Pengertian Compound Adjective Beserta Contoh Lengkapnya


Dalam tulisan kali ini kita akan membahas pengertian compound adjective beserta contoh lengkapnya. Sobat pembaca mungkin merasa penasaran ya sekarang, apa sih compound adjective itu? Kenapa perlu kita bahas? Dan seperti apa contohnya? Nah, buat kamu yang baru pertama kali mendengar istilah ini dan ingin tau lebih jauh, silahkan baca deh penjelasan singkat tentang compound adjective yang saya siapkan di bawah ini.

Sebelum kita masuk ke penjelasan tentang compound adjective, ada baiknya kita menyegarkan ingatan kita lagi tentang apa itu adjective (kata sifat). Adjective adalah kata yang berfungsi untuk menerangkan kata benda. Misalnya saja kata “beautiful” dalam “beautiful girl”, kata tersebut memberikan keterangan pada noun “girl” dan akhirnya membuat kita memiliki informasi tambahan tentang nya. Bagaimana sobat, cukup jelas ya. Sekarang, ayo kita pelajari bersama materi tentang compound adjective di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Compound Adjective In English

Pengertian Compound Adjective Beserta Contoh Lengkapnya

Pengertian Compound Adjective

Compound adjective adalah kata sifat yang terdiri dari dua kata atau lebih namun berfungsi layaknya sebuah adjective tunggal yaitu menerangkan sebuah noun (kata benda). Hal ini sering dikenal juga dengan sebutan “hyphenated adjective” karena pada penulisannya kosakata pembentuk sebuah compound adjective haruslah dihubungkan dengan “hyphen” atau tanda hubung untuk menghindari pemahaman yang ambigu serta untuk mengindikasikan bahwa kumpulan kata tersebut bertindak sebagai satu idea tau konsep.

Related: Inilah Penggunaan Would Prefer Yang Benar Dalam Kalimat

Misalnya saja seperti contoh berikut ini:

English-speaking country” yang artinya “Negara yang berbahasa Inggris”. Pada contoh ini, “english-speaking” merupakan compound adjective yang menerangkan noun “country”.

Atau contoh lainnya seperti:

Four-hour trip” yang artinya “perjalanan dengan durasi empat jam”. Pada contoh ini, “four-hour” bertindak sebagai compound adjective yang menerangkan noun “trip”.

Jika kita perhatikan dari kedua contoh compound adjective yang saya tampilkan, Nampak jelas bahwa keberadaan compound adjective memang karena kondisi nya memaksa hal itu untuk ada, jika kita tidak menggunakan nya, maka makna yang ingin diungkapkan tentu tidak sampai. Bayangkan saja misalnya kita hanya memenggal contoh pertama menjadi “english country” saja atau “speaking country” saja, tentu tidak bisa kan.

Compound Adjective Yang Mengandung Angka

Bentuk compound adjective yang mengandung angka sering sekali muncul dalam percakapan sehari-hari umumnya berkaitan dengan keterangan durasi waktu. Salah satu contohnya seperti yang telah saya sebutkan di atas, yaitu “Four-hour trip”. Hal yang perlu kita perhatikan adalah: tuliskan angka tersebut dalam bentuk kata dan bukan angka, selain itu kata yang merujuk pada durasi waktu tersebut dituliskan dalam bentuk singular kemudian dihubungkan dengan tanda “hyphen” pada angka nya. Perhatikan beberapa contoh berikut ini:

Contoh Compound Adjective yang mengandung angka:

Five-week vacation

Fifteen-minute delay

One-hour class

Pola Compound Adjective

Berikut ini adalah beberapa pola pembentuk compound adjective yang sering kita temui penggunaannya:

Adverb + Past Participle

Brightly-lit room

Well-known painter

Densely-populated town

Noun + Past Participle

Wind-powered generators

Sun-dried raisins

Noun + Present Participle

Mouth-watering strawberries

Record-breaking jump

Noun + Adjective

World-famous inventor

Smoke-free area

Adjective + Noun

Last-minute decision

Full-length version

Adjective + Past Participle

Old-fashioned necklace

Cold-blooded species

Warm-blooded animal

Adjective + Present Participle

Good-looking boy

Long-lasting relationship

Compound Adjective dalam bentuk Proper Noun

Proper noun, seperti nama orang atau nama sesuatu, ada kalanya digunakan untuk menerangkan sebuah noun dan berfungsi layaknya adjective pada umumnya. Dalam keadaan seperti ini, proper noun tersebut merupakan compound adjective dan dalam penulisannya tidak diperlukan tanda “hyphen” namun harus menggunakan huruf capital pada awal masing-masing kata nya. Perhatikan contoh berikut:

Elton John concert

Brian McKnight albums

Catatan Tambahan tentang Compound Adjective

Ternyata ada trik sederhana yang bisa kita lakukan untuk mempermudah kita mengingat penggunaan tanda “hyphen” dalam menghubungkan kata-kata pembentuk compound adjective.

Yang pertama, kita bisa memastikan terlebih dahulu apakah yang ingin kita hubungkan tersebut mewakili sebuah konsep atau tidak, karena pada dasarnya sebuah compound adjective hanya mewakili satu konsep adjective saja. Misalnya pada contoh berikut: “My hometown is an old gold-mining town.” Jika sobat perhatikan, meski “old” juga merupakan adjective, namun kata tersebut tidak dihubungkan dengan bentuk compound noun “gold-mining”, karena “gold-mining” sudah mewakili sebuah konsep dan kata “old” menerangkan konsep “gold-mining” ini sebagai adjective tunggal.

Yang kedua, kita bisa mencobakan apakah antara kedua kata yang membentuk compound adjective tersebut bisa kita sisipkan kata “and”, jika iya, maka tanda “hyphen” tidak perlu digunakan. Misalnya: “He has round big eyes.” Jika kita sisipkan kata “and” diantara “round” dann “big” maka kalimatnya menjadi “He has round and big eyes.” Makna nya bisa diterima ya, berarti di sini tanda “hyphen” tidak diperlukan.

Contoh Compound Adjective Lengkap

Berikut ini adalah beberapa contoh compound adjective yang saya temukan dari berbagai sumber di internet:

absent-minded, old-fashioned, strong-willed, kind-hearted, green-eyed, cold-blooded, well-behaved, well-known, well-built, well-educated, well-played, well-planned, highly-recommended, highly-respected, open-minded, sun-dried, wind-powered, tongue-tied, high-spirited, middle-aged, good-looking, slow-moving, time-saving, free-standing, short-haired, never-ending, long-lasting, widely-recognized, mouth-watering, record-breaking, five-day, last-minute, high-end, low-end, high-speed, full-length, ice-cold, part-time, 300-page, four-hour, twenty-mile, oil-free, smoke-free, world-famous, two-year-old, four-foot, all-too-common.

Itulah tadi sekilas materi yang bisa saya sajikan tentang materi compound adjective dalam Bahasa Inggris, saya harap penjelasan yang saya berikan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih banyak sudah membaca tulisan saya kali ini hingga selesai, semoga bermanfaat bagi sobat pembaca semua, sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya. Jangan lupa, luangkan waktumu untuk membaca artikel terbaru yang berjudul Pengertian Compound Noun Beserta Contoh Lengkapnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Compound Adjective Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-compound-adjective – Diakses tanggal 12 Juli 2018
  2. What is a Compound Adjective? Definition & Examples – https://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/adjectives/compound-adjectives/ – Diakses tanggal 12 Juli 2018
  3. Compound Adjectives – English Grammar – http://www.grammar.cl/english/compound-adjectives.htm – Diakses tanggal 12 Juli 2018
  4. COmpound Adjectives in English – https://www.espressoenglish.net/compound-adjectives-in-english/ – https://www.espressoenglish.net/compound-adjectives-in-english/ – Diakses tanggal 12 Juli 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *