Pengertian Dan Contoh Penggunaan Infinitive Dalam Kalimat


Saat belajar grammar Bahasa Inggris tentu kita pernah menemui istilah infinitive. Meskipun sudah sering mendengar istilah tersebut, tapi masih banyak lho yang belum tau apa yang dimaksud dengan infinitive dalam Bahasa Inggris, mungkin termasuk teman teman yang sekarang sedang mampir di artikel ini ya.

Kalau memang teman teman sedang mencari penjelasan materi infinitive, kami rasa kamu berada di tempat yang tepat. Karena dalam artikel ini, kami memang sengaja membahas secara rinci semua hal yang perlu kamu ketahui tentang infinitive, mulai dari pengertiannya hingga berbagai contoh penggunaan infinitive. Sudah siap mempelajari materi baru kali ini? Yuk langsung saja kita baca penjelasan lengkapnya berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Infinitive

Pengertian Dan Contoh Penggunaan Infinitive Dalam Kalimat

Pengertian Infinitive

Yang dimaksud dengan infinitive adalah pola “to + verb”. Apa saja contohnya? Tentu banyak sekali ya sobat, misalnya saja : to go, to take, to kick, to be, to buy dan sebagainya. Kami yakin sobat pun sekarang bisa membuat contoh infinitive sendiri dengan cara menambahkan “to” sebelum verb dasar yang kamu inginkan.

Related: Perbedaan Dan Contoh Kalimat When Dan While Yang Tepat

Ingat! To + Verb = Infinitive

Ada beberapa hal yang penting kamu perhatikan saat mempelajari materi infinitive dalam Bahasa Inggris, yaitu:

Infinitive bukanlah sebuah verb, namun sebuah verbal. Meski terkadang banyak yang menyebutnya dengan infinitive verb, namun jangan tertipu ya sobat. Nama itu digunakan karena memang sebuah infinitive terbentuk dari sebuah verb (kata kerja) dengan tambahan “to” di depannya.

Karena infinitive bukan merupakan sebuah verb, maka kita tidak akan pernah bisa menambahkan imbuhan seperti : s, es, ed atau ing sampai kapanpun. Verb yang digunakan dalam sebuah infinitive haruslah berupa verb dasar dengan tanpa penambahan apapun.

Jika kamu mendengar istilah “bare infinitive”, maka yang dimaksud adalah kata kerja dasar yang kita gunakan dalam sebuah infinitive tanpa disertai penambahan “to” di depannya (infinitive without to), atau dengan kata lain saat istilah bare infinitive digunakan, maka fokusnya adalah pada verb dasar tersebut saja. Inilah sebabnya istilah “verb dasar” atau “verb” saja,bisa dikatakan sama saja dengan istilah “bare infinitive”. (bare infinitive = verb = base form)

Sebuah infinitive bisa berfungsi sebagai noun, adjective ataupun adverb dalam sebuah kalimat.

Itulah tadi sobat beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk mengawali materi tentang infinitive dalam Bahasa Inggris. Selanjutnya masih ada beberapa informasi penting serta berbagai contoh penggunaan infinitive yang perlu kamu pelajari juga supaya kamu benar benar memahami tata cara penggunaan infinitive yang tepat.

Beberapa Istilah Yang Berkaitan Dengan Infinitive

Pada bagian ini kami akan mengenalkan beberapa istilah yang masih berkaitan dengan materi infinitive yang menurut kami penting untuk sobat ketahui. Daftar istilah berikut ini akan terus kami perbaharui agar semakin lengkap, jadi bila masih ada beberapa istilah yang berkaitan dengan infinitive dan tidak dapat sobat temui di sini, kami harap bisa dimaklumi dan tentunya kami sangat berterimakasih jika sobat bersedia membantu kami dalam melengkapinya. Sekarang kita akan langsung masuk kedalam daftar istilah yang berhubungan dengan infinitive beserta penjelasannya.

Adjectival infinitive – Sebutan untuk infinitive saat digunakan untuk menerangkan noun. Adjectival infinitive ini letaknya berdekatan atau mengikuti noun yang diterangkannya.

Adverbial infinitive – Sebutan untuk infinitive saat digunakan untuk memberi keterangan terhadap verb. Saat digunakan dalam kalimat, sebuah infinitive yang tergolong kedalam adverbial infinitive letaknya tidak harus berdekatan dengan verb yang diterangkannya.

Infinitive phrase – Jenis frasa yang diawali dengan sebuah infinitive dan diikuti dengan object atau modifier atau keduanya. Ini juga merupakan cara penggunaan infinitive yang sangat sering muncul dalam penggunaan Bahasa Inggris sehari hari.

Berbagai Contoh Penggunaan Infinitive

Infinitive Sebagai Noun

To survive in a jungle requires certain skills.

I want to buy cotton candy.

Infinitive Sebagai Adjective

Sydney opera house is the first place to visit in Australia.

Coffee is the best thing to have in the morning.

Infinitive Sebagai Adverb

To join the competition, you must register yourself.

I burned the wood to get the charcoal.

Itulah tadi beberapa contoh penggunaan infinitive dalam kalimat, amatilah dengan teliti contoh yang telah kami tampilkan di atas agar kamu bisa memahami cara penempatan serta pemakaian bentuk infinitive dalam kalimat, setelah itu cobalah untuk membuat contoh kalimatmu sendiri.

Kami akhiri sampai disini pembahasan materi Bahasa Inggris tentang infinitive ini, kami harap penjelasan yang kami berikan tidak terasa berbelit belit dan bisa dipahami dengan mudah. Jika ada kesalahan dalam penyampaian materi kali ini kami minta maaf. Terimakasih untuk kunjunganmu hari ini, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kalimat Infinitive – https://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-infinitives – Diakses tanggal 18 Februari 2017
  2. Infinitive Verb – http://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/verbs/infinitive-verb.html – Diakses tanggal 18 Februari 2017
  3. The Infinitive – http://www.chompchomp.com/terms/infinitive.htm – Diakses tanggal 18 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *