Pengertian Dan Contoh Personal Pronouns Dalam Bahasa Inggris


Personal pronoun adalah materi yang akan kita bahas untuk mengawali hari ini. Alasan kami memilih untuk menampilkan materi ini adalah karena meskipun sangat sering digunakan namun tidak sedikit yang masih kebingungan tentang bentuk personal pronoun yang seharusnya digunakan. Contohnya saja nih salah satu personal pronoun yang paling kita kenal yaitu “I” yang jika berada di posisi object maka akan berubah menjadi “me”. Masalahnya adalah saat sobat harus menentukan antara You and I dan You and Me manakah yang benar? Bagaimana, masih bingung ya? Inilah sebabnya mempelajari secara lebih jauh dan rinci tentang pengertian dan contoh kalimat personal pronouns dalam Bahasa Inggris ini menjadi penting.

Hal yang lebih penting lagi dari mempelajari materi personal pronoun ini adalah karena begitu seringnya soal tentang perubahan bentuk personal pronoun seperti yang kami contohkan di atas, muncul dalam soal ujian, baik ujian sekolah maupun ujian nasional atau UN. Pastinya kamu ingin mempersiapkan diri dong untuk menghadapi ujian tersebut. Mudah mudahan dengan sedikit ulasan yang akan kami berikan dalam materi kali ini, bisa membuat sobat pembaca jadi paham akan materi personal pronoun dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Rumus Dan Contoh Soal Personal Pronoun

Personal Pronouns Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Personal Pronoun

Personal pronoun adalah kata ganti (pronoun) yang kita gunakan untuk menggantikan orang, hewan ataupun benda. Sama halnya dengan pronoun lainnya, personal pronoun ini juga digunakan dengan tujuan agar noun atau kata benda yang sama tidak perlu digunakan berulang ulang sehinga kalimat kita akan menjadi lebih efektif. Personal pronoun ini bisa kita gunakan sebagai subject maupun object, oleh karena itu terdapat dua bentuk personal pronoun. Berikut ini penjelasan untuk masing masing bentuk tersebut.

Related: Penjelasan Lengkap Tentang Sentence Serta Tipe Tipenya

Bentuk Personal Pronoun di Posisi Subject: I, You, She, He, It, We, They

Bentuk Personal Pronoun di Posisi Object: Me, You, Her, Him, It, Us, Them

Sampai disini mungkin sobat masih bertanya tanya ya, bagaimana sih cara menggunakan personal pronoun ini dalam kalimat? Untuk itu, kami akan memberikan contoh penggunaan pronoun yang akan memberi ilustrasi proses bagaimana sebuah personal pronoun dapat di munculkan dalam kalimat.

Pertama tama kita akan ambil satu contoh kalimat, contoh kalimat ini random ya sobat, jadi kamu bisa mengambil contoh kalimat Bahasa Inggris dari manapun, namun semakin simple kalimatnya akan semakin baik karena akan mudah bagi kita melihat proses nya. Supaya mudah, kami ambil kalimat ini sebagai contoh:

Susi went to the market. She bought some eggs and vegetables.

Dalam contoh di atas subject kalimatnya adalah “Susi”, berhubung nama Susi umumnya merupakan nama untuk wanita, maka dalam kalimat ini pun kita menganggap Gender dari subject adalah “female”. Kemudian karena dalam kalimat tersebut kita menyebutkan nama si subject, berarti disini situasinya dianggap bahwa kita sedang membicarakan si subject dengan orang lain, maka subject ini tergolong kedalam 3rd person (orang ketiga). Dengan data yang kita punya bahwa subject merupakan female dan dalam bentuk 3rd person ditambah lagi subject hanya seorang diri (singular), maka personal pronoun yang tepat untuk menggantikannya di posisi subject adalah “She”. Sampai disini bisa dimengerti nggak sobat? Kalau masih agak bingung, santai saja baca penjelasannya perlahan.

Kalau begitu penentuan personal pronoun yang tepat untuk digunakan itu berarti bergantung dengan beberapa aspek di atas ya? Benar sekali sobat, dalam memilih personal pronoun kita harus menyesuaikan dengan aspek berikut:

Case (Subjective, Objective)

Subjective: I, You, She, He, It, We, They

Objective: Me, You, Her, Him, It, Us, Them

Number (Singular, Plural)

Singular: I, You, She, He, It / Me, You, Her, Him, It

Plural: We, You, They / Us, You, Them

Person (First, Second, Third)

First Person: I , We / Me, Us

Second Person: You

Third Person: She, He, It, They / Her, Him, It, Them

Gender (Female, Male, Neutral)

Female: She / Her

Male: He / Him

Neutral: I, You, It, We, They / Me, You, It, Us, Them

Yang dimaksud dengan case adalah posisi dalam kalimat, apakah terletak di posisi subject atau object. Number artinya jumlah dari noun yang akan digantikan, apakah tunggal (singular) atau jamak (plural). Yang dimaksud dengan person adalah sudut pandang dalam kalimat tersebut, apakah sedang membicarakan diri sendiri (first person), ataukah sedang berbicara langsung dengan orang lain (second person) atau mungkin sedang membicarakan seseorang bersama orang lain (third person). Sedangkan untuk gender, maksudnya adalah jenis kelamin dari noun yang sedang di bicarakan, apakah wanita (female), pria (male) atau tidak berjenis kelamin (neutral) seperti benda mati, hewan atau yang tidak bisa di jelaskan.

Meski terkesan ribet dan sulit untuk dipahami, ada cara mudah sebenarnya untuk menginggat penggunaan personal pronoun ini, yaitu dengan menghapalkan arti dari masing masing pronoun tersebut. Berikut penjelasannya: I (Saya), You (Kau/Kamu), She (Dia-untuk perempuan), He (Dia-untuk laki laki), It (Dia/Itu-untuk benda atau hewan), We (Kita-pembicara masuk kedalamnya), They (Mereka-pembicara tidak termasuk kedalamnya). Untuk di posisi object pun arti nya sama saja, hanya bentuk pronoun nya saja yang berubah. Bagaimana, jadi lebih mudah bukan.

Untuk menambah pemahaman teman teman tentang personal pronoun, ada baiknya kita memperhatikan lebih banyak contoh penggunaan personal pronouns dalam kalimat. Silahkan simak kumpulan contoh berikut ini.

Contoh Kalimat Personal Pronouns

I like fried chicken. (Saya suka ayam goreng.)

I am a teacher. (Saya seorang guru.)

My student love me. (Murid murid saya menyukai saya.)

You are a good singer. (Kamu adalah penyanyi yang baik.)

I like you. (Saya menyukai kamu.)

Anisa is a tailor. She make the dress for me. (Anisa adalah seorang penjahit. Dia membuat gaun itu untuk saya.)

Bagaimana sobat? Sekarang tentunya kamu semakin paham ya materi personal pronoun ini. Nah untuk menguji pemahamanmu, yuk sempatkan sebentar mengisi contoh soal latihan tentang personal pronoun berikut ini.

Contoh Soal Latihan Personal Pronouns

Andi and Brahma come to my house everyday. . . . are my friend.

Susilowati is very smart. . . . likes to study at home.

Yoannita is very adorable. I love . . . so much.

This is Kurnia. . . . is my brother. I don’t think you have met . . .

Oke deh, itulah tadi sobat pembahasan materi tentang pengertian dan juga contoh personal pronoun dalam Bahasa Inggris. Bagaimana dengan contoh soal latihan di atas? Apa kamu bisa menjawab semua nya? Jika sudah menentukan jawaban, kamu bisa mencocokan jawabanmu dengan kunci jawaban latihan soal personal pronoun yang sudah kami siapkan di bagian akhir artikel ini, semoga benar semua ya jawabannya. Terimakasih banyak sudah menyempatkan berkunjung ke website kami hari ini, semoga kamu menemukan apa yang kamu cari, sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan Personal Pronoun

1)They, 2) She, 3) Her, 4) He, Him

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Personal Pronouns – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-personal-pronouns – Diakses tanggal 9 Januari 2017
  2. Personal Pronouns – http://catatanbahasainggris.blogspot.co.id/2009/03/personal-pronouns.html – Diakses tanggal 9 Januari 2017
  3. Personal Pronouns – https://learnenglish.britishcouncil.org/en/english-grammar/pronouns/personal-pronouns – Diakses tanggal 9 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *