Pengertian Dan Penggunaan Dontcha Dalam Bahasa Inggris


Jika kita perhatikan, saat sedang berbicara dalam situasi yang santai, native speaker Bahasa Inggris sering kali menggunakan beberapa kata yang merupakan singkatan dari suatu ucapan yang lebih panjang. Misalnya saja kata Dontcha atau yang kadang dituliskan dengan bentuk “Don’t cha” yang sebenarnya merupakan singkatan dari “Don’t you”. Bentuk singkatan seperti ini disebut dengan istilah informal contractions.

Singkatan seperti kata Dontcha ini umum digunakan oleh native speaker American English. Meski berasal dari bentuk bahasa yang baku, namun saat sudah tampil dalam bentuk informal contractions, maka kata tersebut lebih mirip dengan slang (bahasa gaul) yang hanya digunakan dalam situasi informal saja. Melalui artikel kali ini, ayo kita pelajari pengertian dan juga penggunaan Dontcha dalam kalimat. – Bigbanktheories.com

Asal Dan Arti Kata Dontcha

Pengertian Dan Penggunaan Dontcha Dalam Bahasa Inggris

Asal dan Arti Kata Dontcha

Seperti yang telah kami sampaikan di atas bahwa kepanjangan kata Dontcha adalah “Don’t you” yang artinya “Tidakkah kamu”. Salah satu contoh penggunaan kata Dontcha yang sudah sangat sering kita dengar misalnya saja dalam lirik lagu The Pussycat Dolls yang berjudul “Don’t Cha”, untuk sobat yang lahir di tahun 90an pasti tau deh lagu ini.

Related: Perbedaan Butter Dan Margarine Dalam Bahasa Inggris

Dontcha = Don’t you = Tidakkah kamu

Setelah kita mengetahui asal kata dan arti Dontcha, sekarang saatnya kita memperhatikan beberapa contoh kalimat yang menggunakan bentuk contractions ini. Dengan mengamati contoh di bawah ini, nantinya kita akan bisa menggunakan kata Dontcha secara natural saat kita sedang bercakap cakap dalam Bahasa Inggris.

Contoh Penggunaan Dontcha Dalam Kalimat

Dontcha know how to operate this thing? – Tidakkah kamu tau cara menggunakan benda ini?

(Don’t you know how to operate this thing?)

Everyone is talking about the incident, dontcha know about it? – Setiap orang sedang membicarakan tentang kejadian itu, tidakkah kamu tau tentang itu?

(Everyone is talking about the incident, don’t you know about it?)

It’s too quiet here, why dontcha play some music? – Agak terlalu sepi disini, mengapa kamu tidak memainkan beberapa lagu?

(It’s too quiet here, why don’t you play some music?)

Grant gustin will be in Jakarta next month, dontcha want to see him? – Grant gustin akan berada di Jakarta bulan depan, tidakkah kamu mau melihatnya?

(Grant gustin will be in Jakarta next month, don’t you want to see him?)

She is just playing with you, dontcha see it? – Dia hanya bermain main dengan mu, tidakkah kamu melihat nya (menyadarinya)?

(She is just playing with you, don’t you see it?)

Pembahasan seputar pengertian dan penggunaan Dontcha telah kami sajikan lengkap beserta contoh kalimatnya. Kami harap penjelasan singkat yang kami berikan melalui artikel ini bisa dipahami dengan mudah dan bermanfaat bagimu. Terimakasih atas kunjungannya hari ini, sampai jumpa lagi dalam kesempatan lainnya.

Referensi:

  1. Informal Contractions American English – http://www.really-learn-english.com/informal-contractions-american-english.html – Diakses tanggal 14 April 2017
  2. Informal Contractions – http://tx.english-ch.com/teacher/jun/others/informal-contractions/ – Diakses tanggal 14 April 2017
  3. Informal Contractions Dalam Bahasa Inggris – http://icampusindonesia.com/2016/12/18/informal-contractions-dalam-bahasa-inggris/ – Diakses tanggal 14 April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *