagai respon atas sebuah pertanyaan, itu artinya kita tidak benar benar meng-Iya kan, namun tidak juga benar benar men-Tidak kan pertanyaan tersebut. Perhatikan ilustrasi berikut:

Related: Arti Kata Enough Dan Berbagai Macam Pola Penggunaannya

Like – Sorta – Don’t Like

Nervous – Sorta – Not Nervous

Dalam ilustrasi di atas, kami mencoba menunjukkan letak Sorta dalam suatu kondisi atau keadaan. Kita bisa lihat dalam contoh pertama misalnya, Sorta berada ditengah antara pernyataan “Suka” dan “Tidak suka”, ini artinya saat kita menggunakan kata Sorta, maka maksud kita adalah bahwa kita tidak “benar benar suka” namun juga tidak “benar benar tidak suka”, bisa dibilang bahwa kita berada di posisi “sedang sedang saja”. Inilah yang membuat penggunaan Sorta dalam kalimat bisa kita terjemahkan sebagai “Agak”. Begitu pula pada contoh yang kedua.

Sorta = Sort of = Agak / Seperti

Sekarang sobat sudah tau kan apa artinya Sorta dalam Bahasa Inggris. Karena sobat sudah mengerti maknanya, kini saatnya kita mengamati sekaligus mencoba membuat contoh kalimat menggunakan kata Sorta agar kita benar benar fasih dalam menggunakan kata ini nantinya untuk berbincang bincang menggunakan Bahasa Inggris. Silahkan disimak beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Contoh Penggunaan Sorta Dalam Kalimat

I sorta need the screwdriver right now. – Saya sepertinya butuh obeng itu sekarang.

(I sort of need the screwdriver right now.)

What sorta music do you like? – Jenis musik seperti apa yang kamu suka?

(What sort of music do you like?)

I’m sorta nervous to perform on stage. – Saya agak gugup tampil di atas panggung.

(I’m sort of nervous to perform on stage.)

The action figures on the desk aren’t so useful, just sorta cool to have them around. – Action figure di atas meja itu tidak begitu bermanfaat, hanya saja keberadaan mereka sepertinya terlihat keren.

(The action figures on the desk aren’t so useful, just sort of cool to have them around.)

I believe that there’s gotta be some sorta explanation about the incident. – Saya yakin pasti ada semacam penjelasan tentang peristiwa itu.

(I believe that there’s gotta be some sort of explanation about the incident.)

Sampai disini materi yang bisa kami tampilkan untuk sobat semua, semoga dengan penjelasan singkat dan juga contoh kalimat yang kami bagikan bisa mempermudah sobat dalam memahami pengertian dan penggunaan Sorta dalam kalimat. Terimakasih atas kunjungannya hari ini, semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi dalam kesempatan lainnya.

Referensi:

  1. Informal Contractions American English – http://www.really-learn-english.com/informal-contractions-american-english.html – Diakses tanggal 10 April 2017
  2. Sorta – http://www.urbandictionary.com/define.php?term=sorta – Diakses tanggal 10 April 2017
  3. Sorta – http://www.dictionary.com/browse/sorta – Diakses tanggal 10 April 2017
  4. Meaning of “sorta” in The English Dictionary – http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/sorta – Diakses tanggal 10 April 2017
  5. Use Sorta in a Sentence – http://www.yourdictionary.com/sorta – Diakses tanggal 10 April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *