Pengertian Dan Contoh Noun Phrase Yang Paling Mudah Dipahami


Noun phrase sudah menjadi bagian yang sangat penting bagi suatu kalimat, karena meskipun unsur yang dibutuhkan oleh sebuah kalimat adalah “noun” saja, namun jika kita perhatikan pada umumnya kitapun akan lebih sering menggunakan noun dalam bentuk noun phrase karena memang dengan begini kita bisa memberi keterangan yang lebih terhadap noun yang kita bicarakan. Oleh karena itulah, memahami pengertian serta contoh noun phrase dalam Bahasa Inggris jadi hal yang penting untuk kita lakukan. – Bigbanktheories.com

Urutan Dan Rumus Noun Phrase

Pengertian Dan Contoh Noun Phrase Yang Paling Mudah Dipahami

Pengertian Noun Phrase

Noun phrase adalah sebuah phrase (frasa) yang memainkan peranan sebagai noun. Dan seperti yang kita tau bahwa phrase merupakan kumpulan beberapa kata, maka begitu pula halnya pada noun phrase ini, kata kata yang membentuk noun phrase ini memiliki urutan tertentu yang mengikuti rumus noun phrase. Urutan kata dalam noun phrase ini terdiri dari noun atau pronoun dengan tambahan satu atau lebih modifier. Kata yang dijadikan head dalam sebuah noun phrase adalah noun atau pronoun tersebut. Bentuk phrase seperti ini kita gunakan saat kita merasa bahwa “single noun” atau “noun” saja tidak cukup spesifik untuk menerangkan benda yang dimaksud.

Misalnya saja kita ambil contoh sebuah noun yang umum seperti “cat”, kita bisa saja langsung menggunakannya dalam kalimat, namun saat kita berniat menjelaskan dengan lebih rinci, kucing yang mana yang kita maksudkan, maka kitapun akan menambahkan beberapa kata terhadap noun tersebut (modifier). Misalnya saja kita membentuknya menjadi “The white cat” atau bisa juga “The cat on the tree” dan sebagainya.

Related: Negative Adverb Dalam Grammar Beserta Contoh Dan Artinya

Sekarang coba bandingkan dua kalimat berikut ini:

The white cat is mine.

It is mine.

Kedua kalimat tersebut sebenarnya membicarakan hal yang sama yaitu “the white cat”, namun dalam kalimat kedua, noun phrase nya kita gantikan dengan sebuah pronoun. Contoh di atas yang menunjukkan bahwa noun phrase bisa digantikan dengan pronoun membuktikan bahwa noun phrase memang benar berfungsi sama seperti noun pada umumnya. Dengan begini berarti sebuah noun phrase juga bisa digunakan sebagai subject, object maupun complement.

Berbagai Contoh Noun Phrase

Seperti yang telah kami sebutkan di atas bahwa noun phrase akan terdiri dari noun dengan satu atau lebih modifier. Nah berikut ini akan kami jelaskan apa saja modifier yang bisa digunakan dalam membentuk sebuah noun phrase sekaligus contoh noun phrase yang terbentuk. Silahkan disimak.

Noun Phrase Dengan Modifier Berupa Articles: an apple, a cat, the book

Noun Phrase Dengan Modifier Berupa Possessive Nouns: Manda’s cat, Kiki’s book, Uncle Andi’s car

Noun Phrase Dengan Modifier Berupa Possessive Pronouns: my cat, our car, his book

Noun Phrase Dengan Modifier Berupa Adjective: the fat cat, the thick book, flat car

Noun Phrase Dengan Modifier Berupa Participles: the well trained dog, the barking dog

Noun Phrase Dengan Modifier Berupa Prepositional Phrases: the cat on the couch, the man behind the tree

Noun Phrase Dengan Modifier Berupa Adjective Clauses: the cat that chases mice, the dog that looks lost

Noun Phrase Dengan Modifier Berupa Participle Phrases: the cat whining for a treat, the dog trained daily

Noun Phrase Dengan Modifier Berupa Infinitives: the book to read, the cat to feed, the dog to train

Meskipun jarang, namun terkadang sebuah noun phrase bisa menggunakan pronoun sebagai dasar atau head nya. Berikut ini adalah contohnya:

Someone special

Someone: indefinite pronoun

Special : modifier

Itulah tadi sobat sekilas materi yang bisa kami tampilkan seputar pengertian dan contoh noun phrase. Mudah mudahan materi yang kami tampilkan ini bisa dipahami dengan mudah, dan semoga bisa bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Terimakasih untuk kunjungannya, sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Referensi:

  1. What Are Noun Phrases? (with Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/noun_phrases.htm – Diakses tanggal 23 Januari 2017
  2. Pengertian, Macam, dan Contoh Kalimat Noun Phrase – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-noun-phrases – Diakses tanggal 23 Januari 2017
  3. The Noun Phrase – http://www.chompchomp.com/terms/nounphrase.htm – Diakses tanggal 23 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *