Pengertian Dan Contoh Penggunaan Passivization Dalam Grammar


Sobat tau apa itu passivization dalam istilah grammar Bahasa Inggris? Jika belum, kebetulan nih dalam artikel kali ini kami akan membahas materi Bahasa Inggris seputar passivization atau yang dalam Bahasa Indonesia bisa kita sebut dengan perubahan kedalam bentuk pasif (Transformasi Aktif-Pasif). Bagaimana ya pengertian dan contoh passivization itu? Yuk temukan dalam penjelasan materi di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Passivization Dalam Grammar Bahasa Inggris

Pengertian Dan Contoh Penggunaan Passivization Dalam Grammar

Pengertian Passivization

Dalam grammar Bahasa Inggris, istilah passivization artinya proses perubahan kalimat dari bentuk active kedalam bentuk passive. Seperti yang telah sobat pelajari dalam artikel tentang passive voice bahwa melalui proses passivization inilah direct object dari sebuah declarative sentence (active) bisa menjadi subject dari passive sentence. Kebalikan dari istilah passivization adalah activization yang berarti proses perubahan kedalam bentuk active.

Dalam melakukan passivization, kita bisa mengikuti pola berikut ini:

Related: Participial Adjective Dalam Grammar Dan Contoh Kalimatnya

Active: Subject + Verb + Direct Object

Passive: Subject (Direct Object) + to be + Past Participle (Verb 3) +/- by agent (Subject)

Perlu kita ingat juga, jika dalam kalimat active subject nya berupa personal pronoun dalam bentuk subjective, maka akan kita ubah di dalam kalimat passive nya ke dalam bentuk objective dari personal pronoun tersebut. Perhatikan perubahan bentuk personal pronoun berikut ini:

Subjective: I, You, She, He, It, We, They

Objective: Me, You, Her, Him, It, Us, Them

Bagaimana sobat, ternyata mudah ya memahami materi tentang passivization dalam Bahasa Inggris itu. Sekarang sebagai penutup, yuk kita lihat beberapa contoh penggunaan passivization ini.

Contoh Passivization

Active: Yuana printed the wedding invitation card in my house.

Passive: The wedding invitation card was printed by Yuana in my house.

Active: I post three articles for my blog everyday.

Passive: Three articles are posted by me for my blog everyday.

Active: We clean the house everyday.

Passive: The house is cleaned by us everyday.

Itulah tadi sobat beberapa contoh passivization, jika sobat ingin melihat lebih banyak lagi contoh proses passivization dari sebuah kalimat active, kamu bisa menemukannya dalam artikel yang membahas tentang verb voice.

Oh ya sobat, terdapat pengecualian dalam passivization yang penting untuk kita ketahui yaitu direct object yang berupa reflexive pronoun seperti: myself, yourself, himself, herself, itself, ourselves, dan themselves, tidak bisa melalui proses passivization, karena tidak bisa dijadikan subject.

Oke deh, itu saja yang bisa kami sampaikan seputar pengertian dan juga contoh passivization dalam grammar Bahasa Inggris, semoga bisa dipahami dengan mudah. Temukan juga berbagai artikel menarik yang telah kami sediakan di website ini. Terimakasih untuk kunjunganmu hari ini, mudah mudahan artikel yang kami sajikan kali ini bisa bermanfaat bagimu. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan yang kami berikan, sampai jumpa lagi di lain waktu.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Passivization (Transformasi Aktif-Pasif) – http://www.wordsmile.com/pengertian-passivization-transformasi-aktif-pasif – Diakses tanggal 17 Januari 2017
  2. Passivization – http://grammar.about.com/od/pq/g/Passivization.htm – Diakses tanggal 17 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *