Pengertian Dan Penggunaan Gotcha Dalam Bahasa Inggris


Selamat sore sobat pembaca semua, dalam artikel kali ini kita akan mempelajari tentang penggunaan dan juga pengertian suatu kata dalam Bahasa Inggris yaitu Gotcha. Sebelum kami memulai penjelasan materi, kami ingin tau dulu nih, sobat semua sudah pernah mendengar penggunaan kata Gotcha atau belum ya? Bagi yang suka nonton film animasi berbahasa Inggris kami yakin sudah sering ya mendengar kata Gotcha di ucapkan.

Kata Gotcha sebenarnya merupakan sebuah singkatan yang berasal dari sebuah expression yang tentunya lebih panjang. Contoh singkatan seperti Gotcha ini umumnya dikelompokkan kedalam informal contractions. Meski berasal dari sebuah expression, namun ternyata dalam penggunaannya di percakapan sehari hari kata Gotcha ini telah menjadi expression tersendiri yang memiliki makna yang berbeda dari expression asalnya. Oleh karena itu, kita tidak bisa menerjemahkannya secara kaku, kita harus bisa memahami konteks dari kalimat yang mengandung kata Gotcha ini. Ayo kita pelajari penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini. – Bigbanktheories.com

Asal Dan Arti Kata Gotcha

Pengertian Dan Penggunaan Gotcha Dalam Bahasa Inggris

Asal dan Arti Kata Gotcha

Ucapan Gotcha berasal dari “Got you” yang jika kita terjemahkan artinya “Tertangkap kamu”. Namun ternyata dalam penggunaan yang sebenarnya, kata ini bisa mengandung beberapa pengertian. Berikut penjelasannya satu persatu.

Related: Key Of English Crossword Puzzle Exercise For Beginner

Gotcha yang mengandung kata “Got” di dalamnya bisa bermakna “menangkap” atau “mendapatkan”. Misalnya saja dalam situasi dimana seseorang berada di tempat yang tinggi dan hampir jatuh, lalu untuk menenangkan orang tersebut kita bisa mengatakan,

“Don’t worry I got you (gotcha)” – Jangan takut, aku akan menangkapmu.

Atau bisa juga dalam situasi dimana kita sedang mengejar seseorang atau sesuatu kemudian tiba tiba kita bisa menangkapnya, maka biasanya seorang native speaker dalam situasiseperti ini akan berteriak “Gotcha!” yang bisa kita terjemahkan “Tertangkap kamu!”.

Kata Gotcha bisa juga bermakna “ketahuan kamu” saat digunakan dalam situasi dimana kita sedang mengamati (sambil merekam ataupun tidak) seseorang sedang melakukan perbuatan nakal. Biasanya dalam situasi seperti ini, kita telah menduga seseorang melakukan perbuatan nakal tersebut, dan akhirnya kita pun mengamati hingga akhirnya kita menangkap basah orang tersebut melakukannya, barulah pada saat itu kita berseru “Gotcha!” atau “I gotcha!”.

Ucapan Gotcha ini biasanya juga di gunakan saat kita merasa bahwa kita berhasil menipu atau membohongi seseorang, maka kata ini juga bisa bermakna “Tertipu kamu” atau “Aku tipu kamu”.

Contohnya:

Anna: Meli, I’m so sorry, I lost your wedding ring yesterday.

Meli: Oh my god, how could you?

Anna: I gotcha! Hahaha, I have it right here.

Yang terakhir, penggunaan Gotcha juga bisa bermakna “saya memahami kamu”. Biasanya hal ini terjadi dalam situasi dimana seseorang sedang memberikan penjelasan pada kita, lalu kita menimpalinya dengan ucapan, “Okey, I gotcha” sebagai cara untuk menunjukkan bahwa kita memahami penjelasan yang mereka berikan.

Jadi menurutmu, manakah pengrtian Gotcha yang benar? Hehe, semuanya benar ya sobat, kita hanya perlu menyesuaikan maknanya dengan situasi dimana kita akan menggunakan kata Gotcha itu. Dari berbagai contoh di atas, bagi kami penggunaan Gotcha dalam percakapan sehari hari native speaker lebih terlihat seperti sebuah interjection (seruan) ya hehe.

Sekian penjelasan materi yang bisa kami sampaikan, jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian materi kali ini kami minta maaf. Karena penjelasan tentang pengertian dan juga contoh penggunaan Gotcha dalam Bahasa Inggris telah kami berikan di atas, maka pembahasan materi tentang singkatan Gotcha kami akhiri sampai disini. Terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. What does ‘gotcha’ mean? – https://english.stackexchange.com/questions/6576/what-does-gotcha-mean – Diakses tanggal 15 April 2017
  2. Informal Contractions American English – http://www.really-learn-english.com/informal-contractions-american-english.html – Diakses tanggal 15 April 2017
  3. Informal Contractions – http://www.karrana.net/Forum/archives/informal-contractions_10041.html – Diakses tanggal 15 April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *