Pengertian Anecdote Beserta Generic Structure Dan Contohnya


Sobat, hampir semua orang tau bahwa anecdote adalah cerita lucu. Saya setuju dengan pernyataan ini. Tapi taukah kamu bahwa ternyata cakupan teks anecdote itu ternyata lebih luas dari humor atau lelucon saja? Mungkin sobat belum pernah tau tentang hal ini sebelumnya ya. Sayapun baru tau akan hal ini hari ini. Kalau begitu, apa sebenarnya pengertian anecdote text itu? Jika kamu merasa penasaran akan hal ini, cobalah baca penjelasan singkat yang saya sajikan dalam tulisan kali ini, saya harap pemaparan sederhana kali ini bisa membantu sobat dalam memahami jenis teks Bahasa Inggris yang disebut anecdote ini.

Tulisan kali ini bukan bermaksud menentang pemahaman kita selama ini akan apa itu yang disebut dengan anecdote text, namun tujuannya lebih ke berbagi informasi yang baru saya temukan juga, yang mungkin akan bisa memperluas pemahaman kita tentang pengertian anecdote. Misalnya saja, apakah selama ini kamu tau bahwa istilah anecdote itu berasal dari Bahasa Yunani yang bermakna “things unpublished”? Nah, jika kamu belum pernah mendengar informasi ini sebelumnya, mungkin kamu akan menemukan beberapa informasi baru lainnya dalam penjelasan di bawah ini, jadi, silahkan baca hingga akhir. – Bigbanktheories.com

Pengertian Anecdote Text Beserta Generic Structure Dan Language Feature nya

Pengertian Anecdote Beserta Generic Structure Dan Contohnya

Pengertian Anecdote Text

Saat mencoba memahami pengertian anecdote text, saya menemukan pernyataan dari beberapa sumber yang menurut saya saling mendukung dan akhirnya bisa membantu saya untuk menangkap ide utama akan apa itu yang dimaksud dengan teks anecdote dalam Bahasa Inggris. Berikut ini adalah kutipan beberapa pernyataan tersebut beserta artinya dalam Bahasa Indonesia:

Related: Inilah Contoh Descriptive Text Terbaik Tentang Lionel Messi

Pernyataan 1

“Anecdote is defined as a short and interesting story, or an amusing event, often proposed to support or demonstrate some point, and to make the audience laugh” – Literary Devices

“Anekdot di definisikan sebagai sebuah cerita yang pendek dan menarik, atau kejadian yang menghibur, yang sering ditujukan untuk mendukung atau mendemonstrasikan suatu pikiran, dan untuk membuat penonton tertawa” – Literary Devices

Pernyataan 2

“…, anecdotes differ from jokes because their primary purpose is not simply to provoke laughter but to reveal a truth more general than the brief tale itself,…” – Wikipedia

“…, anekdot berbeda dari lelucon karena tujuan utamanya tidak sesederhana untuk memancing tawa namun untuk mengungkapkan sebuah kebenaran yang lebih besar dari cerita singkatnya itu sendiri,…” – Wikipedia

Pernyataan 3

“An anecdote is a short story, usually serving to make the listeners laugh or ponder over a topic. Generally, the anecdote will relate to the subject matter that the group of people is discussing” – Your Dictionary

“Sebuah anekdot adalah sebuah cerita pendek, biasanya disajikan untuk membuat pendengar tertawa atau merenungkan suatu topik. Secara umum, anekdot akan berhubungan dengan pokok pembicaraan yang sedang dibincangkan oleh sekelompok orang” – Your Dictionary

Nah, pernyataan yang terakhir berikut ini adalah yang paling saya suka, karena singkat, dan tegas:

“Basically, anecdotes are stories” – Literary Terms

“Pada dasarnya, anekdot adalah cerita” – Literary Terms

Dari semua kutipan yang saya sajikan di atas, bisa kita simpulkan bahwa memang benar secara umum di beberapa kondisi, anekdot mampu mengundang tawa dari para pendengarnya. Namun pada dasarnya anekdot itu ya sebuah cerita, baik ia lucu ataupun tidak. Dan ada satu hal yang perlu kita perhatikan juga dari pengertian anecdote ini adalah munculnya sebuah anekdot dalam percakapan akan berhubungan dengan sesuatu yang tengah dibahas oleh sekelompok orang. Misalnya saja nih, sepasang suami istri yang baru saja menikah sedang membahas berapa banyak jumlah anak yang ingin mereka miliki, lalu sang suami berkata “I used to dream of having eleven kids and named them based on the name of soccer player from my favorite club”, ucapan atau cerita singkat yang di lontarkan sang suami ini sudah bisa kita kategorikan sebagai anecdote lho.

Jenis Anecdote

Berikut ini adalah jenis atau types of anecdotes yang sering muncul atau digunakan:

Humorous

Jenis atau tipe yang satu ini merupakan jenis anecdote yang paling kita kenal selama ini. Mengandung unsur humor atau lelucon yang mampu mengundang tawa dari para pendengarnya.

Reminiscent

Merupakan jenis anecdote yang menceritakan tentang suatu hal yang bersifat general atau umum pada masa lalu. Beberapa indikasi yang bisa kita perhatikan misalnya dengan adanya penggunaan ungkapan seperti “I remember when…”, “that reminds me of”, “back then…”, dan sebagainya. Misalnya saja kita sedang bercakap-cakap dengan ayah kita tentang harga barang-barang saat ini kemudian sambil mengingat masa lalu nya ayah kita berkata “I remember when I was a child, the price of a bowl of bakso was only Rp. 25”.

Philosophical

Jenis anecdote yang satu ini merupakan tipe yang isinya mampu mengundang pendengar untuk merenungkan atau memikirkan secara serius akan suatu topik yang sedang di bahas. Untuk bagian ini, saya juga kesulitan nih mau membuat contohnya hehe, tapi yang jelas tujuan nya adalah mengajak pendengar untuk memikirkan suatu hal secara serius.

Inspirational

Jenis anecdote yang digunakan untuk membangkitkan semangat di hati para pendengarnya atau juga membangkitkan perasaan-perasaan yang bersifat positif seperti rasa pantang menyerah, rasa yakin bahwa apapun bisa dicapai dengan kerja keras dan sebagainya.

Cautionary

Jenis anecdote yang satu ini kalau menurut saya hampir mirip dengan jenis Philosophical yang sudah kita bahas di atas, karena mampu mengundang pendengar untuk memikirkan suatu topik secara serius. Namun dari segi tujuan, anecdote yang berjenis cautionary ini lebih ke arah memberi peringatan pada pendengar akan bahaya dan dampak negatip dari suatu hal yang sedang di bahas seperti misalnya dampak negatip narkoba ataupun rokok. Misalnya saja dalam suatu acara yang bertema bahaya merokok, sang pembicara tiba-tiba menceritakan pengalaman ayah nya yang sempat sakit selama berbulan-bulan karena ia merupakan seorang perokok aktif yang mampu menghabiskan dua pak rokok dalam satu hari.

Fungsi Sosial Anecdote Text

Social function atau fungsi sosial dari sebuah anecdote text adalah untuk membuat percakapan atau dialog menjadi terasa lebih menarik dan personal. Bila kamu ingin mempelajari tentang tujuan atau fungsi dari anecdote text, kamu juga bisa merujuk ke masing-masing jenis anecdote yang telah saya sebutkan di atas. Beberapa orang juga meyakini bahwa anecdote text berfungsi untuk menimbulkan tawa diantara pendengar, namun saya juga tidak tau pasti, coba temukan informasi yang lebih terpercaya dari buku pelajaranmu di sekolah.

Generic Structure Anecdote Text

Generic structure atau struktur teks dari sebuah anecdote adalah sebagai berikut:

Abstract

Ini merupakan bagian pembuka dari sebuah anecdote text. Biasanya bagian ini akan berbentuk pertanyaan yang menarik perhatian pendengar atau pembaca akan suatu hal yang unik yang kita sampaikan.

Orientation

Pada bagian inilah penulis atau pembicara mulai mengenalkan setting cerita berupa informasi terkait lokasi, waktu, serta tokoh yang terlibat dalam cerita tersebut.

Crisis

Jika biasanya bagian “crisis” atau “conflict” akan berisi masalah utama dalam suatu cerita, maka di sini isinya adalah penegasan akan keunikan yang kita angkat dalam cerita kita agar rasa penasaran pendengar ataupun pembaca menjadi semakin bertambah.

Incident / Reaction

Bagian ini adalah posisi dimana sang penulis memberikan penjelasan akan hal unik yang diceritakan dari awal, sehingga pada bagian inilah biasanya para pendengar ataupun pembaca mulai menyadari atau menangkap sisi lucu dari sebuah cerita.

Coda

Bagian ini bersifat opsional atau merupakan pilihan, kita bisa mengikutsertakannya ataupun tidak. Isinya adalah kesimpulan yang kita buat berdasarkan cerita yang kita sampaikan. Biasanya bagian ini juga akan terasa lucu, atau bahkan lebih lucu dari bagian incident / reaction.

Language Feature Anecdote Text

Beberapa ciri atau unsur kebahasaan dari anecdote text adalah sebagai berikut:

Simple Past Tense & Past Continuous

Kalimat yang digunakan sering muncul dalam bentuk past tense (lampau), karena yang diceritakan dalam sebuah anecdote biasanya merupakan pengalaman yang pernah terjadi.

Sequencer

Kosakata yang menunjukkan urutan rangkaian (disebut juga dengan conjunction of time), misalnya seperti: after, before, when, until, while, during dan sebagainya.

Rhetoric Question

Pertanyaan yang bukan merupakan pertanyaan sungguhan. Pertanyaan yang terkadang tidak memerlukan jawaban karena sang penanya sebenarnya sudah tau jawabannya.

Contoh Anecdote Text Dengan Generic Structure nya

Bookmark

Abstract

Are you a fan of reading? If you are, then you may not be a stranger to the terms “bookmark”. Bookmark is something that we put between the pages of the book when we stop reading at certain page of it so we can easily open the page later when we want to continue reading.

Orientation

When I was five years old I started reading novels. Some of my close friends who often came to my house decided to read books just like I did. They asked their parents to buy some comic books and novels for them. Sometimes, they came to my house with their collections of book and we stayed in my bedroom all day.

Crisis

One day, I made a bookmark from a small stick and I painted it by using watercolor. I put it in a novel as a sign of the last page I was reading. When my friend saw it, they asked me to make one for each of them because they thought that the bookmark was beautiful.

I prepared some sticks and pick up some watercolor and brush. I painted it one by one and I place them under the sun to make it dry. When the bookmark is ready, I gave it to my friends. They were very happy to receive it and they place it inside their books. My friends didn’t realize that their hands were sweaty at that moment.

Incident / Reaction

The next day, all of them came to my house. Their faces looked so upset and they showed me their book. The paper turned colourful because the watercolor from the bookmark turned back into liquid form when they touched it before they place it inside their books. I feel bad about what happened to their book, but there was nothing that I can do.

Coda

Ever since that moment, I always try to be careful when I want to help others or give something to others.

Terjemahan Contoh Anecdote Text

Pembatas Buku

Abstract

Apakah kamu seorang penggemar kegiatan membaca? Jika iya, maka kamu mungkin tidak asing dengan istilah “bookmark”. Bookmark adalah sesuatu yang kita letakkan diantara lembaran dalam sebuah buku ketika kita berhenti membaca pada halaman-halaman tertentu agar kita bisa dengan mudah membuka halaman tersebut ketika nanti kita ingin melanjutkan membaca.

Orientation

Saat saya berusia lima tahun saya mulai membaca novel-novel. Beberapa teman dekat saya yang sering datang ke rumah saya memutuskan untuk membaca buku seperti yang saya lakukan. Mereka meminta orang tua mereka untuk membeli beberapa komik dan novel untuk mereka. Sekali-sekali, mereka datang ke rumah saya bersama dengan koleksi buku mereka dan kami berdiam di kamar saya sepanjang hari.

Crisis

Suatu hari, saya membuat sebuah pembatas buku dari sebuah lidi kecil dan saya mewarnainya dengan menggunakan cat air. Saya meletakkannya di dalam sebuah novel sebagai penanda halaman terakhir yang sedang saya baca. Saat teman saya melihatnya, mereka meminta saya untuk membuat satu buah untuk masing-masing mereka karena mereka pikir pembatas buku itu bagus.

Saya menyiapkan beberapa lidi dan saya mengambil beberapa cat air dan kuas. Saya mewarnai nya satu per satu dan meletakkan mereka di bawah sinar matahari untuk mengeringkannya. Saat pembatas buku itu telah siap, saya berikan itu pada teman-teman saya. Mereka sangat gembira menerima nya dan mereka melatakkan nya dalam buku mereka. Teman-teman saya tidak menyadari bahwa tangan mereka sedang berkeringat saat itu.

Incident / Reaction

Keesokan harinya, mereka semua datang ke rumah saya. Wajah mereka nampak kecewa dan mereka menunjukkan pada saya buku mereka. Kertasnya telah berubah menjadi penuh warna karena cat air dari pembatas buku itu berubah kembali menjadi cair saat mereka menyentuhnya sebelum mereka meletakkannya di dalam buku mereka. Saya merasa tidak enak akan apa yang terjadi pada buku mereka, namun tidak ada yang bisa saya lakukan.

Coda

Semenjak saat itu, saya selalu mencoba untuk berhati-hati saat saya ingin membantu orang lain atau memberikan sesuatu pada orang lain.

Oke deh sobat, itulah tadi penjelasan singkat tentang pengertian anecdote text beserta generic structure dan contohnya, semoga kamu menyukai penjelasan kali ini serta bisa memahami nya dengan mudah. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca tulisan saya kali ini, sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya dan jangan lupa baca juga Pengertian Spoof Text Serta Generic Structure Dan Contohnya.

Referensi:

  1. Anecdote – Examples and Definition of Anecdote – https://literarydevices.net/anecdote/ – Diakses tanggal 14 Juni 2018
  2. Anecdote – https://en.wikipedia.org/wiki/Anecdote – Diakses tanggal 14 Juni 2018
  3. Examples of Anecdotes – http://examples.yourdictionary.com/examples-of-anecdotes.html – Diakses tanggal 14 Juni 2018
  4. Anecdote: Definition and Examples – https://literaryterms.net/anecdote/ – Diakses tanggal 14 Juni 2018
  5. Pengertian, Structure, Ciri-Ciri Anecdote Text dan Contohnya – https://inggrisonline.com/pengertian-structure-ciri-ciri-anecdote-text-dan-contohnya/ – Diakses tanggal 14 Juni 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *