Pengertian Clause Beserta Jenis Dan Contoh Lengkapnya


Halo sobat, apakah kamu sedang mencari pengertian clause beserta jenis dan contoh lengkapnya? Jika iya, maka tulisan saya kali ini mungkin bisa menjadi langkah pertama bagimu untuk mengenal lebih jauh tentang apa yang dimaksud dengan istilah “Clause” dalam Bahasa Inggris itu. Pemahaman akan apa itu Clause menurut saya adalah hal yang sangat penting dalam mempelajari Bahasa Inggris, karena dalam menggunakan suatu bahasa ternyata kita tidak akan bisa terlepas dari Clause (Klausa) dan berbagai jenis nya. Untuk itu, ayo kita pelajari bersama melalui artikel ini. – Bigbanktheories.com

Types of Clause In English

Pengertian Clause Beserta Jenis Dan Contoh Lengkapnya

Pengertian Clause (Klausa)

Clause adalah kombinasi kosakata yang mengandung sebuah ide pikiran yang utuh. Sebuah klausa atau Clause harus mengandung sebuah subject dan sebuah verb (kata kerja). Karena mampu mengutarakan sebuah ide pikiran yang utuh dan mengandung “subject” serta “verb”, maka sebuah clause bisa saja merupakan sebuah simple sentence juga. Dengan begini, kita bisa katakan juga bahwa sebuah kalimat pasti mengandung setidaknya sebuah clause. Perhatikan contoh berikut ini:

I love you.

Related: Negative Adverb Dalam Grammar Beserta Contoh Dan Artinya

Contoh di atas merupakan contoh clause yang juga merupakan sebuah sentence (kalimat). Subject pada contoh di atas adalah “I” dan verb nya adalah “love”. Bagaimana sobat? Mudah dipahami kan.

Seperti yang telah saya sampaikan di atas bahwa Clause dalam Bahasa Inggris akan dibagi menjadi beberapa jenis atau tipe. Jika sobat mencoba mencari di google dengan kata kunci “kind of clause” atau “type of clause”, maka penjelasan yang akan sobat temukan mungkin berbeda antar satu dan yang lainnya. Beberapa sumber ada yang menyatakan bahwa jenis clause itu ada 3, dan ada pula yang beranggapan bahwa types of clause itu ada 4 dan bahkan 6. Dalam kesempatan kali ini, saya sudah merangkum penjelasan dari beberapa sumber tersebut. Saya harap informasi yang saya sajikan di bawah ini bisa bermanfaat dan membantumu dalam memahami pengertian serta jenis clause dalam Bahasa Inggris.

Jenis Clause Beserta Contoh Lengkapnya

Jenis Clause mungkin dapat dijabarkan menjadi beberapa jenis. Namun menurut saya ada dua jenis yang wajib kita ketahui lebih dulu yaitu: Main Clause (Independent Clause) dan Subordinate Clause (Dependent Clause). Kedua jenis ini menurut saya penting untuk kita pelajari terlebih dahulu karena dengan mengenal kedua konsep inilah kita akan bisa memahami pengertian Clause serta mampu membedakannya dengan pengertian sentence (kalimat).

Main Clause (Independent Clause)

Main clause atau yang dikenal juga dengan nama Independent clause adalah jenis klausa yang mampu berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat. Jika kita kaitkan dengan nama nya, wajar jika jenis clause yang satu ini dijuluki “independent” clause yang jika kita terjemahkan maknanya “mampu berdiri sendiri” atau “tidak bergantung”. Kalau begitu, apa dong bedanya main clause dengan sentence? Jawabannya ya tidak ada bedanya jika dilihat dari segi konten atau isi. Namun, karena syarat sebuah kalimat haruslah diakhiri dengan tanda baca berupa full stop (tanda titik), atau tanda baca lain seperti exclamation mark (tanda seru) dan juga question mark (tanda tanya) yang juga sama-sama mengandung unsur “titik” dan bisa digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat, maka bisa dikatakan beda antara main clause dengan simple sentence adalah ada atau tidaknya tanda titik di bagian akhirnya.

Contoh Main Clause

I know.

She locked the door.

I want an ice cream.

Subordinate Clause (Dependent Clause)

Subordinate clause atau yang kita kenal juga dengan nama Dependent clause adalah jenis klausa yang tidak bisa berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat karena tidak mampu mengungkapkan sebuah ide pikiran yang utuh. Supaya bisa menjadi sebuah kalimat yang utuh, sebuah subordinate clause haruslah digabungkan dengan Main Clause.

Subordinate clause atau Dependent clause ini bisa kita jabarkan lagi kedalam 3 jenis dependent clause dasar yaitu: noun clause, adjective clause, serta adverbial clause.

Contoh Subordinate Clause

Because I love you

Before you met me

But I don’t know him

Coba perhatikan contoh subordinate clause / dependent clause di atas sobat, apakah kamu bisa menangkap apa yang sebenarnya sedang diungkapkan dari ketiga contoh tersebut? Tentu tidak ya. Ketiganya terkesan “menggantung” atau menceritakan sesuatu secara tidak lengkap, sehingga kita pun tidak mampu menangkap cerita yang ingin disampaikan. Inilah yang disebut dengan dependent clause itu sobat, oleh karena ia tidak mampu mengungkapkan sebuah ide pikiran yang utuh, maka ia membutuhkan bantuan informasi yang terletak di Main Clause. Semuanya akan semakin jelas setelah sobat mempelajari penjelasan serta contoh dari masing-masing jenis dependent clause berikut ini:

Noun Clause

Noun clause adalah klausa yang dapat menempati posisi noun (kata benda) dalam kalimat. Ini artinya, sebuah noun clause dapat berfungsi sebagai subject atau object dalam sebuah kalimat.

Contoh Noun Clause

What you said made me happy.

Dalam contoh di atas, noun clause nya adalah “what you said”, dan dalam kalimat ini noun clause nya menempati posisi “subject”. Salah satu pembuktian yang bisa kita lakukan untuk menguji apakah sebuah klausa merupakan noun clause atau bukan adalah dengan cara menggantikannya dengan pronoun “it”. Ayo kita coba!

What you said made me happy.

It made me happy.

Bagaimana sobat, ternyata maknanya masih dapat diertahankan meski kita menggantinya dengan kata “it”. Ini membuktikan kalau bagian yang kita gantikan itu memang merupakan sebuah noun clause.

Adjective Clause

Adjective clause adalah klausa yang bersifat layaknya sebuah adjective (kata sifat) dalam sebuah kalimat. Ini artinya, klausa dengan jenis yang satu ini dapat memberi keterangan terhadap noun atau pronoun dalam sebuah kalimat.

Contoh Adjective Clause

The man who looks happy is working in the library.

Dalam contoh di atas, adjective clause nya adalah “who looks happy”. Jika kita perhatikan, noun yang diterangkan adalah subject kalimat yaitu “The man”.

Adverbial Clause

Adverbial clause adalah klausa yang berfungsi layaknya sebuah adverb (kata keterangan) dalam sebuah kalimat. Ini artinya, klausa ini dapat memodifikasi makna atau member keterangan terhadap verb, adjective, maupun adverb lainnya.

Contoh Adverbial Clause

After the class has finished, Mr. Priyono go to the doctor.

Dalam contoh di atas, adverbial clause nya adalah “after the class has finished”. Jika kita perhatikan, informasi yang ditambahkan adalah keterangan waktu “kapan” Mr. Priyono pergi ke dokter.

Oke deh sobat, sampai di sini penjelasan yang bisa saya berikan berkaitan dengan pengertian clause beserta jenis dan contoh lengkapnya, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih atas waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca artikel ini hingga selesai, saya harap kamu menyukai nya. Sampai ketemu lagi dan jangan lupa baca juga Contoh Imaginative Recount Text Pendek Beserta Artinya.

Referensi:

  1. Pengertian, Macam dan Contoh Kalimat Clause Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-clause – Diakses tanggal 30 September 2018
  2. What is a clause? Definition, Examples of Clauses in Sentences – https://writingexplained.org/grammar-dictionary/clauses – Diakses tanggal 30 September 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *