Pengertian Colon Punctuation Di Bahasa Inggris Dan Fungsinya


Colon adalah salah satu punctuation (tanda baca) dalam Bahasa Inggris. Bentuknya adalah seperti berikut ini ( : ) dan dalam Bahasa Indonesia, tanda baca Colon dikenal dengan sebutan tanda “titik dua” karena memang dari segi bentuk, punctuation yang satu ini terdiri dari dua buah titik.

Sobat semua pasti tau ya bahwa setiap tanda baca atau punctuation akan memiliki fungsi atau kegunaan masing-masing. Begitu pula dengan tanda yang kita sebut dengan Colon ini. Melalui artikel kali ini, kita akan mempelajari bersama pengertian Colon punctuation dalam Bahasa Inggris dan fungsi nya, agar kita bisa menggunakan tanda baca ini dengan tepat dalam tulisan kita. – Bigbanktheories.com

Colon Punctuation in English

Pengertian Colon Punctuation Di Bahasa Inggris Dan Fungsinya

Colon (Punctuation in English)

Colon adalah tanda baca atau punctuation yang disimbolkan dengan dua buah titik dengan ukuran sama besar dan diletakkan sejajar dalam posisi vertical. Dalam Bahasa Indonesia kita menyebutnya dengan tanda titik dua. Sama halnya dengan tanda baca yang lain, Colon juga memiliki fungsi tertentu dalam tulisan. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai fungsi atau kegunaan dari tanda baca Colon ini sobat. So, buat kamu yang ingin tau kapan dan dimana kita bisa menggunakan tanda baca Colon atau Titik Dua ini, silahkan baca penjelasan singkat berikut ini.

Related: Bingung Saat Ketemu Soal Kalimat Aktif Dan Pasif? Baca Ini

Fungsi Tanda Baca Colon (Titik Dua)

Berikut ini akan saya berikan sedikit penjelasan mengenai berbagai fungsi tanda baca titik dua atau Colon beserta contohnya.

Introducing a list

Colon bisa digunakan untuk menampilkan sebuah daftar benda-benda atau hal-hal yang bersifat sebagai rincian informasi dari sebuah pernyataan yang bersifat umum. Perhatikan contoh berikut ini:

The university has five majors: Education, Economic, Science, Law and Engineering.

(Universitas itu memiliki lima jurusan: Pendidikan, Ekonomi, Ilmu Pengetahuan, Hukum dan Tehnik.)

Separating Clause

Colon juga bisa digunakan sebagai pemisah antara independent clause dengan independent clause lainnya dalam sebuah kalimat dengan syarat bahwa salah satu independent clause merupakan penjelasan atau ilustrasi dari pernyataan dalam clause yang lainnya. Perhatikan contoh berikut ini:

His living room is full of colour: the wall is green, the floor is blue, and the ceiling is yellow.

(Ruang tamu nya penuh warna: dinding nya hijau, lantai nya biru, dan langit-langitnya kuning.)

Emphasis

Colon juga bisa digunakan untuk memberikan penekanan terhadap sebuah frasa, atau sebuah kata yang terletak di bagian akhir kalimat. Perhatikan contoh berikut ini:

After all, there is one thing that could give power in our life to survive anything: love.

(Pada akhirnya, ada satu hal yang mampu memberikan kekuatan di dalam hidup kita untuk bertahan dari apapun: cinta.)

Selain beberapa kegunaan di atas, tanda titik dua atau Colon digunakan juga dalam beberapa hal berikut ini:

Time

Berhubungan dengan “time” atau “waktu”, Colon digunakan untuk memisahkan antara jam dengan menit. Tentu kita sudah sangat sering melihatnya dalam jam tangan atau jam dinding digital ya. Penulisan yang benar adalah tanpa spasi baik sebelum maupun setelah tanda Colon tersebut. Contohnya: 10:15 a.m.

Ratio

Colon juga bisa digunakan untuk menunjukkan Ratio atau perbandingan. Salah satu contoh yang mungkin sering kita temukan misalnya perbandingan antara tepung dan gula dalam resep masakan. Contohnya: 1:5 (Tepung dan Telur)

References

Colon juga bisa digunakan dalam penulisan referensi. Fungsi nya dalam hal ini adalah untuk memisahkan antara volum sumber kutipan dengan nomor halaman nya. Contohnya: English For Specific Purpose 2:75-80 (cara membaca nya adalah: pages 75 through 80 of volume two)

Correspondence

Colon juga digunakan dalam penulisan Correspondence dalam surat. Contohnya: PS: bring your baseball hat

Nah, untuk saat ini mungkin itu yang bisa saya sajikan untuk sobat semua, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari penjelasan tentang tanda baca Colon atau titik dua dan cara penggunaannya. Mohon maaf jika penjelasan yang saya bagikan kali ini tidak lengkap, masih banyak detil informasi lain terkait penggunaan tanda baca Colon yang bisa sobat temukan dari berbagai sumber di internet, tapi yang perlu kita ingat adalah, pada dasarnya tanda Colon itu mengindikasikan bahwa ada penjelasan setelah nya atau ada informasi tambahan setelah nya.

Terimakasih banyak atas waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat bagimu. Sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya, dan jangan lupa baca juga artikel yang berjudul Penggunaan Come Dan Go Yang Tepat Dalam Kalimat.

Referensi:

  1. Colon – http://www.thepunctuationguide.com/colon.html – Diakses tanggal 27 Agustus 2018
  2. Colon (punctuation) – https://en.wikipedia.org/wiki/Colon_(punctuation) – Diakses tanggal 27 Agustus 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *