Pengertian Dan Penggunaan Kata Dare Dalam Kalimat


Bicara tentang penggunaan kataDare” dalam Bahasa Inggris, saya rasa sobat semua paling akrab dengan contoh penggunaan kata ini pada nama permainanTruth or Dare” yang kebetulan pada tahun 2018 kemarin sempat dijadikan judul sebuah film horror Hollywood. Melalui konsep permainan tersebut, saya yakin sobat sebenarnya sudah punya konsep sendiri di benak sobat masing-masing tentang apa sebenarnya pengertian kataDare” dalam Bahasa Inggris. Jika saya tidak salah, mungkin sobat menerjemahkan kata ini sebagai “tantangan” ya.

Karena sobat semua sudah punya konsep dasarnya, maka saya yakin sekali penjelasan yang saya siapkan di bawah ini tentang pengertian dan berbagai variasi penggunaan kataDare” dalam kalimat tentu akan bisa sobat pahami dengan mudah. Tidak percaya? Ayo langsung baca dan buktikan sendiri. – Bigbanktheories.com

Pengertian Dan Penggunaan Kata Dare Dalam Kalimat

Pengertian Kata Dare

Untuk membantu sobat dalam memahami pengertian serta penggunaan kataDare” dalam Bahasa Inggris, saya akan memulai penjelasan kali ini dengan langkah yang paling sederhana dahulu yaitu menerjemahkan kata “Dare” ke dalam Bahasa Indonesia dengan menggunakan Google translate. Sobat boleh langsung mencoba menerjemahkan kata ini sendiri di rumah dengan membuka halaman Google translate.

Related: Sebaiknya Kita Memakai Kata Especially Atau Specially Ya?

Jika kita terjemahkan dengan menggunakan Google translate, maka kita akan menemukan bahwa kataDare” ternyata bisa berfungsi sebagai noun (kata benda) dan juga verb (kata kerja). Sedangkan dari segi arti kata, kata “Dare” bisa berarti “tantangan” saat berfungsi sebagai noun, bisa juga berarti “menantang” dan “sampai hati” saat berfungsi sebagai verb.

Masalah pun mulai muncul setelah kita tau pengertian kataDare” di atas. Apa maksudnya “sampai hati” di sini? Untuk dua pengertian yang lain saya yakin sobat sudah tidak ada pertanyaan lagi ya, misalnya saja pada contoh nama permainan “Truth or Dare” sebagai contoh penggunaan kata “Dare” sebagai kata benda atau noun dan contoh expressionI dare you” yang artinya “Aku menantangmu” yang merupakan contoh penggunaan kata “Dare” sebagai kata kerja atau verb. Tapi saya yakin sobat semua bertanya-tanya, apa maksudnya arti “sampai hati” di sini? dan seperti apa pula contoh penggunaannya dalam kalimat sehingga kata “Dare” bisa mengandung makna ini?

Nah, hal inilah yang perlu kita pelajari dalam pembahasan materi kali ini sobat. Masalah makna khusus yang muncul dari penggunaan kataDare” dalam kalimat ini juga yang merupakan alasan mengapa ada satu artikel khusus di blog ini untuk membahasnya. Sudah siap mempelajari lebih jauh tentang penggunaan kataDare” dalam Bahasa Inggris? Yuk langsung simak selengkapnya.

Kata Dare Sebagai “Main Verb” dan “Semi-modal Verb”

Seperti yang sudah saya singgung di atas bawah titik masalah pemahaman akan makna kataDare” muncul saat ia berfungsi sebagai verb, maka untuk fungsi kata “Dare” sebagai noun tidak akan saya bahas lagi ya, karena sobat semua sudah saya anggap paham akan hal itu.

Sub judul di atas menegaskan bahwa kata “Daredapat berfungsi sebagai “main verb / kata kerja utama / kata kerja biasa” dan dapat pula berperan sebagai “semi-modal verb”. Saat berfungsi sebagai “main verb” kata “dare” tergolong kedalam Transitive Verb yang artinya ia akan membutuhkan object. Misalnya saja seperti contoh berikut ini:

Contoh: I dare you. (Saya menantang kamu.) – I: subject, dare: main verb, you: object

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan? Mungkin saat ini sobat sedang berpikir, bisakah contoh di atas diubah menjadi “She dared me” atau “I dared him” dan lain sebagainya, maka jawabannya adalah “Ya, bisa!”. Yang penting untuk kita ingat adalah, pada saat berfungsi sebagai “main verb” kata “Dare” akan diikuti oleh object. Bila ternyata yang mengikuti di belakangnya adalah sebuah verb lain, maka verb tersebut haruslah dalam bentukto infinitive”. Misalnya:

Contoh: No one dares to enter the room. (tidak ada seorang pun yang berani memasuki ruangan itu.)

Ingat! Pada contoh di atas, kata “Dare” dan “Entersama-sama merupakan sebuah verb (kata kerja). Itulah sebabnya kata “Enter” muncul dalam bentuk “to infinitive” yaitu “to enter”. Konsep ini adalah konsep umum yang kita gunakan saat ada dua verb bertemu dalam satu kalimat misalnya saja seperti dalam kalimat “I want to buy an ice cream” dimana kata “want” dan “buysama-sama merupakan sebuah verb.

Sedikit berbeda dengan penjelasan di atas, saat digunakan sebagai “semi-modal verb”, kata “Dare” akan diletakkan bersebelahan langsung dengan verb lain yang muncul dalam kalimat yang sama tanpa ada katatomemisahkannya (tetapi dapat disela subject pada bentuk kalimat interrogative). Dengan kata lain, jika kamu menemukan kata “Darediikuti dengan bentukinfinitive without to” berarti yang sedang kamu hadapi adalah contoh penggunaan kata “Dare” sebagai “semi-modal verb”. Misalnya saja pada contoh kalimat berikut ini:

Contoh: None of us dare leave the class. (tak seorang pun dari kami berani meninggalkan kelas itu.)

Pada contoh di atas, kata “Dare” digunakan sebagai “semi-modal verb”, fungsi nya sama seperti modal pada umumnya yaitu memodifikasi maknamain verb” yang dalam contoh kali ini adalah kata “leave” yang berarti “meninggalkan”.

Sampai di sini mungkin sobat masih ada yang kurang puas ya dengan penjelasannya, karena sepertinya konstruksi kalimat barusan sama saja dengan yang kita contohkan sebelumnya, bedanya hanya tidak ada kata “to” saja. Lalu dimana letak bedanya? Mengapa harus dibedakan? Bisakah kalimat di atas kita sisipi kata “to” diantara kedua verb yang muncul dalam kalimat tersebut? Begini penjelasan sederhananya sobat. Hal pertama yang perlu sobat ingat adalah bahwa ada alasannya mengapa perbedaan tipis ini perlu disebutkan / dijelaskan. Sebelum menjelaskan tentang alasan itu, saya ingin memberitahukan dulu pada sobat bahwa kita sebenarnya “bisamenyisipkan katato” pada contoh kalimat di atas dan mengubahnya menjadi “None of us dare to leave the class”. Namun ingat, saat kita sudah mengubahnya menjadi seperti ini, maka kata “Dare” sudah tidak lagi berfungsi sebagaisemi-modal verb” namun sudah sebagai “main verb”.

Nah, sekarang kita akan membahas mengapa sih fungsi kata “Dare” ini perlu dibahas, padahal jelas-jelas contoh di atas menunjukkan kalau kedua versi bisa kita gunakan dan benar atau bisa diterima dari segi konstruksi kalimat dan makna. Jawabannya kembali ke pertanyaan awal kita tadi sobat. Masih ingat kan tadi saat kita menanyakan apa maksudnya maknasampai hati” yang terkandung dalam kataDare”.

Dalam spoken language (bahasa lisan) Bahasa Inggris, ternyata ada sebuah ekspresi yang mengandung kata “Dare” di dalamnya, yaitu expressionHow dare you / he / she”. Pada expression ini yang kita gunakan ternyata merupakan bentuksemi-modal verb” dari kataDare” sobat.

Yang perlu kita perhatikan adalah, dalam expression ini, verb yang muncul setelah kata “DareHARUS dalam bentukinfinitive without to”. Mengapa begitu? Karena konsepnya di sini kataDaretidak berperan sama sekali sebagai “main verbdari segi makna, sehingga pemahaman di atas dimana kita bisa menggunakan dua versi konstruksi kalimat (dengan “to” dan tanpa “to”) tidak berlaku. Perhatikan contoh berikut:

Contoh: How dare you talk to me like that! (Benar)

Contoh: How dare you to talk to me like that! (Salah)

Kalimat di atas jika kita artikan secara baku artinya adalah “Sampai hati kamu bicara seperti itu padaku”. Nah, muncul deh akhirnya makna “sampai hati” tadi sobat. Jika kita sedikit berkreasi dalam menerjemahkan kalimat di atas, kita boleh saja memaknai nya seperti ini sobat “Lancang kali kau ngomong kayak gitu sama aku, aku ini mamak mu!” hahaha, atau bisa juga seperti ini sobat “tega kamu Mas ngomong kayak gitu ke aku!” haha.

Coba kita lihat, dari tadi hasil terjemahan kita berfokus pada satu aksi saja yaitu “talk” atau “bicara” sedangkan yang lainnya (bagian yang mengandung kata “Dare”) hanyalah mengekspresikan penilaian kita (sebagai pembicara / speaker) terhadapaksi” yang di lakukan subject, yaitu “talk” tadi. Dengan begini, bisa kita simpulkan bahwa pada expression ini, kata “Dare” memang hanya berperan sebagaimodal verb” saja yaitu bentuk verbal yang berfungsi untuk memodifikasi maknamain verb”.

Jika sobat bertanya, “lalu mengapa pada hasil terjemahan Google translate tadi makna “sampai hati” masuk ke sub-section “verb” ?” Jawabannya karena modal memang termasuk verb, namun dia bukan verb sejati, itulah alasannya kita mengenalnya dengan nama “modal auxiliary verb”, artinya ia memang tergolong verb. Hanya saja fungsi nya secara umum adalah untuk memberi variasi makna pada verb. Contoh sederhananya seperti ini sobat, “Can” adalah salah satu contoh modal dalam Bahasa Inggris. Coba sekarang bedakan dua kalimat iniI ride a bike” dan “I can ride a bike”. Beda kan? Jika kamu sudah merasakan bedanya, maka itu artinya kamu sudah mengerti.

Expression Menggunakan Kata “Dare” dalam Bahasa Inggris

Selain expression / ungkapan di atas, ternyata ada beberapa ungkapan lain yang sangat sering digunakan oleh native speaker yang mengandung kata “Dare” di dalamnya. Berikut penjelasan singkatnya:

Don’t you dare

Ungkapan “Don’t you dare” biasanya digunakan sebagai bentuk ancaman terhadap seseorang sebagai upaya pencegahan agar orang tersebut tidak melakukan sesuatu. Misalnya saja saat kamu sedang berdua dengan adikmu di rumah, lalu secara tidak sengaja kamu memecahkan piring di dapur. Karena takut kena marah oleh orang tuamu, kamu pun mengancam adikmu yang biasanya suka ngadu dengan pernyataan “Awas lu ya, jangan bilang-bilang mamah!”. Nah, pernyataan seperti inilah yang kita ungkapkan dengan expressionDon’t you dare” ini sobat. Perhatikan contoh berikut:

Contoh: Don’t you dare use my computer again! (Jangan berani-berani pake komputer gue lagi!)

Contoh Dialog:

A: Hey, Stop! It’s Dad’s phone. I’m gonna tell Dad that you were using his phone.

B: Don’t you dare!

I dare say (British English)

Satu lagi contoh expression yang mengandung kata “Dare” di dalamnya adalah ungkapan “I dare say” yang jika kita terjemahkan artinya adalah “saya berani nyatakan / katakan”. Expression ini berasal dari British English. Untuk saat ini sepertinya penggunaan expressionI dare say” tidak seberapa umum karena dirasa terlalu formal dan terkesan old-fashioned atau kuno. Ungkapan ini intinya digunakan saat seseorang ingin menunjukkan keyakinan nya akan sesuatu. Perhatikan contoh berikut:

Contoh: I dare say it is a good choice. (Saya berani bilang bahwa itu adalah pilihan yang bagus.)

Sampai di sini bisa dipahami kan sobat? Kalau begitu, ayo kita lanjutkan sedikit lagi materi kali ini dengan mengamati beberapa contoh penggunaan kataDare” dalam kalimat berikut ini.

Contoh Penggunaan Kata Dare Dalam Kalimat

Untuk melengkapi materi kali ini, saya telah sediakan beberapa kalimat yang bisa mengilustrasikan berbagai variasi penggunaan kataDare” dalam kalimat. Silahkan diamati.

Penggunaan Kata “Dare” sebagai Main Verb

1.I dare you to jump into the sea and take the seaweed.

2.She dares me to jump into the pool and dive for five minutes.

3.Mr. Guberten dares you to sing aloud and dance in the front of the class.

4.The kids dare the criminal to fight in order to keep their stuff.

5.I dare you to prove everything that makes people think I am the thief.

6.The victim dares the thief to show what he has inside his bag.

7.The teacher dares Budi to perform his best act in front of his friends.

8.My father dares me to sing a song in the party.

9.Budi dares Didi to beat him in the beatbox competition.

10.The MC dares me to show off the best lyrical line I have in the rap competition.

Penggunaan Kata “Dare” sebagai Semi-modal verb

1.No one dares eat the fruit that is stored in the refrigerator.

2.Does anyone dare eat the fruit that is stored in the refrigerator?

3.Sheila dares jump into the sea and take the seaweed successfully.

4.Does anyone dare jump into the sea and take the seaweed?

5.I dare jump into the pool but dive only two minutes.

6.Does anyone dare jump into the pool and dive?

7.Rosette dares sing aloud and dance with the kids in the school.

8.Does anyone dare sing aloud and dance?

9.The criminal dares fight the policeman who chases him.

10.Does anyone dare fight the criminal?

Oke deh sobat seperti itulah tadi pembahasan singkat tentang pengertian serta contoh penggunaan kata “Dare” dalam Bahasa Inggris. Saya harap materi yang saya sajikan kali ini bisa dipahami dengan mudah oleh sobat pengunjung semua. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah sobat luangkan untuk membaca penjelasan materi yang saya sajikan, semoga ilmu yang sobat peroleh bisa bermanfaat bagi diri sobat sendiri dan juga orang lain. Sampai jumpa lagi dan jangan lupa lihat juga artikel terbaru saya yang berjudul Dangling Modifier Beserta Contoh Dan Cara Mengatasinya.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat “Dare” – https://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-dare – Diakses tanggal 21 November 2019
  2. Dare – https://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/dare – Diakses tanggal 21 November 2019
  3. Dare – http://www.learnersdictionary.com/definition/dare – Diakses tanggal 21 November 2019
  4. Dare – https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/dare_1 – Diakses tanggal 21 November 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *