Pengertian Dan Penggunaan Gonna Dalam Bahasa Inggris


Kita semua pasti sudah pernah mendengar penggunaan kata Gonna dalam Bahasa Inggris ya. Misalnya saja dalam lirik lagu Meghan Trainor yang berjudul “Like I’m Gonna Lose You”, pada bagian Reff, kata Gonna ini diulang hingga beberapa kali, perhatikan deh penggalan lirik berikut ini:

So I’m gonna love you

Like I’m gonna lose you

Related: Everyday Atau Every Day Yang Tepat Digunakan Dalam Tulisan

I’m gonna hold you

Like I’m saying goodbye aaa..ahaai

Bagaimana sobat, kamu pasti pernah kan mendengar lagu ini. Nah, kalau begitu, sobat tau nggak nih apa arti kata Gonna disini? Kalau kamu coba cari artinya di kamus, mungkin kamu tidak akan menemukannya, mengapa begitu ya? Hal ini karena kata Gonna merupakan salah satu dari sekian banyak informal contractions (singkatan tak resmi) dalam American English. Karena merupakan singkatan atau contractions, tentunya kata Gonna berasal dari sesuatu yang lebih panjang ya. Nah, untuk mengetahui arti dari kata Gonna ini, kita perlu tau singkatan ini berasal dari mana, barulah kita bisa mencari tau artinya.

Karena merupakan kosakata yang bersifat informal, kata Gonna umumnya hanya digunakan saat berbicara, dan terkadang bisa saja kita menemukannya dalam bentuk tulisan yang bersifat tidak formal seperti dalam lirik lagu dan percakapan dalam komik. Meskipun begitu, dalam kegiatan sehari hari, kata Gonna ini sudah digunakan secara umum oleh berbagai orang dari berbagai kalangan, jadi mengetahui pengertian dan juga cara penggunaan kata Gonna dalam Bahasa Inggris kami rasa akan sangat bermanfaat bagimu. Temukan penjelasan lengkapnya dalam arikel ini. – Bigbanktheories.com

Asal Dan Arti Kata Gonna

Pengertian Dan Penggunaan Gonna Dalam Bahasa Inggris

Asal Dan Arti Kata Gonna

Kata Gonna merupakan singkatan dari “Going to”. Apakah yang dimaksud dengan “going to” disini adalah bentuk yang kita gunakan dalam future tense selain “will” ? Jawabannya, ya benar sekali sobat, dengan begini sobat tentu tau ya apa arti dari “going to”. Karena kata Gonna merupakan singkatan dari “going to” maka arti Gonna dan “going to” pun sama, yaitu “akan”.

Going to = Gonna = Akan

Jika sobat sudah pernah mempelajari materi simplefuture tense, tentu sobat tau ya bagaimana cara menggunakan “going to” dalam kalimat. Cara penggunaan kata Gonna pun kurang lebih sama dengan cara penggunaan bentuk “going to”. Supaya lebih jelas, ayo kita pelajari bersama melalui penjelasan berikut ini.

Penggunaan Kata Gonna Dalam Kalimat

Aturan tentang penggunaan kata Gonna dalam kalimat tentu akan sangat mudah dipahami jika kita sudah mengenal rumus simple future tense sebelumnya. Tapi bagi sobat yang belum pernah mengetahui cara penggunaan bentuk “going to” dalam future tense jangan khawatir penjelasan berikut ini akan membantumu memahaminya.

Dalam Kalimat Positive

Rumus atau cara penggunaan bentuk “going to” dalam Future tense adalah sebagai berikut:

To be + going to + Verb 1

Contoh: I am going to call the security.

Dalam penggunaan kata Gonna pun berlaku aturan yang sama yaitu:

To be + gonna + Verb 1

Contoh: I am gonna call the security.

Coba bandingkan kedua contoh kalimat di atas sobat, ternyata semua susunannya sama ya, yang berubah hanyalah bentuk “going to” menjadi “gonna”. Hal yang sama pun berlaku untuk kalimat nominal (tidak mengandung main verb). Perhatikan rumus berikut ini:

To be + going to + be

Contoh: I am going to be your partner for the science project.

To be + gonna + be

Contoh: I am gonna be your partner for the science project.

Dalam Kalimat Negative

Rumus atau cara penggunaan kata Gonna dalam kalimat negative sama saja dengan penggunaan bentuk “going to” dalam future tense. Perhatikan penjelasan berikut ini:

To be + not + going to + Verb 1

Contoh: I am not going to go to the orchestra tonight.

To be + not + gonna + Verb 1

Contoh: I am not gonna go to the orchestra tonight.

Dalam bentuk nominal pun sama:

To be + not + gonna + be

Contoh: It is not gonna be a good choice.

Dalam Kalimat Interrogative

Aturan penggunaan kata Gonna dalam bentuk interrogative (kalimat tanya) agak sedikit berbeda. Disini jika subject nya berupa second person singular (you), first person plural (we), atau second person plural (you), maka “are” umumnya dihilangkan. Jadi ada dua subject yang perlu kita perhatikan saat ingin menggunakan kata Gonna dalam kalimat interrogative yaitu “we” dan “you” dalam dua bentuk person di atas, selebihnya sama saja dengan tata cara penggunaan bentuk “going to” dalam future tense.

To be + subject + going to + verb 1

Contoh: Is she going to help us?

To be + subject + gonna + verb 1

Contoh: Is she gonna help us?

Contoh Penggunaan Gonna Dalam Kalimat Interrogative Untuk Subject We dan You

Where you gonna go this late? (Where are you going to go this late?)

What we gonna do in my house? (What are we going to do in my house?)

Beberapa Kesalahan Umum Dalam Menggunakan Kata Gonna

Beberapa orang yang mengenal kata gonna dari mendengar saja tanpa mempelajari cara penggunaannya mungkin akan melakukan beberapa kesalahan berikut ini:

1.Beberapa orang mungkin akan mengucapkan “I gonna” padahal seharusnya “I’m gonna”. Meskipun penggunaan Gonna menandakan situasi yang tidak formal, namun tetap saja ada pola yang tepat yang harus diikuti.

2.Beberapa orang mungkin juga akan mengatakan “I’m gonna to”, padahal sudah jelas jelas bahwa Gonna merupakan singkatan dari “going to”, jadi seharusnya pilihannya ada dua yaitu “I’m going to” atau “I’m gonna”.

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas materi yang bisa kami bagikan tentang pengertian dan penggunaan Gonna dalam Bahasa Inggris. Ingat, kata Gonna merupakan singkatan yang bersifat tidak resmi yang berasal dari American English, jadi jangan gunakan dalam hal hal yang bersifat resmi ya. Sebagai penutup kami akan menampilkan beberapa contoh penggunaan kata Gonna dalam kalimat.

Contoh Penggunaan Kata Gonna Terlengkap

I’m gonna catch the ball when you throw it.

She is gonna go to Semarang to buy sempolan.

He is gonna burn the dry leaves.

We are gonna eat all the Pizza in the fridge.

They are gonna cut down the tree.

You are gonna help me with my homework.

Sampai disini pembahasan materi kali ini, semoga penjelasan yang kami sajikan bisa dipahami dengan mudah. Sekarang kamu sudah tau kan apa arti Gonna dalam Bahasa Inggris? Kalau begitu apa arti “gonna miss you” ? Jika kamu sudah tau jawabannya, berarti penjelasan kali ini sudah bisa kamu pahami dengan baik. Terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Penggunaan Ain’t, Gotta, Gonna, Dan Wanna Dalam Bahasa Inggris – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/penggunaan-aint-gotta-gonna-dan-wanna.aspx – Diakses tanggal 28 Maret 2017
  2. Pengertian Dan Contoh Penggunaan Gonna, Wanna dan Gotta – https://www.wordsmile.com/contoh-kalimat-gonna-wanna-gotta – Diakses tanggal 28 Maret 2017
  3. Gonna, Gotta, Wanna and Dunno – http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/learnit/learnitv165.shtml – Diakses tanggal 28 Maret 2017
  4. How Native Speakers Connect Their Words: Gonna, Wanna, Gotta (Video) – http://reallifeglobal.com/gonna-gotta-wanna/ – Diakses tanggal 28 Maret 2017
  5. Gonna Sentence Examples – http://sentence.yourdictionary.com/gonna – Diakses tanggal 28 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *