Pengertian Antimetabole Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Antimetabole adalah sebuah bentuk figure of speech (majas) dalam Bahasa Inggris. Istilah “Antimetabole” berasal dari kosakata dalam Bahasa Yunani yang berarti “turning about” atau dalam Bahasa Indonesia nya bisa kita sebut dengan berbalik. Mendengar pernyataan ini, tentu kita jadi penasaran ya, seperti apa pengertian serta contoh Antimetabole ini. Untuk menjawab rasa penasaran itu, saya pun memutuskan untuk menulis penjelasan singkat tentang Antimetabole dalam artikel kali ini.

Waktu pertama kali saya mendengar istilah ini, saya pikir hal ini berhubungan dengan pelajaran Biologi lho hehe, karena ada kata “metabole” yang seolah-olah berasal dari kata “metabolism” yang berarti “proses kimiawi dalam tubuh kita”, namun ternyata bukan ya hehe. Antimetabole merupakan gaya yang digunakan oleh penulis atau pembicara dengan tujuan menimbulkan efek yang dapat menarik perhatian pendengar. Penasaran seperti apa Antimetabole itu dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak penjelasan singkat berikut ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Antimetabole

Pengertian Antimetabole Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Antimetabole

Antimetabole adalah istilah dalam literature yang merujuk pada tindakan mengulang frasa atau klausa dalam bentuk yang terbalik. Perlu kita perhatikan bahwa yang dibalik adalah susunan kosakata di dalam frasa atau klausa tersebut dan inilah yang menjadi pembeda antara Antimetabole dengan Chiasmus. Jika di dalam Antimetabole yang diulang dalam posisi terbalik adalah dari segi struktur klausa atau frasa, maka dalam Chiasmus yang diulang dalam posisi terbalik adalah konsepnya.

Related: Conditional Type 2 Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Penjelasan tentang pengertian Antimetabole di atas tentu tidak lengkap dan masih sulit untuk dipahami tanpa contoh ya. Nah, sekarang saya akan berikan satu contoh yang mungkin bisa dibilang pernyataan dalam bentuk Antimetabole yang sangat terkenal yaitu: “Do what you love, love what you do”. Bagaimana? Saya yakin sobat pasti pernah mendengar pernyataan ini kan, nah ini lah yang disebut dengan Antimetabole. Seperti yang bisa kita amati, kosakata dalam pernyataan tersebut diulang dan dibalik strukturnya, sehingga memberikan kesan menarik bagi pendengar ataupun pembaca.

Oh ya, ternyata penggunaan Antimetabole dalam kalimat tidak hanya ditujukan untuk memberikan kesan menarik saja lho. Dalam kondisi tertentu, kita menggunakan struktur seperti ini untuk menyatakan keraguan (doubt) maupun sindiran (sarcasm). Penasaran contohnya seperti apa? Langsung lihat di bawah ini deh.

Oh it is, is it?

So, you can, can you?

Oh she has, has she?

Nah, itulah contoh penggunaan Antimetabole yang mengekspresikan keraguan atau sindiran. Saya yakin contoh seperti di atas sudah sangat sering kita dengar dalam sebuah percakapan berbahasa Inggris.

Contoh Antimetabole Dalam Bahasa Inggris

Di bawah ini saya sajikan beberapa contoh Antimetabole dalam Bahasa Inggris, beberapa diantaranya mungkin sudah sering kamu dengar karena merupakan pernyataan dalam pidato terkenal.

“Ask not what your country can do for you; ask what you can do for your country.” – John F. Kennedy

“Never let a fool kiss you, or a kiss fool you.”

“Counts every minute, cause every minute counts”

“Eat to live, not live to eat.” – Socrates

“You like it; it likes you”

“Always remember your parents, cause your parents always remember you.”

Oke deh sobat, seperti itulah contoh Antimetabole dalam Bahasa Inggris, saya harap artikel kali ini bisa memperluas pengetahuanmu ya. Terimakasih sudah membaca tulisan saya kali ini hingga selesai, semoga informasi di dalamnya bermanfaat bagimu. Saya akhiri sampai di sini pembahasan materi tentang Pengertian Antimetabole dan contohnya, sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya. Baca juga artikel yang berjudul Pengertian Antanagoge Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Antimetabole – https://en.wiktionary.org/wiki/antimetabole – Diakses tanggal 27 Oktober 2018
  2. Antimetabole Examples and Definition – http://www.literarydevices.com/antimetabole/ – Diakses tanggal 27 Oktober 2018
  3. Antimetabole – Examples and Definition of Antimetabole – https://literarydevices.net/antimetabole/ – Diakses tanggal 27 Oktober 2018
  4. Antimetabole Examples – http://www.softschools.com/examples/grammar/antimetabole_examples/153/ – Diakses tanggal 27 Oktober 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *