Pengertian Compound Complex Sentence Beserta Contohnya


Halo sobat, dalam tulisan kali ini saya akan mengenalkan pengertian compound complex sentence. Buat kamu yang sedang mempelajari materi ini di sekolah, silahkan perhatikan dengan teliti ya, karena materi kali ini masuk ke ranah grammar, so mungkin akan sedikit membingungkan jika kamu tidak cermat dalam membaca penjelasan yang saya berikan.

Compound complex sentence merupakan salah satu dari sekian banyak  sentence types atau tipe kalimat dalam Bahasa Inggris. Beberapa contoh sentence type lain yang mungkin masih kamu ingat misalnya seperti: simple sentence, compound sentence dan juga complex sentence. Melihat dari nama nya, seperti nya compound complex sentence ini merupakan tipe gabungan dari compound sentence dengan complex sentence ya, hmm apa benar seperti itu ya sobat? Yuk kita sama-sama temukan jawabannya dalam penjelasan singkat tentang compound complex sentence beserta beberapa contohnya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Sentence Types: Compound Complex Sentence

Pengertian Compound Complex Sentence Beserta Contohnya

Pengertian Compound Complex Sentence

Compound complex sentence adalah sentence types dalam Bahasa Inggris yang merupakan gabungan dari konsep compound sentence dan complex sentence. Oleh karena itu, untuk memahami konsep atau pengertiannya, ada baiknya kita mengulas kembali materi tentang compound sentence dan juga complex sentence. Berikut penjelasan singkatnya:

Related: Contoh Verb Phrase Dan Penjelasannya Yang Paling Sederhana

Compound Sentence

Compound sentence merupakan sentence type yang terdiri dari dua independent clause atau lebih dan digabungkan dengan menggunakan coordinating conjunction. Buat sobat yang mungkin belum sempat membaca penjelasan tentang independent clause, perlu kamu ketahui bahwa yang dimaksud dengan independent clause itu adalah klausa yang dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat yang utuh. Hal ini berarti compound sentence bisa kita katakana sebagai penggabungan dua kalimat. Perhatikan contoh compound sentence berikut ini:

Contoh: She wanted to go to Australia, so she applied for a Visa.

Independent clause 1: She wanted to go to Australia.

Independent clause 2: She applied for a Visa.

Bagaimana sobat? Sudah jelas kan? Nah, untuk daftar coordinating conjunction yang bisa kamu gunakan dalam membuat compound sentence kamu bisa menghapalkannya dengan singkatan FANBOYS, saya yakin sobat sudah pernah mendengar singkatan ini ya. Rincian conjunction dari singkatan tersebut adalah seperti berikut ini: For, And, Nor, But, Or, Yet, So.

Complex Sentence

Complex sentence adalah jenis kalimat yang terdiri dari sebuah independent clause dan satu atau lebih dependent clause. Untuk penjelasan independent clause sudah saya berikan sekilas di atas ya, sedangkan untuk dependent clause artinya sebuah klausa yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat yang utuh karena sebagian informasi nya berada dalam klausa lain. Bagian dependent clause ini akan di hubungkan dengan menggunakan subordinating conjunction dan relative pronoun. Perhatikan contoh complex sentence berikut ini:

Contoh: I want to see the video that you recorded last night.

Independent clause: I want to see the video.

Dependent clause: that you recorded last night

Coba perhatikan contoh di atas, nampak jelas bahwa bagian dependent clause membutuhkan keterangan dari independent clause agar memiliki makna yang utuh, seperti inilah konsep dari complex sentence itu sobat.

Beberapa subordinate conjunction yang bisa kamu gunakan mislanya: after, as, as if, before, since, when, although, because dan banyak lagi yang lainnya.

Beberapa relative pronoun yang bisa kamu gunakan misalnya: who, which, whose, whom dan that.

Penjelasan tentang compound sentence dan juga complex sentence telah saya berikan di atas, sekarang kita akan mendiskusikan tentang tipe kalimat compound complex sentence yang menjadi tema inti dalam tulisan kali ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa compound complex sentence merupakan gabungan dari konsep compound sentence dan complex sentence, maka secara sederhana bisa kita bilang bahwa di dalam sebuah kalimat yang berjenis compound complex sentence akan ada compound sentence dan juga complex sentence. Atau berdasarkan definisi nya, compound complex sentence adalah sentence type yang memiliki dua atau lebih independent clause dan satu atau lebih dependent clause.

Saya rasa sampai disini sudah cukup jelas ya seperti apa compound complex sentence itu. Aturan-aturan dalam membuatnya tentu sama dengan yang telah saya sampaikan tentang compound sentence dan juga complex sentence di atas. Teman-teman hanya perlu berlatih membuat contoh kalimatnya saja agar semakin paham. Berikut ini saya sudah siapkan beberapa contoh compound complex sentence yang bisa sobat amati.

Contoh Compound Complex Sentence

My brother doesn’t like K-drama because it is boring, so he ignore it.

Independent clause 1: My brother doesn’t like K-drama

Independent clause 2: he ignore it

Dependent clause: because it is boring

I visited the place that you told me, and I bought some merchandise.

Independent clause 1: I visited the place

Independent clause 2: I bought some merchandise

Dependent clause: that you told me

I wrote a poem yesterday because I had free time, and I gave it to my mother.

Independent clause 1: I wrote a poem yesterday

Independent clause 2: I gave it to my mother

Dependent clause: because I had free time

My father planted some trees in front of our house, but he didn’t build fence around it because he is too tired.

Independent clause 1: My father planted some trees in front of our house

Independent clause 2: he didn’t build fence around it

Dependent clause: because he is too tired

Aturan Penggunaan Tanda Baca Dalam Compound Complex Sentence

Ada aturan tanda baca yang perlu diperhatikan dalam penulisan kalimat berjenis compound complex sentence yaitu penggunaan tanda baca comma ( , ). Berikut keterangannya:

Gunakan comma saat:

Menggunakan coordinate conjunction. Letak tanda koma tepat sebelum conjunction tersebut.

Menggunakan adverbial clause. Letak tanda koma  di ujung klausa.

Menggunakan adjective clause. Letak tanda koma mengapit klausa atau tergantung penting atau tidaknya informasi yang terkandung di dalamnya.

Oke deh sobat, itulah ulasan singkat yang bisa saya sajikan seputar pengertian compound complex sentence dalam Bahasa Inggris, saya harap bisa sedikit membantu sobat yang sedang berusaha memahami jenis kalimat dalam Bahasa Inggris ini. Terimakasih atas kunjungannya, sampai ketemu lagi dan jangan lupa baca juga Contoh Narrative Text Legend Di Nusantara Dan Terjemahannya.

Referensi:

  1. The Compound-Complex Sentence – https://www.english-grammar-revolution.com/compound-complex-sentence.html – Diakses tanggal 5 Juli 2018
  2. Compound-Complex Sentence: Examples adn Definition – http://englishsentences.com/compound-complex-sentence/ – Diakses tanggal 5 Juli 2018
  3. Compound Complex Sentences Examples – http://www.softschools.com/examples/grammar/compound_complex_sentences_examples/441/ – Diakses tanggal 5 Juli 2018
  4. Pengertian dan Contoh Kalimat Compound-Complex Sentence – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-compound-complex-sentences – Diakses tanggal 5 Juli 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *