Pengertian Dan Contoh Penggunaan Declarative Sentence


Kamu sudah tau istilah declarative sentence ? Belum ? hmm, gimana dengan istilah sentence atau kalimat ? kami yakin pasti sobat semuanya sudah nggak asing dong dengan istilah ‘kalimat’? Karena kita tentunya selalu menggunakannya setiap hari untuk berkomunikasi di rumah, di sekolah, di lingkungan sekitar maupun di media sosial. Dalam Bahasa Indonesia pun, baik di tingkat SD, SMP maupun SMA pastinya sudah pernah diajarkan tentang apa itu ‘kalimat’? Apa fungsinya? Bagaimana penggunaannya? Dan lain-lain.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan materi penting tentang salah satu tipe atau jenis kalimat yang paling umum dan paling sering digunakan dalam Bahasa Inggris, namanya adalah declarative sentece atau kalimat deklaratif. Bagaimana penjelasannya? Baca baik baik artikel kali ini ya. – Bigbanktheories.com

Contoh Declarative Sentence

Pengertian Declarative Sentence

Pengertian Declarative Sentence

Declarative sentence atau kalimat deklaratif merupakan tipe kalimat yang paling sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Fungsinya adalah untuk membuat pernyataan (statement) yang menyatakan fakta (fact) maupun pendapat (opinion).

Related: Penjelasan Lengkap Tentang Interjection Dalam Bahasa Inggris

Pola dari sebuah declarative sentence adalah:

Subject + Predicate

Dalam sebuah kalimat declarative sentence harus memiliki subjek dan predikat yang berisi verb dan terkadang ada tambahan beberapa elemen lain seperti objek dan keterangan. Hal ini dikarenakan declarative sentence harus merupakan suatu pemikiran yang utuh dan selalu diakhiri dengan tanda titik (.).

Contoh:

Indonesia is my country. (Indonesia adalah negara saya)

Subject: Indonesia

Predicate: is my country

Declarative sentence memiliki dua tipe, yaitu kalimat positif dan kalimat negatif. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Positive Sentence

Positive sentence (kalimat positif) adalah sebuah kalimat yang menunjukkan suatu keadaan atau berita. Bisa juga disebut dengan kalimat affirmative sentence.

Contoh:

She is a doctor. (Dia seorang dokter)

Negative Sentence

Negative sentence (kalimat negatif) adalah sebuah kalimat yang menujukkan penyangkalan dari suatu keadaan atau peristiwa. Biasanya kalimat ini ditandai dengan kata ‘no’ atau ‘not’ yang berarti ‘tidak’ atau ‘bukan’.

Contoh :

She is not a doctor (Dia bukan seorang dokter)

Contoh Declarative Sentence (Kalimat Deklaratif)

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat deklaratif (declarative sentence) dalam bahasa Inggris. Semoga bisa menjadi referensi ya.

Nicky Tirta was born in Jakarta on April 27, 1983. (Nicky Tirta dilahirkan di Jakarta, 27 April 1983)

I like mango puding and strawberry milk. (Saya suka puding mangga dan susu stroberi)

He doesn’t seem happy today. (Dia tidak terlihat bahagia hari ini)

Riany, the newspaper seller in my neigborhood, is so beautiful and kind. (Riany, penjual koran di lingkungan saya, sangat cantik dan baik hati)

She can’t feel anything (Dia tidak dapat merasakan apapun)

My husband and me will go to Japan next month. (Suami saya dan saya akan pergi ke Jepang bulan depan)

Gege ang Hesti are studying chemistry in laboratory. (Gege dan Hesti sedang belajar kimia di laboratorium)

I told her to keep calm. (Saya bilang padanya untuk tetap tenang)

My parents want me to get married soon. (Orang tua saya ingin saya segera menikah)

I saw my teacher, Mrs. Diany, at the shoe store yesterday. (Saya melihat guru saya, Bu Diany, di toko sepatu kemarin.

Itulah beberapa contoh dan penjelasan dari Bigbanktheories.com tentang declarative sentence, baik berupa kalimat positif, maupun kalimat negatif. Semoga dengan penjelasan dari kami, teman-teman dapat memahami tentang declarative sentece dengan lebih baik. Oiya, jangan lupa untuk memberikan tanda titik (.) untuk setiap kalimat yang dibuat ya. Sampai jumpa ya di postingan selanjutnya.

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *