Take a fresh look at your lifestyle.

Pengertian Dan Contoh Penggunaan Past Participle Terlengkap

6

Participle merupakan salah satu materi grammar dalam Bahasa Inggris. Participle ini bisa dibagi menjadi dua kelompok yaitu present participle dan past participle. Kedua jenis participle ini memiliki ciri khas masing masing dan tentunya bisa dibedakan baik dari segi bentuknya serta dari fungsi dan penggunaannya dalam kalimat.

Khusus untuk kali ini, kita akan fokus membahas tentang pengertian dan juga contoh penggunaan past participle. Jadi buat kamu yang kebetulan sedang mencari penjelasan materi ataupun contoh kalimat past participle, coba deh baca dulu artikel ini sampai selesai, siapa tau kamu akan menemukan informasi yang sedang kamu butuhkan disini. Sip ya sobat, selamat membaca. – Bigbanktheories.com

Past Participle List dan Past Participle Phrase
Pengertian Past Participle

Pengertian Past Participle

Past participle adalah bentuk participle yang didapat dengan menambahkan suffix (akhiran) berupa: -ed, -d, -t, -n atau –en , kepada regular verb dalam bentuk bare infinitive atau verb dasar. Selain suffix yang telah di sebutkan, past participle bisa juga memiliki perubahan yang tak tetap, yaitu saat bentuk verb dasar nya adalah berupa irregular verb. Terkadang bentuk past participle ini juga dikenal dengan sebutan verb 3 (bentuk perubahan verb ke tiga), jadi kalau kamu ingin melihat daftar past participle atau past participle list, kamu bisa melihat ke daftar perubahan bentuk kata kerja, terutama untuk irregular verb.

Ada beberapa fungsi yang bisa dilakukan oleh bentuk past participle ini yang perlu kita ketahui. Jadi jika sobat masih bingung atau ingin tau apa saja fungsi dari past participle ini, silahkan simak penjelasan tentang fungsi dan contoh penggunaan past participle berikut ini.

Fungsi dan Contoh Penggunaan Past Participle

Past participle bisa kita gunakan sebagai verb maupun verbal. Yuk kita lihat penjelasan untuk masing masing fungsi tersebut.

Penggunaan Past Participle sebagai Verbal

Saat digunakan sebagai verbal, past participle fubgsinya adalah sebagai adjective yang menerangkan noun. Contoh umum penggunaan past participle sebagai adjective akan kita jumpai pada bentuk bentuk noun phrase serta reduced adjective clause dalam passive voice. Ayo lihat contoh penggunaan past participle berikut ini.

Sebagai Adjective (kata sifat)

Contoh: Break –  Broken

Contoh penggunaan past participle sebagai adjective: broken vase, broken heart, broken home, broken bone, broken ribs dan sebagainya.

Penggunaan Past Participle sebagai Verb

Mungkin ini merupakan penggunaan past participle yang paling umum kita temui. Saat digunakan sebagai verb, bentuk past participle akan bergabung bersama auxiliary verb dalam bentuk multiple verbs. Umumnya susunan dari multiple verbs yang terbentuk akan mengikuti pola berikut ini: Auxiliary + Past Participle, kemudian akan digunakan dalam perfect tense dan passive voice.

Sebagai Verb (kata kerja)

Auxiliary “have” + Past Participle

Contoh penggunaan past participle sebagai verb: have been, have found, have gone, have paid, have read, have searched dan sebagainya.

Contoh Kalimat Past Participle

I brought this to replace your broken vase. (Adjective)

What you bring is a ruined sample, we cannot sell it. (Adjective)

I have searched for the antique everywhere. (Verb)

She had lived in this village for thirty years when I moved there. (Verb)

Sampai disini apa bisa dimengerti sobat? Mudah mudahan sudah ya. Jika dalam penjelasan yang kami berikan terdapat kesalahan yang membuat materi ini jadi sulit dipahami, kami minta maaf dan jangan ragu untuk memberi masukan melalui kolom komentar. Terimakasih banyak untuk kunjungannya, semoga sobat bisa mendapat manfaat dari materi yang dibaca di website kami ini, sampai jumpa lagi di kesempatan lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Past Participle – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-past-participle – Diakses tanggal 11 Januari 2017
  2. Penggunaan Past Participle – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/penggunaan-past-participle.aspx – Diakses tanggal 11 Januari 2017
  3. What Are Past Participles? – http://www.grammar-monster.com/glossary/past_participles.htm – Diakses tanggal 11 Januari 2017
6 Comments
  1. Irene Taghupia says

    Hi kak… ini cukup membantuku tp aku pny saran spy diberi list2 kata2 dr V1-V3. Makasih 🙂 God Bless

    1. Admin says

      Hai Irene, terimakasih untuk kunjungan dan komentarnya ya. Wah ide bagus tuh, kami memang masih butuh banyak masukan untuk memperbaiki website ini, terimakasih banyak untuk ide nya ya Irene, sukses selalu untuk kamu.

  2. July Fitria says

    Kalo bahasa inggrisnya dari “ini adalah tempat ter indah yang pernah saya lihat” this is the most beutiful place that ever I seen” atau I ever seen, dgn tidak menggunakan ‘that’
    Thankyou before

    1. Admin says

      Halo July, maaf baru sempat membalas komentarmu ya. Oh ya, untuk pertanyaanmu, kalimatnya akan menjadi seperti ini “This is the most beautiful place that I’ve ever seen” dimana “I’ve” merupakan bentuk singkat dari “I have”, dan ini merupakan pola kalimat perfect tense. Semoga ini menjawab pertanyaanmu ya, terimakasih banyak untuk komentarnya.

  3. aida says

    ka aku masih bingung kapan kita harus menggunakan v2 dan v3
    contohnya gini”my mother always sang/sung for me before i sleep” ini kalimatnya udah lampau si, skrg udh ga pernah lagi.. jadi pakai yang mana?

    1. Admin says

      Halo Aida, selamat malam 😀
      Mohon maaf baru sempat membalas komentarmu ya,
      Terimakasih atas pertanyaannya, Kakak coba jawab ya 😀
      Terkait dengan pertanyaanmu, penjelasan sederhananya seperti ini, jika didalam benak kita hanya ada satu kejadian yang spesifik dan terjadi di masa lalu, maka yang kita gunakan adalah Verb 2 (bentuk past). Kita ambil contoh ya, misalnya saja kamu bilang begini “My mother cooked an omelette last night”. Jika kita perhatikan dengan teliti, kamu pasti menyadari deh bahwa yang sedang dibicarakan hanya “satu kejadian yang spesifik” saja dan kejadian tersebut terjadi di masa lalu.

      Bagaimana dengan verb 3 atau past participle? Jika kamu sempat membaca penjelasan tentang berbagai tenses yang berakhiran “perfect” seperti misalnya present perfect / past perfect dan sebagainya, kamu tentu ingat ya bahwa bentuk past participle / verb 3 selalu saja muncul dalam rumusnya. apa yang membedakannya dengan verb 2?

      Dalam tenses yang berakhiran “perfect” umumnya, fokus pembicaraan bukanlah tentang “aksi” yang terjadi di masa lampau, melainkan “dampak” yang ditimbulkannya, kita ambil contoh sederhana dari “present perfect” ya, misalnya seperti kalimat:
      “I have lived in Jakarta since 2002”
      Kata “lived” pada kalimat tersebut meski terlihat seperti bentuk “verb 2” namun ia sebenarnya adalah “verb 3”
      Coba kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia ya, artinya jadi seperti ini “Saya sudah tinggal di Jakarta sejak tahun 2002”
      pertanyaan kakak,
      1. apakah ini membicarakan tentang satu kejadian spesifik di masa lampau?
      Jawabannya: Tidak! memang kita membicarakan suatu hal yang “bermula di masa lampau” tapi tidak spesifik pada satu aksi tertentu seperti pada contoh sebelumnya
      2. apakah kegiatan “lived” ini sudah selesai?
      Jawabannya: belum! karena dia hanya menyatakan bahwa dia telah tinggal sejak tahun 2002, yang artinya saat ini dia masih tinggal di sana
      Supaya lebih jelas, kakak sarankan kamu juga mempelajari tentang tenses perfect ya hehe

      lalu, bagaimana dengan pertanyaanmu? Di sinilah kita perlu berhati-hati dalam menggunakan Bahasa Inggris, karena jika tidak, kita bisa jadi bingung sendiri.
      Untuk contoh kalimat yang kamu bawakan, saran kakak, kamu perlu menambahkan “introductory part” dulu di depan kalimatnya, sehingga maksudmu tersampaikan dengan mudah bahwa kejadian yang kamu ceritakan, sebenarnya adalah kejadian di masa lalu, misalnya saja seperti “When I was a child, my mother always sang a song for me before I sleep”
      Mengapa “sang” yang digunakan? sederhana saja jawabannya, karena bentuk “past” artinya hal itu sudah tidak berlaku lagi di masa kini
      mengapa kamu bingung dalam menentukannya? karena kamu terjebak dengan kata “always” yang sebenarnya merupakan penanda “present”

      semoga ini menjawab rasa penasaranmu ya, terimakasih sudah berkunjung 😀

      Salam hangat,
      Admin Bigbanktheories

Leave A Reply

Your email address will not be published.