Pengertian Dan Contoh Penggunaan Past Participle Terlengkap


Participle merupakan salah satu materi grammar dalam Bahasa Inggris. Participle ini bisa dibagi menjadi dua kelompok yaitu present participle dan past participle. Kedua jenis participle ini memiliki ciri khas masing masing dan tentunya bisa dibedakan baik dari segi bentuknya serta dari fungsi dan penggunaannya dalam kalimat.

Khusus untuk kali ini, kita akan fokus membahas tentang pengertian dan juga contoh penggunaan past participle. Jadi buat kamu yang kebetulan sedang mencari penjelasan materi ataupun contoh kalimat past participle, coba deh baca dulu artikel ini sampai selesai, siapa tau kamu akan menemukan informasi yang sedang kamu butuhkan disini. Sip ya sobat, selamat membaca. – Bigbanktheories.com

Past Participle List dan Past Participle Phrase

Pengertian Past Participle

Pengertian Past Participle

Past participle adalah bentuk participle yang didapat dengan menambahkan suffix (akhiran) berupa: -ed, -d, -t, -n atau –en , kepada regular verb dalam bentuk bare infinitive atau verb dasar. Selain suffix yang telah di sebutkan, past participle bisa juga memiliki perubahan yang tak tetap, yaitu saat bentuk verb dasar nya adalah berupa irregular verb. Terkadang bentuk past participle ini juga dikenal dengan sebutan verb 3 (bentuk perubahan verb ke tiga), jadi kalau kamu ingin melihat daftar past participle atau past participle list, kamu bisa melihat ke daftar perubahan bentuk kata kerja, terutama untuk irregular verb.

Related: Subject Complement Dalam Aturan Grammar Ternyata Seperti Ini

Ada beberapa fungsi yang bisa dilakukan oleh bentuk past participle ini yang perlu kita ketahui. Jadi jika sobat masih bingung atau ingin tau apa saja fungsi dari past participle ini, silahkan simak penjelasan tentang fungsi dan contoh penggunaan past participle berikut ini.

Fungsi dan Contoh Penggunaan Past Participle

Past participle bisa kita gunakan sebagai verb maupun verbal. Yuk kita lihat penjelasan untuk masing masing fungsi tersebut.

Penggunaan Past Participle sebagai Verbal

Saat digunakan sebagai verbal, past participle fubgsinya adalah sebagai adjective yang menerangkan noun. Contoh umum penggunaan past participle sebagai adjective akan kita jumpai pada bentuk bentuk noun phrase serta reduced adjective clause dalam passive voice. Ayo lihat contoh penggunaan past participle berikut ini.

Sebagai Adjective (kata sifat)

Contoh: Break –  Broken

Contoh penggunaan past participle sebagai adjective: broken vase, broken heart, broken home, broken bone, broken ribs dan sebagainya.

Penggunaan Past Participle sebagai Verb

Mungkin ini merupakan penggunaan past participle yang paling umum kita temui. Saat digunakan sebagai verb, bentuk past participle akan bergabung bersama auxiliary verb dalam bentuk multiple verbs. Umumnya susunan dari multiple verbs yang terbentuk akan mengikuti pola berikut ini: Auxiliary + Past Participle, kemudian akan digunakan dalam perfect tense dan passive voice.

Sebagai Verb (kata kerja)

Auxiliary “have” + Past Participle

Contoh penggunaan past participle sebagai verb: have been, have found, have gone, have paid, have read, have searched dan sebagainya.

Contoh Kalimat Past Participle

I brought this to replace your broken vase. (Adjective)

What you bring is a ruined sample, we cannot sell it. (Adjective)

I have searched for the antique everywhere. (Verb)

She had lived in this village for thirty years when I moved there. (Verb)

Sampai disini apa bisa dimengerti sobat? Mudah mudahan sudah ya. Jika dalam penjelasan yang kami berikan terdapat kesalahan yang membuat materi ini jadi sulit dipahami, kami minta maaf dan jangan ragu untuk memberi masukan melalui kolom komentar. Terimakasih banyak untuk kunjungannya, semoga sobat bisa mendapat manfaat dari materi yang dibaca di website kami ini, sampai jumpa lagi di kesempatan lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Past Participle – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-past-participle – Diakses tanggal 11 Januari 2017
  2. Penggunaan Past Participle – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/penggunaan-past-participle.aspx – Diakses tanggal 11 Januari 2017
  3. What Are Past Participles? – http://www.grammar-monster.com/glossary/past_participles.htm – Diakses tanggal 11 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *