Pengertian Complex Transitive Verb Beserta Contoh Lengkapnya


Hai sobat semua, dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari pengertian complex transitive verb beserta contoh lengkapnya. Dari namanya, mungkin kita bisa menebak ya bahwa complex transitive verb adalah jenis transitive verb yang bersifat kompleks. Saya rasa kita sudah tidak asing ya dengan istilah transitive verb, atau mungkin ada diantara sobat pembaca yang belum pernah dengar istilah ini sebelumnya? Jika iya, ijinkan saya memberikan penjelasan singkat tentang itu.

Transitive verb adalah jenis verb (kata kerja) yang selalu membutuhkan object. Jadi jika kata kerja yang kita gunakan dalam kalimat tergolong kedalam transitive verb, maka bisa dipastikan bahwa setelah kata kerja tersebut akan diikuti dengan object. Seperti apa sih contohnya? Salah satu contoh transitive verb adalah kata “buy”. Saat kata ini digunakan dalam kalimat, pasti setelahnya kita harus menambahkan object, coba bayangkan, mungkinkah kamu hanya berkata “I want to buy” ? tentu akan timbul pertanyaan kan, “what do you want to buy?”. Karena kata “buy” merupakan transitive verb, sehingga tanpa kehadiran object, makna nya menjadi tidak lengkap. Contoh kalimat lengkapnya adalah “I want to buy a car”, dimana “a car” merupakan object dari verb “buy”. Bisa dipahami ya sampai di sini? Sekarang, yuk kita pelajari selengkapnya tentang complex transitive verb di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Complex Transitive Verb In English

Pengertian Complex Transitive Verb Beserta Contoh Lengkapnya

Pengertian Complex Transitive Verb

Complex transitive verb adalah kata kerja (verb) yang membutuhkan direct object beserta object complement nya. Apa itu direct object? Direct object adalah object yang terkena dampak langsung dari verb (kata kerja). Apa itu object complement? Object complement adalah hal yang memberikan keterangan terhadap direct object tersebut. Hal ini dapat berupa: Noun, Pronoun, maupun Adjective.

Related: Penjelasan Lengkap Reported Speech Dan Contoh Kalimatnya

Yang termasuk kedalam complex transitive verb adalah kata-kata berikut ini: think, regard, rate, prove, pronounce, presume, name, make, label, know, keep, judge, find, elect, declare, consider, dan believe. Perlu kita perhatikan bahwa sebuah verb terkadang bisa masuk kedalam beberapa kategori. Misalnya saja kata “make” yang bisa tergolong kedalam complex transitive verb dan juga transitive verb biasa.

Contoh:

“My sudden decision made her sad.” – Complex Transitive Verb

“My sister makes delicious breakfast every morning.” – Transitive Verb

Rumus Complex Transitive Verb

Dalam menggunakan kata kerja yang tergolong ke dalam Complex Transitive Verb, ikutilah pola atau rumus berikut ini:

Subject + Complex Transitive Verb + Direct Object + Object Complement

Contoh: She + found + the birthday gift + appealing.

Bentuk Passive dengan menggunakan Complex Transitive Verb

Keberadaan object dalam penggunaan kata kerja berjenis Complex Transitive Verb memungkinkannya untuk diubah dari bentuk active menjadi bentuk passive. Berikut contohnya:

Active: They made him a team leader.

Passive: He was made a team leader.

Contoh Kalimat Complex Transitive Verb Lengkap

Berikut ini saya tampilkan beberapa contoh kalimat yang menggunakan complex transitive verb di dalamnya. Silahkan disimak.

The court declared the officer innocent.

(Pengadilan mengumumkan petugas itu tidak bersalah.)

My brother found his classmate interesting.

(Saudara saya merasa teman kelas nya menarik.)

The townsfolk considered him a savior.

(Orang-orang kota menganggapnya seorang penyelamat.)

Mr. Richard keeps his class challenging.

(Pak Richard menjaga kelasnya tetap menantang.)

Artanti named her daughter Yora.

(Artanti menamai anak perempuannya Yora.)

Selesai sudah pembahasan singkat kita tentang pengertian Complex Transitive Verb beserta contoh lengkapnya, semoga bisa dipahami dengan mudah. Agar sobat semakin paham akan materi ini, saya sangat menyarankan kamu untuk mencari lebih banyak lagi contoh penggunaan complex transitive verb dalam kalimat di internet. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca tulisan ini, mudah-mudahan bermanfaat. Jangan lupa sebelum kamu menutup browsermu, baca juga artikel tentang Pengertian Compound Adjective Beserta Contoh Lengkapnya.

Referensi:

  1. Definition and Examples of Complex Transitive Verbs – https://www.thoughtco.com/what-is-complex-transitive-verbs-1689888 – Diakses tanggal 14 Juli 2018
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat “Complex Transitive Verb” – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-complex-transitive-verbs – Diakses tanggal 14 Juli 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *