Pengertian Dan Penggunaan Cuppa Dalam Bahasa Inggris


Saat kita mempelajari Bahasa Inggris, tidak hanya bentuk baku nya yang perlu kita pelajari, namun juga bentuk tidak baku yang biasa digunakan dalam percakapan sehari hari oleh native speaker Bahasa Inggris. Salah satu bentuk tidak baku atau bahasa gaul yang sering muncul adalah dalam bentuk singkatan atau yang biasa dikenal dengan istilah informal contractions. Salah satu contoh singkatan yang ternyata telah meluas penggunaannya ke beberapa negara adalah kata Cuppa.

Cuppa yang merupakan sebuah singkatan ternyata mengalami perubahan makna seiring dengan makin meluasnya penggunaan kata ini sejak sekitar tahun 1920 an. Dari beberapa sumber yang kami temukan, kami pun baru tau bahwa kata Cuppa dapat berperan sebagai informal contractions dan dapat juga berperan sebagai noun untuk mewakili sebuah compound noun yang bentuknya lebih panjang. Penasaran dari mana asal kata Cuppa ini dan apa artinya? Baca artikel ini hingga selesai. – Bigbanktheories.com

Asal Dan Arti Kata Cuppa

Pengertian Dan Penggunaan Cuppa Dalam Bahasa Inggris

Asal dan Arti Kata Cuppa

Kata Cuppa dipercaya berasal dari British Expression “a cup of tea” yang mulai ramai digunakan sejak tahun 1934. Saat itu native speaker biasa mengucapkan kalimat “Have you time for a cuppa?” untuk menawarkan secangkir teh kepada orang lain secara informal. Namun seiring dengan perkembangan jaman, kata Cuppa bisa juga bermakna “a cup of cofee”. Inilah sebabnya, saat ini kata Cuppa umumnya dihubung hubungkan dengan kegiatan menikmati minuman kopi atau teh.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Outta Dalam Bahasa Inggris

Sebagai sebuah informal contractions, Cuppa merupakan singkatan dari “Cup of” yang artinya “Secangkir”. Singkatan ini diyakini berasal dari Bahasa irlandia, yang maknanya meminum atau menikmati secangkir dari minuman apapun, tidak harus kopi atau teh.

Cuppa = Cup of = Secangkir

Sekarang sobat sudah tau kan apa arti dari kata Cuppa dalam Bahasa Inggris. Setelah mengetahui pengertiannya, kini saatnya kita mengamati beberapa contoh kalimat menggunakan kata Cuppa supaya kita lebih paham tentang cara menggunakan singkatan ini nantinya. Silahkan disimak beberapa contoh kalimat berikut ini.

Contoh Penggunaan Cuppa Dalam Kalimat

Let’s have another cuppa tea. – Mari kita minum secangkir teh lagi.

(Let’s have another cup of tea.)

Gimme a cuppa coffe, will ya? – Beri aku secangkir kopi, oke?

(Give me a cup of coffee,will you?)

I can spend my day with a cuppa tea and a great book. – Aku bisa menghabiskan hariku dengan secangkir teh dan sebuah buku bagus.

(I can spend my day with a cup of tea and a great book.)

How much is a cuppa hot chocolate and Tahu kemul? – Berapa harga secangkir coklat panas dan Tahu kemul?

(How much is a cup of hot chocolate and Tahu kemul?)

Mommy, I want a cuppa it. – Mommy, Aku ingin secangkir minuman itu.

(Mommy, I want a cup of it.)

Baiklah sobat, inilah sekilas materi yang bisa kami tampilkan seputar pengertian dan penggunaan Cuppa dalam Bahasa Inggris. Ingat, kata Cuppa dan informal contractions lainnya hanya bisa kita gunakan dalam stuasi yang tidak resmi ya, jangan gunakan dalam pidato penting atau tulisan ilmiah. Terimakasih atas kunjungannya hari ini, kami harap materi yang kami sajikan bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu. Sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. Informal Contractions American English – http://www.really-learn-english.com/informal-contractions-american-english.html – Diakses tanggal 9 April 2017
  2. Cuppa – https://www.merriam-webster.com/dictionary/cuppa – Diakses tanggal 9 April 2017
  3. Meaning of “Cuppa” in The English Dictionary – http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/cuppa – Diakses tanggal 9 April 2017
  4. Cuppa – http://www.urbandictionary.com/define.php?term=cuppa – Diakses tanggal 9 April 2017
  5. Definition of ‘Cuppa’ – https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/cuppa – Diakses tanggal 9 April 2017
  6. Definition of Cuppa in English – https://en.oxforddictionaries.com/definition/cuppa – Diakses tanggal 9 April 2017
  7. Cuppa – https://britishisms.wordpress.com/2013/02/12/cuppa/ – Diakses tanggal 9 April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *