Pengertian Antithesis Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Selamat pagi sobat, dalam artikel kali ini kita akan mempelajari bersama pengertian serta contoh Antithesis dalam Bahasa Inggris. Sebelum masuk ke pembahasan materi, saya ingin tau dulu nih, sejauh mana yang sudah sobat ketahui tentang Antithesis selama ini? Jika sobat sudah pernah mempelajari materi ini sebelumnya, maka mungkin penjelasan singkat di bawah ini akan menjadi penyegar ingatanmu saja, karena saya yakin sobat sudah memahami seperti apa figure of speech (majas) yang kita kenal dengan sebutan Antithesis ini. Namun, jika ini adalah kali pertama bagimu untuk mengenal pengertian serta contoh penggunaan Antithesis, maka tulisan saya kali ini mungkin bisa menjadi langkah awal bagimu untuk memahami materi ini.

Antithesis juga termasuk kedalam rhetorical device yang digunakan oleh penulis atau pembicara untuk menciptakan kesan atau efek tertentu dalam kalimat yang ia gunakan. Sama hal nya dengan jenis rhetorical device yang lain, Antithesis juga mengikuti pola tertentu. Salah satu contoh penggunaan Antithesis yang dikenal secara global adalah pada judul kisah cinta “Beauty and The Beast”. Mengapa judul dongeng ini bisa digolongkan sebagai contoh Antithesis? Penasaran akan penjelasannya? Silahkan simak ulasan singkat yang telah saya siapkan di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Antithesis

Pengertian Antithesis Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Antithesis

Antithesis adalah istilah gaya bahasa dimana dua hal yang berlawanan atau bertolak belakang (opposite ideas) diletakkan secara bersamaan dalam sebuah kalimat dengan tujuan untuk menimbulkan kesan perbandingan (contrasting effect). Secara sederhananya, matahari (the sun) bisa dikatakan merupakan Antithesis dari bulan (the moon), begitu pula sebaliknya. Kata “Tua (old)” bisa menjadi Antithesis dari kata “Muda (young)” dan sebagainya. Namun perlu diingat bahwa yang di kontraskan adalah “idea”, jadi ini berarti Antithesis tidak selalu harus berbentuk kata, namun bisa jadi sesuatu yang lebih besar seperti frasa (phrase) ataupun klausa (clause).

Related: Pengertian Analogy Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Perlu kita perhatikan juga bahwa dua hal yang dibandingkan dalam Antithesis umumnya berada dalam tingkatan struktur yang sama (parallel structure). Apa yang dimaksud parallel structure di sini? Maksudnya, kedua hal yang dibandingkan haruslah sesuai, mulai dari segi bentuk (misalnya phrase dan phrase atau clause dan clause), structure / tenses yang digunakan, dan bahkan jika memungkinkan dari segi jumlah kata yang terkandung di masing-masing konsep yang sedang dibandingkan tersebut. Misalnya saja contoh Antithesis berikut ini: “Float like a butterfly, sting like a bee”. Contoh tersebut saya temukan di website writingexplained(dot)org, dan berdasarkan pernyataan yang ada di website tersebut, contoh ini merupakan kutipan dari kalimat yang pernah diucapkan oleh Muhammad Ali sang petinju yang sangat terkenal di tahun 60an.

Jika kita perhatikan dari contoh tersebut, idea tau konsep yang dibandingkan adalah antara “butterfly” dengan “bee”. Melihat dari sifat kedua jenis hewan tersebut, sudah Nampak jelas bahwa kedua nya memiliki karakter yang sangat bertolak belakang, dimana kupu-kupu cenderung kita kategorikan sebagai hewan dengan karakter lembut dan penuh keindahan, sedangkan lebah cenderung kita kategorikan sebagai hewan berbahaya dan terkadang menyeramkan. Terlebih lagi, saat kita amati dari segi kesamaan struktur, kedua konsep ternyata sama-sama di ungkapkan dalam bentuk Simile, dimana keduanya menggunakan kata “like” untuk menerangkan suatu konsep. Jumlah kata yang digunakan pun ternyata sama di kedua sisi, yaitu 4 kata.

Bagaimana sobat, sudah jelas ya pengertian Antithesis itu seperti apa. Nah, sekarang saya yakin sobat sudah tau deh alasannya, kenapa judul dongeng “Beauty and the Beast” bisa jadi salah satu contoh Antithesis. Ya, benar banget, jawabannya tentu karena kontras atau perbedaan antara konsep “Beauty (cantik)” dan “Beast (monster/buruk rupa)”. Kalau begitu, sekarang saatnya kita mengamati beberapa contoh umum Antithesis dalam Bahasa Inggris di bawah ini.

Contoh Antithesis Dalam Bahasa Inggris

Poor or Rich, Noble or Commoners, all are equal before the law.

(Kaya atau Miskin, Bangsawan atau Rakyat Jelata, semua sama di hadapan hukum.)

Stepping on the moon is a small step for man, but a giant leap for mankind. – Neil Armstrong

(Melangkah di bulan adalah sebuah langkah kecil bagi seseorang, namun sebuah lompatan besar bagi manusia. – Neil Armstrong)

Men, Women, Children, Adults, work together to rebuild their village after the disaster.

(Laki-laki, Perempuan, Anak-anak, Orang Dewasa, bekerja sama untuk membangun kembali desa mereka setelah bencana itu.)

Patience is bitter, but it has a sweet fruit. – Aristotle

(Kesabaran itu pahit, tapi berbuah manis. – Aristotle)

It doesn’t matter how small or big your salary is, what does matter is how much you cherish it.

(Tidaklah penting seberapa kecil atau besar pendapatanmu, yang penting adalah seberapa banyak kamu menghargai nya.)

Oke deh sobat, itulah beberapa contoh Antithesis dalam Bahasa Inggris yang bisa saya bagikan kali ini, mudah-mudahan penjelasan serta contoh yang ada dalam tulisan kali ini bermanfaat bagimu. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai, sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Jika ada waktu luang, baca juga Pengertian Antiphrasis Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Examples of Antithesis – http://examples.yourdictionary.com/examples-of-antithesis.html – Diakses tanggal 10 Desember 2018
  2. Antitesis – https://id.wikipedia.org/wiki/Antitesis – Diakses tanggal 10 Desember 2018
  3. Antithesis – https://en.wikipedia.org/wiki/Antithesis – Diakses tanggal 10 Desember 2018
  4. Antithesis – https://literarydevices.net/antithesis/ – Diakses tanggal 10 Desember 2018
  5. What is Antithesis? Definition, Examples of Antitheses in Writing – https://writingexplained.org/grammar-dictionary/antithesis – Diakses tanggal 10 Desember 2018
  6. Definition and Examples of Antithesis – https://www.myenglishpages.com/site_php_files/writing-antithesis.php – Diakses tanggal 10 Desember 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *