Pengertian Antanagoge Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Selamat siang sobat, dalam artikel kali ini saya akan membahas pengertian Antanagoge dan contohnya dalam Bahasa Inggris. Awalnya saya tidak tau apa yang dimaksud dengan Antanagoge itu, namun karena penasaran dengan namanya yang unik, saya pun memutuskan untuk mempelajarinya. Akhirnya, setelah membaca beberapa artikel di internet yang membahas definisi Antanagoge, saya pun akhirnya jadi tau bahwa ternyata hal ini juga sering kita gunakan dalam keseharian kita di Indonesia.

Menurut saya, mungkin sangat jarang orang yang akan mencari pengertian Antanagoge di internet. Alasan utama nya adalah karena istilah ini memang tidak pernah dikenalkan pada saya bahkan di bangku perkuliahan. Namun meski begitu, penggunaan Antanagoge dalam percakapan sehari-hari merupakan fenomena yang sering terjadi. Oleh karena itu saya memutuskan untuk membuat pembahasan tentang Antanagoge ini. Bagi sobat yang penasaran dengan penjelasan lengkap dan contohnya, silahkan baca artikel singkat di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Antanagoge

Pengertian Antanagoge Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Antanagoge

Antanagoge adalah cara untuk melembutkan efek dari sebuah pernyataan yang mengandung kesan negative agar orang yang mendengar tidak merasa terlalu kaget atau terserang dan merasa tak nyaman dengan pernyataan itu. Cara membuat pernyataan yang disebut dengan Antanagoge ini adalah dengan menyandingkan pernyataan yang bernada negatip dengan pernyataan yang bernada positip, atau dengan menempatkan kritik dan pujian secara bersamaan.

Related: Split Infinitive, Cara Lama Yang Masih Digunakan Hingga Kini

Saya yakin setelah membaca pengertian Antanagoge di atas sobat pasti penasara deh gimana contoh Antanagoge ini dan kenapa juga saya bilang kalau pernyataan yang bersifat Antanagoge ini sering digunakan dalam keseharian kita di Indonesia. Supaya penasarannya nggak terlalu lama, saya akan menjelaskannya deh sekarang.

Sobat, pernahkah kamu mendengar pernyataan seperti berikut ini: “Kamu males sih, tapi pinter” ? Saya yakin kita semua pasti pernah mendengar pernyataan seperti itu ya. Nah, pernyataan seperti inilah yang disebut dengan Antanagoge sobat. Sekarang pasti kamu mulai menyadari bahwa selama ini kita semua sudah sering menggunakan pola pernyataan seperti ini di Indonesia, dan ternyata dalam Bahasa Inggris pun hal seperti ini ada dalam percakapan sehari-hari.

Sudah jelas kan sekarang seperti apa yang dimaksud dengan Antanagoge itu. Karena saat ini konsep Antanagoge sudah sobat pahami, maka sudah saatnya kita mengamati beberapa contoh Antanagoge dalam Bahasa Inggris, yuk langsung simak di bawah ini.

Contoh Antanagoge Dalam Bahasa Inggris

Di bawah ini saya tampilkan beberapa contoh Antanagoge dalam Bahasa Inggris. Beberapa diantaranya merupakan ungkapan yang memang berasal dari budaya native speaker, namun beberapa contoh lainnya merupakan ungkapan yang berasal dari Indonesia dan saya terjemahkan kedalam Bahasa Inggris.

“When life gives you lemons, make lemonade.”

“So you live alone? It must be nice to be able to do whatever you want.”

“It is true that she forgets my birthday every year, but she gives me surprise every day.”

“I know that the price is so expensive, but it brings significant impact.”

“The house isn’t big, but it is so clean and tidy.”

“Your glasses is too big, but it looks cute on you.”

“Even though he is not smart, he is very kind and diligent.”

“Although the taste is not delicious, the looks and the smell are really tempting.”

“I know that she is short, but she is so cute.”

“Even though the laptop is not new, it works well.”

Itulah tadi sobat 10 contoh Antanagoge yang bisa saya sajikan, semoga bisa dipahami dengan mudah ya. Terimakasih banyak sudah membaca tulisan saya kali ini hingga selesai, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa memperluas pengetahuanmu. Saya akhiri sampai di sini pembahasan materi kita tentang pengertian Antanagoge dan contohnya, sampai jumpa lagi dalam postingan menarik lainnya. Oh ya, jangan lupa cek artikel terbaru saya yang berjudul Pengertian Anaphora Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Antanagoge – https://en.wikipedia.org/wiki/Antanagoge – Diakses tanggal 26 Oktober 2018
  2. Antanagoge – http://changingminds.org/techniques/language/figures_speech/antanagoge.htm – Diakses tanggal 26 Oktober 2018
  3. Antanagoge – https://course-notes.org/english/rheotical_devices/antanagoge – Diakses tanggal 26 Oktober 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *