Pengertian Anaphora Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Apa itu Anaphora? Jika saat ini sobat sedang memikirkan pertanyaan seperti ini, sepertinya kamu berada di tempat yang tepat. Karena dalam artikel kali ini, kita akan membahas pengertian Anaphora dan juga melihat beberapa contohnya dalam Bahasa Inggris. Materi ini penting untuk kamu pelajari jika kamu adalah seorang mahasiswa di jurusan sastra. Tapi bagi kamu yang bukan berasal dari jurusan tersebut, mempelajari pengertian dan contoh Anaphora akan tetap bermanfaat dalam mengembangkan pengetahuanmu.

Secara sederhana, Anaphora bisa diartikan sebagai “the repetition of certain words” atau dalam Bahasa Indonesia nya “pengulangan kata-kata tertentu”. Salah satu tujuan dari dilakukan nya pengulangan kata ini adalah untuk memberikan kesan yang mendalam terhadap suatu statement (pernyataan). Salah satu contoh penggunaan Anaphora yang sangat terkenal misalnya pengulangan ucapan “I have a dream” dalam pidato Dr. Martin Luther King Jr. yang dilakukan untuk memusatkan perhatian para pendengar terhadap pernyataan akan harapan-harapan beliau terhadap masa depan Amerika. Jadi tertarik kan untuk mempelajari pengertian dan contoh Anaphora, langsung saja simak penjelasan singkatnya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Anaphora

Pengertian Anaphora Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Anaphora

Anaphora adalah rhetorical device yang berbentuk pengulangan akan kata-kata tertentu yang disengaja dalam sebuah teks. Anaphora, digunakan untuk memberikan penekanan terhadap suatu kata atau frasa yang mengandung ide penting sambil memberikan irama atau kesan yang artistik pada sebuah teks.

Related: Apa Yang Dimaksud Dengan Objective Case Dalam Grammar?

Anaphora ternyata tidak hanya digunakan sebagai rhetorical device saja, namun juga bisa digunakan secara grammatical. Apa maksudnya? Yang saya maksudkan disini adalah, penggunaan Anaphora tidak hanya ditujukan untuk kesan artistik dalam mengemas suatu pesan atau makna tertentu saja layaknya dalam pidato yang memiliki tujuan tertentu dalam penyampaiannya, namun Anaphora juga menjadi bagian dalam aturan tata bahasa dimana anaphora digunakan untuk merujuk pada kata atau frasa lain yang muncul lebih dulu. Jadi mirip seperti fungsi pronoun dong? Ya, tepat sekali, karena ternyata pronoun juga merupakan bagian dari Anaphora dalam grammar.

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan pengertian Anaphora di atas? Oke deh, kalau begitu sekarang saatnya kita melihat beberapa contoh Anaphora baik yang digunakan sebagai rhetorical device maupun sebagai aturan dalam grammar Bahasa Inggris.

Contoh Anaphora Dalam Bahasa Inggris

Contoh Anaphora berikut ini saya kutip dari pidato Dr. Martin Luther King Jr. silahkan disimak dan dirasakan efek yang diberikan dari penggunaan Anaphora pada speech atau pidato berikut ini.

“I have a dream that one day this nation will rise up and live out the true meaning of its creed: “We hold these truths to be self-evident, that all men are created equal.”

“I have a dream that one day on the red hills of Georgia, the sons of former slaves and the sons of former slave owners will be able to sit down together at the table of brotherhood.”

“I have a dream that one day even the state of Mississippi, a state sweltering with the heat of injustice, sweltering with the heat of oppression, will be transformed into an oasis of freedom and justice.”

“I have a dream that my four little children will one day live in a nation where they will not be judged by the color of their skin but by the content of their character.”

“I have a dream today!”

– Dr. Martin Luther King Jr. – source: americanrhetoric(dot)com

Coba sobat perhatikan dalam contoh speech di atas, ada ucapan yang diulang berkali kali di bagian awal yaitu “I have a dream” inilah yang kita sebut dengan Anaphora. Coba rasakan atau bila perlu dengarkan rekaman pidato asli nya, fokus pada bagian pengulangan ini dan rasakan efek yang kamu terima, tentu kamu akan menemukan bahwa Anaphora ternyata mampu memberikan kesan artistic dalam berbahasa sekaligus menarik perhatian pendengar ataupun pembaca terhadap suatu ide yang dianggap penting.

Selanjutnya, saya akan mengenalkan pada sobat bahwa Anaphora ternyata juga sering kita jumpai dalam percakapan sehari-hari, berikut contohnya:

My life, My rule, My way”

Every week, Every day, Every night and day, I can’t stop thinking about you.”

“He was just a wrong man, in the wrong place and at the wrong time.”

Sampai disini semakin paham kan seperti apa yang disebut dengan Anaphora itu. Nah sekarang kita akan melanjutkan dengan contoh Anaphora dalam Grammar.

Berkaitan dengan Anaphora dalam Grammar, ada dua hal yang perlu kita ketahui yaitu: 1. Anaphor – sebutan untuk pronoun atau kata sejenis yang merujuk pada kosakata lain yang telah muncul terlebih dulu 2. Antecedent – Merupakan kosakata yang dirujuk oleh Anaphor. Berikut beberapa contohnya:

My sister is accepted in New York University and I will go with her.

Antecedent: My sister, Anaphor: her.

Gio bought a new phone and he is very happy with it.

Antecedent: Gio – a new phone, Anaphor: He – it.

My brother wanted a candy but I didn’t have one.

Antecedent: candy, Anaphor: one.

Gimana sobat, saya rasa semakin jelas ya pemahaman kita tentang Anaphora setelah mengamati beberapa contoh di atas. Kalau begitu, saya akhiri dulu artikel kali ini, saya harap informasi yang saya sajikan kali ini bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca tulisan ini, mudah-mudahan ilmu mu semakin bertambah. Sempatkan juga untuk membaca Pengertian Analogy Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Anaphora Examples – http://examples.yourdictionary.com/anaphora-examples.html – Diakses tanggal 23 Oktober 2018
  2. What is Anaphora? Definition and Examples of Anaphoric Literature – https://writingexplained.org/grammar-dictionary/anaphora – Diakses tanggal 23 Oktober 2018
  3. Martin Luther King I Have a Dream Speech – https://www.americanrhetoric.com/speeches/mlkihaveadream.htm – Diakses tanggal 23 Oktober 2018
  4. Anaphora – Examples and Definition of Anaphora – https://literarydevices.net/anaphora/ – Diakses tanggal 23 Oktober 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *