Pengertian Dan Contoh Central Determiner Dalam Bahasa Inggris


Hai sobat, selamat datang lagi di bigbanktheories. Kali ini kita akan mempelajari materi grammar tentang Central Determiner. Ada yang sudah pernah mendengar istilah ini sebelumnya? Jika belum, izinkan saya memperkenalkan materi ini mulai dari pengertian Central Determiner hingga beberapa contoh nya dalam Bahasa Inggris.

Penting untuk sobat ketahui juga bahwa determiner dalam Bahasa Inggris bisa kita golongkan kedalam tiga jenis yaitu: Predeterminer, Central Determiner, dan Post Determiner. Ketiga class of determiner ini dikenal juga dengan sebutan the ordering of determiners. Melihat dari nama dan juga urutan yang saya sebutkan di atas, sepertinya bisa kita tebak ya bahwa Central Determiner letak nya ada di “central” atau “tengah”. Ternyata memang itulah konsep sederhana nya. – Bigbanktheories.com

Central Determiner In English Grammar

Pengertian Dan Contoh Central Determiner Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Central Determiner

Central determiner adalah jenis determiner yang letaknya berada di antara Predeterminer dan Post Determiner. Artinya, ia bisa muncul setelah Predeterminer atau sebelum Post Determiner. Yang termasuk kedalam Central determiner adalah: article (a, an, the), possessive (my, your, his, her, etc), dan demonstrative (this, that, these, those). Hal ini kadang dikenal juga dengan sebutan “Main determiner”.

Related: Pengertian Understatement Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Hal yang penting juga untuk kita ingat adalah, saat kita sudah menggunakan satu Central determiner / Main determiner, maka kita tidak bisa menambahkan Central determiner lain kedalam contoh noun phrase yang kita miliki. Jadi misalnya kita sudah menggunakan article dalam noun phrase yang kita buat, kita tidak bisa menambahkan bentuk possessive kedalamnya. Perhatikan contoh berikut ini:

A book (correct)

My book (correct)

My a book (incorrect)

Macam Macam Contoh Central Determiner

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan Central Determiner / Main Determiner dalam pembentukan noun phrase.

Article

Central determiner dalam bentuk article.

Rumus: a / an + singular countable noun

Contoh: twice a day (twice: Predeterminer, a: Central determiner, day : noun)

Rumus: the + noun

Contoh: the second floor (the: Central determiner, second: Post determiner, floor: noun)

Possessive

Central determiner dalam bentuk possessive (kepemilikan).

Rumus: possessive + noun

Contoh: all my money (all: Predeterminer, my: Central determiner, money: noun)

Demonstrative

Central determiner dalam bentuk demonstrative (kata tunjuk)

Rumus: demonstrative + noun

Contoh:  this first meeting (this: Central determiner, first: Post determiner, meeting: noun)

Nah seperti itulah sobat pengertian dan contoh Central Determiner dalam Bahasa Inggris. Semoga sobat semua bisa memahami penjelasan di atas dengan mudah ya. Supaya pemahamanmu makin mantap, pelajari juga kelas determiner yang lain dan cobalah untuk membuat beberapa contoh noun phrase dengan menggunakan variasi determiner yang telah kamu pelajari. Terimakasih atas kunjungannya kali ini ya, saya tunggu kunjunganmu selanjutnya. Jika memungkinkan, silahkan pelajari juga Penggunaan Check This Out dan Check It Out dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Order of Determiners – https://www.englishclub.com/grammar/determiners-order.htm – Diakses tanggal 9 Mei 2019
  2. The Ordering of Determiners: Pre, Central and Post Determiners – https://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-ordering-determiners#central-determiner – Diakses tanggal 9 Mei 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *