Pengertian Compound Possessive Beserta Contohnya


Apa sih compound possessive itu? Saya rasa istilah ini termasuk hal yang jarang kita dengar ya, padahal ternyata hal ini sering kita temui lho dalam kehidupan sehari-hari. Tidak percaya? Coba deh, sobat pasti pernah kan merasa penasaran gimana ya cara nya mengungkapkan dalam Bahasa Inggris “rumah nya Andi dan Joko berada di Jakarta” ? apakah “Andi’s and Joko’s house is in Jakarta” atau malah “Andi and Joko’s house is in Jakarta” yang benar. Atau mungkin contoh lain misalnya “Kucing peliharaannya Tina dan Ani hilang”, bisakah kamu mengungkapkannya dalam Bahasa Inggris dengan tepat? Nah, permasalahan yang seperti inilah yang disebut dengan compound possessive itu sobat.

Ada beberapa aturan sederhana yang perlu kamu pahami tentang materi ini yang akan membuatmu mampu menggunakan bentuk compound possessive dengan mudah dalam kalimat. Untuk memahami hal ini, kamu perlu baca dulu pengertian serta contoh compound possessive berikut ini. Sekarang, silahkan dipelajari dan semoga bermanfaat. – Bigbanktheories.com

Compound Possessive In English

Pengertian Compound Possessive Beserta Contohnya

Pengertian Compound Possessive

Yang dimaksud dengan compound possessive adalah bentuk kepemilikan yang dihubungkan dengan dua noun atau lebih (disebut juga dengan compounded noun). Hal ini biasa juga dikenal dengan istilah “compound ownership”. Compounded noun dalam compound possessive ini bisa bertindak sebagai subject maupun object dalam kalimat. Contohnya seperti apa sih? Ya seperti yang sudah saya sebutkan di awal tadi sobat, misalnya “kucing peliharaannya Tina dan Ani” ini berarti compounded noun berupa “Tina dan Ani” menjadi pemilik dari si object “kucing”. Dalam mengungkapkannya dengan menggunakan Bahasa Inggris, tentu ada aturan tersendiri ya agar makna nya tidak ambigu.

Related: Penjelasan Tentang Parallel Structure Dalam Grammar

Teman-teman tentu ingat ya bagaimana cara nya menunjukkan kepemilikan dalam Bahasa Inggris, misalnya saja:

Topi nya si Andi” menjadi “Andi’s hat” dalam Bahasa Inggris nya,

Mobil nya si Didik” menjadi “Didik’s car” dalam Bahasa Inggris nya,

Nah yang jadi masalah jika muncul dua noun yang menjadi pemilik dari benda tersebut, misalnya saja:

Mobil nya si Andi dan Didik” bagaimana cara mengungkapkannya dalam Bahasa Inggris? Dimana kita bisa meletakkan tambahan apostrophe dan “s” nya? Inilah yang menjadi masalah.

Ternyata tidak sulit untuk mengingak aturan ini sobat, inilah cara yang bisa kamu gunakan untuk memakai bentuk compound possessive dalam kalimat dengan mudah:

Cara Pertama: Andi and Didik’s car is in the car wash.

Penjelasan: mobilnya hanya satu dan itu milik mereka berdua.

Cara Kedua: Andi’s and Didik’s cars are in the car wash.

Penjelasan: Si Andi punya mobil, Si Didik juga punya mobil, dan kedua mobil itu sedang berada di tempat cuci mobil.

Bagaimana sobat? Sangat mudah kan untuk dipahami. Ingat, kedua nya bisa kita gunakan, namun makna yang dihasilkan akan berbeda, untuk itulah kita perlu berhati-hati dalam memilih bentuk cara yang mana yang akan kita gunakan, sesuaikan dengan tujuan makna yang sebenarnya ingin kita ungkapkan.

Sedikit catatan yang perlu kita perhatikan adalah jika kalimat yang ingin kita tuliskan itu mengandung bentuk-bentuk possessive adjective seperti: my, his, her dan lainnya, maka letak tambahan apostrophe dan “s” nya berada pada noun lain yang tidak berbentuk possessive adjective di atas. Misalnya:

Andi’s and my car are in the car wash.

(Mobil nya Andi dan Mobil saya berada di tempat pencucian mobil.)

Contoh Compound Possessive Lengkap

My teacher admire Yuan and Nita’s paintings.

(Guru saya mengagumi lukisan Yuan dan Nita.)

Ayu and Hartanti’s pets escape from the cage.

(Hewan peliharaan Ayu dan Hartanti kabur dari kandang nya.)

Yora’s and Alura’s bicycles hit the tree.

(Sepeda nya Yora dan Alura menabrak pohon itu.)

Dikta’s and my wallet were stolen.

(Dompet nya Dikta dan dompet saya di curi.)

Bagaimana sobat, sudah bisa dipahami kan apa itu compound possessive dan bagaimana contohnya. Saya harap informasi dalam tulisan kali ini bermanfaat ya, kunjungi terus website ini setiap hari untuk mendapatkan penjelasan materi terbaru tentang pelajaran Bahasa Inggris. Saya akhiri sampai disini, silahkan lanjutkan dengan membaca Pengertian News Item Beserta Generic Structure Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Compound Possessive – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-compound-possessives – Diakses tanggal 11 Juli 2018
  2. Compound Possessive Pronoun & Noun – https://www.english-grammar-revolution.com/possessive-pronoun.html – Diakses tanggal 11 Juli 2018
  3. Compound Possessives: English Glossary – http://www.english-for-students.com/Compound-Possessives.html – Diakses tanggal 11 Juli 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *