Pengertian Dan Macam Macam Quantifiers Dalam Bahasa Inggris


Quantifier merupakan bagian yang penting dalam sebuah kalimat. Penggunaannya pun bisa dibilang cukup sering. Tapi ternyata tidak sedikit juga yang belum mengetahui apa itu quantifier dan apa fungsi nya dalam kalimat. Kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit pembahasan mengenai hal tersebut. Semoga materi kali ini akan bisa memberikan pemahaman tentang pengertian dan macam macam quantifiers dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Quantifier For Countable And Uncountable Noun

Pengertian Dan Macam Macam Quantifiers

Pengertian Quantifier

Quantifier adalah kata atau kumpulan kata yang umumnya diletakkan sebelum sebuah noun (kata benda) dan kita gunakan saat kita ingin memberitahukan jumlah atau ukuran dari benda tersebut. Noun disini bisa berupa countable dan juga uncountable noun, penggunaannya tentu juga akan menyesuaikan dengan noun yang sedang dituju. Beberapa macam quantifiers hanya terdiri dari satu kata saja dan terkesan simple, misalnya saja seperti : few (sedikit), many (banyak), much (banyak), little (sedikit). Sedangkan sebagian lainnya bentuknya cukup complex karena merupakan kelompok kata, misalnya saja : a couple of (beberapa pasang), a lot of (banyak), none of (tak satupun), a large amount of (sejumlah besar).

Dalam penggunaannya sebuah quantifier biasanya berada di depan noun, dan bersama dengan noun tersebut membentuk sebuah noun phrase. Hal ini berarti keberadaan quantifier di depan noun akan memberi perubahan makna terhadap noun tersebut. Inilah sebabnya dikatakan bahwa quantifier dalam kalimat bisa digunakan sebagai determiner yang akan memberi batasan terhadap noun.

Related: Understood Subjects Dalam Bahasa Inggris Serta Penjelasannya

Contohnya : 1) We ate bread and butter. 2) We ate some bread and butter.

Mari kita bandingkan kedua contoh kalimat di atas, dimana salah satu kalimatnya menggunakan quantifier “some”. Jika kita perhatikan baik baik, memang terjadi perubahan makna ya dalam kalimat kedua setelah kita menambahkan kata “some”. Dalam kalimat pertama mungkin bisa kita ilustrasikan bahwa ada sekelompok orang yang mengaku bahwa makanan mereka adalah “bread and butter”. Kata “bread” disini jadi sangat luas, karena merujuk ke semua jenis roti, begitu juga untuk kata “butter”. Sedangkan dalam kalimat kedua, benda yang sedang dibicarakan menjadi lebih spesifik, yaitu adalah “bread and butter” yang telah dimakan sekelompok orang itu saja. Beginilah contoh penggunaan quantifier dalam kalimat, tidak hanya menunjukkan jumlah saja namun juga bisa membatasi noun.

Selain bisa menjadi determiner dalam kalimat, quantifier juga bisa berdiri sendiri dan berperan sebagai pronoun (indefinite pronoun). Seperti apa contohnya, silahkan lihat dibawah ini.

Contohnya : Few come on time. (sedikit yang datang tepat waktu.)

Kata “few” merupakan salah satu quantifier karena bisa menunjukkan jumlah. Namun kita perhatikan dalam contoh di atas, kata “few” disini ternyata berperan sebagai kata ganti (pronoun) yang menggantikan subject yang berupa sekelompok orang. Meskipun tidak jelas bagi kita siapakah sekelompok orang tersebut, namun kita tau bahwa ada sekelompok orang yang diharapkan datang tepat waktu, namun hanya beberapa saja yang melaksanakannya.

Berikutnya kita akan melihat beberapa contoh quantifiers dalam Bahasa Inggris, atau bisa juga disebut dengan daftar kata yang termasuk quantifiers.

Macam Macam Quantifiers Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah contoh quantifiers, silahkan pelajari dan perhatikan dengan baik.

Some, any, enough, a lot of, lots of, most, most of the, plenty of, all of the, lack of, a few, few, several, a couple of, many, none of, little, a little, not much, a great deal of, a good deal of, a bit of, heaps of, tons of, every, each, both, either, neither, hundreds of, thousands of.

Masih ada contoh quantifiers lainnya yang bisa kamu temukan, tapi untuk sekarang inilah yang bisa kami tampilkan. Selanjutnya sebagai penutup, ayo kita lihat beberapa contoh kalimat yang menggunakan quantifiers.

Contoh Kalimat Menggunakan Quantifiers

Do you have any sugar in your kitchen?

(Apakah kamu punya sedikit gula di dapurmu?)

I have enough money to go to Australia.

(Saya punya cukup uang untuk pergi ke Australia.)

Each participant was given a certificate.

(Semua peserta diberi sebuah sertifikat.)

Oke sobat, sekian yang bisa kami bahas mengenai quantifiers dalam Bahasa Inggris, semoga bisa bermanfaat dan bisa dimengerti dengan mudah. Terimakasih untuk kunjunganmu hari ini, kami tunggu kunjungannya lagi besok, karena tentunya kami akan hadir lagi dengan artikel terbaru yang membahas hal hal seru seputar Bahasa Inggris. Sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. Pengertian Dan Contoh Kalimat Quantifiers Bahasa Inggris – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-quantifiers-inggris – Diakses tanggal 29 November 2016
  2. Quantifiers – https://learnenglish.britishcouncil.org/en/english-grammar/determiners-and-quantifiers/quantifiers – Diakses tanggal 29 November 2016
  3. Quantifiers In English Grammar – https://www.tesol-direct.com/tesol-resources/english-grammar-guide/quantifiers/ – Diakses tanggal 29 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *